Berkenalan dengan Ikan Cupang Black Samurai, Asal Usul dan Cirinya

 
Bagikan artikel ini

Berkenalan dengan ikan cupang black samurai, asal usul dan cirinya. Ikan cupang terkenal memiliki banyak varian warna dan bentuk, sehingga banyak breeder yang ingin mengoleksi berbagai jenis ikan cupang. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan yaitu ikan cupang black samurai, yang mempunyai tubuh berwarna gelap serta sisik dragon mengkilap. Ikan satu ini begitu terkenal dan banyak ditemui di kawasan Melayu.

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Asal Usul Munculnya Cupang Black Samurai

Cupang Samurai awalnya diperkenalkan oleh orang Thailand bernama Pichet Plaisanguan. Beliau adalah orang yang juga membuat nama ikan cupang dragon begitu terkenal di berbagai negara. Menurut Plaisanguan, sebenarnya terdapat beberapa kriteria yang wajib untuk dipenuhi oleh seekor cupang samurai.

Pasalnya, terdapat konsep dasar dibalik pemberian nama cupang samurai tersebut. Dimana samurai sendiri berarti kesatria, dan umumnya seorang kesatria mempunyai helm baja. Jadi ikan cupang yang disebut sebagai cupang samurai, harus mempunyai kepala bersisik metalik. Sementara warna dasarnya adalah hitam pekat, tidak hitam keabu abuan maupun hitam transparan.

Muncul di Indonesia sejak awal tahun 2018, ikan cupang black samurai mulai dikenal pula dengan nama cupang black mamba lantaran warnanya yang hitam pekat. Kendati demikian, beberapa orang tetap membedakan antara cupang black samurai dan black mamba, meski keduanya berasal dari indukan yang sama.

Dimana beberapa orang tersebut menyebutkan bahwa untuk black samurai, paternya berada di atas dan memanjang tidak putus putus dari ujung kepala hingga pangkal ekor. Sementara pattern black mamba cenderung lebih sedikit, yang tersebar di sebagian tubuhnya. Warna putih di bagian kepala cupang mamba benar benar mirip seperti ular mamba.

Baca juga:  Mengenal Ciri Ciri Ikan Cupang Fancy Beserta Cara Perawatannya

Pattern tersebutlah yang menjadi dasar pembedaan black mamba dan black samurai bagi beberapa orang. Meskipun begitu, masih banyak pula yang menganggap dan menggolongkan keduanya sebagai black samurai saja atau black mamba saja. Jadi jangan heran jika menemukan kondisi ini ketika mencari cupang black samurai di pasaran.

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Perawatan Cupang Black Samurai

Sama seperti ikan cupang pada umumnya, perawatan cupang black samurai juga terbilang gampang gampang susah. Dimana anda wajib untuk memperhatikan kondisi air dari akuarium tempat ikan ini tinggal. Pasalnya, kadar air yang tepat bisa membuat warna dari ikan cupang black samurai tetap bagus dan hitam pekat seperti yang banyak dicari.

Dalam hal ini, anda membutuhkan air dengan kadar kurang lebih pH 6,1 hingga 7,1. Untuk mengetahui kadar pH-nya sudah pas atau belum, anda bisa memberi kertas pengukur pH air. Harga kertas ini cukup murah dan banyak tersedia di toko, sehingga anda tidak perlu khawatir atau bingung mencarinya.

Kertas pengukur pH biasanya sudah dijual berbentuk lembaran, anda hanya perlu menggunakan satu lembar untuk mendeteksi apakah air dalam kondisi bagus atau tidak. Masukkan kertas ke dalam air akuarium, nantinya kertas tersebut akan berubah warna mengikuti kadar air di dalam wadah.

Apabila warna tersebut jatuh di nomor antara 6 dan 7, maka ini berarti kondisi air akuarium dalam keadaan bagus. Sedangkan jika kurang atau lebih dari itu, maka air tidak bagus bagi ikan cupang black samurai. Selain itu, untuk menghasilkan kondisi air dengan pH yang bagus tersebut, anda bisa memanfaatkan daun ketapang yang berkualitas dan letakkan di dalam akuarium.

Berapa harga cupang Black Samurai?

Hasil review dari online shop tokopedia, harga untuk ikan cupang black samurai berkisar mulai dari 30 ribu sampai 300 ribu tergantung dari 3 faktor, yaitu jenis, ukuran dan warna yang terdapat pada tubuhnya.

Baca juga:  Yuk Kenali Karakteristik Ikan Cupang Sarawak yang Populer untuk Dipelihara

Kesimpulan

Selain cupang black samurai, ada pula cupang samurai jenis lainnya yang ditemukan seiring perkembangan seperti cupang orange samurai, cupang blue samurai, dan cupang red samurai. Akan tetapi, black samurai tetap menjadi salah satu favorit para breeder karena warnanya yang hitam pekat terkesan gagah saat melenggok di dalam akuarium.