Mengenal Ikan Cupang Blue Panda yang Cantik dan Menawan

Diposting pada

Ikan cupang blue panda – Bagi anda yang merupakan breeder ikan hias, spesies ikan cupang pasti bukan termasuk hal yang asing lagi di telinga. Terlebih saat ini demam cupang kembali dirasakan oleh masyarakat luas. Salah satu jenis ikan cupang yang bisa anda jadikan pilihan yaitu blue panda. Seperti apa ikan cupang blue panda ini ? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Lebih Dekat dengan Cupang Blue Panda

ikan cupang blue panda

Cupang blue panda merupakan ikan cupang yang memiliki warna unik, karena larian warnanya berasal dari ikan cupang blue rim. Cupang blue rim sendiri memang merupakan indukan dari blue panda, namun blue panda memiliki warna yang “bocor”. Sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai blue rim bocor.

Pasalnya ikan cupang blue rim memiliki warna putih sempurna di bagian tubuhnya, sementara warna biru yang disebut rim hanya berada di sekitar ekor dan sisik saja. Sedangkan cupang blue panda memiliki warna biru yang juga tersebar di bagian tubuhnya atau tidak putih merata. Sehingga blue panda ini bisa dibilang sebagai anakan blue rim gagal.

Kendati demikian, ikan cupang blue panda jadi mempunyai keunikan tersendiri di mata para breeder yang membuatnya memiliki nilai jual cukup tinggi. Warnanya yang unik dengan corak seperti panda membuat banyak orang melirik. Jika panda berwarna hitam putih, maka cupang jenis ini memiliki warna putih biru yang membuat kini dijuluki sebagai cupang blue panda.

Cara Merawat Cupang Blue Panda

ikan cupang blue panda

Perawatan cupang blue panda memang tidak begitu sulit, namun tentu saja anda perlu memberi perhatian lebih agar warna dari blue panda tetap terjaga dengan baik. Dimana jenis ini sendiri sangat tidak baik jika hidup di air yang mengandung zat besi terlalu banyak, karena warna sisiknya yang putih bisa berubah menjadi kuning lantaran zat tersebut.

Baca juga:  Yuk Kenalan Dengan Ikan Cupang Nemo Multicolor Yang Hampir Mirip Ikan Badut!

Maka dari itu, anda perlu terus menjaga kebersihan dengan baik. Ganti air minimal dua hari sekali agar tetap bersih, dan jangan lupa gunakan filter agar kebersihannya lebih terjamin. Selain itu, anda juga bisa memberi vitamin air daun ketapang pada ikan cupang blue panda agar warnanya lebih cerah serta pertumbuhannya sehat.

Dalam hal ini, daun ketapang yang berwarna soft atau cenderung kuning akan lebih baik untuk digunakan. Selain warna, dorsal ikan yang tegak dan mengambang sempurna atau ekor dan sirip yang tidak kuncup tentu sangat diinginkan oleh para breeder. Maka ketika musim penghujan tiba, anda harus siap memberikan perhatian lebih dalam merawat cupang.

Pasalnya musim hujan yang mempengaruhi suhu air, bisa membuat penyakit dorsal kuncup dialami oleh para ikan. Untuk itu, anda bisa menambahkan sejumput garam ikan ke dalam akuarium dan jemur ikan setiap pagi hari. Kemudian setelah dijemur atau setelah diberi pakan, sebaiknya sandingkan ikan sejenak dengan lawan agar ia bereaksi.

Pakan Cupang Blue Panda

Pakan cupang blue panda tidak jauh berbeda dengan cupang lainnya , sehingga anda bisa mudah menemukannya di toko. Dimana pemberian pakan yang tepat akan berpengaruh terhadap perkembangan cupang. Seperti pemberian pakan berupa kutu air, maka bisa membantu meningkatkan warna kulit ikan agar lebih cerah.

Lalu untuk pakan berupa jentik nyamuk, maka bisa meningkatkan perawatan serta birahi pada ikan. Sedangkan pemberian pakan berupa cacing sutra atau cacing darah dapat meningkatkan ukuran dari ikan cupang blue panda yang anda miliki. Anda bisa bergantian memberikan beberapa jenis pakan tersebut.

Cupang panda memang merupakan produk gagal dari ikan cupang blue rim. Meski begitu, nyatanya jenis cupang satu ini mampu membuat banyak orang terpesona dan menjadikannya sebagai salah satu yang banyak diburu. Apabila anda tertarik untuk memelihara cupang blue panda, cara perawatan dan pemberian pakan yang tepat seperti di atas bisa dicoba.