Ikan Cupang Blue Rim: Yuk Kenali Seluk Beluk Dan Ciri Ikan Ini

 
Bagikan artikel ini

Biar ga salah beli, yuk kenali seluk beluk dan ciri ikan cupang blue rim. Harga ikan cupang yang dapat mencapai angka jutaan ternyata sempat membuat jagat pasar ikan Indonesia ramai. Bahkan, pernah muncul tingkah viral pria Bekasi yang menggunakan ikan cupang blue rim untuk mahar. Hal tersebut tak lepas dari banderolnya yang mencapai 2.5 jutaan per ekor. Lantas seperti apa ciri ikan mahal tersebut? Simak ulasan berikut.

Ikan Cupang Blue Rim
Ikan Cupang Blue Rim

Seluk Beluk Dari Cupang Jenis Blue Rim

Usut punya usut, cupang jenis blue rim sendiri dikatakan sebagai ikan hasil mutasi. Belum ada penjelasan yang pasti akan perkawinan dan spesies yang dimutasikan, tapi cara merawat yang baik pun harus diterapkan. Tidak hanya kabar akan hasil mutasi, menurut beberapa sumber, ikan ini pun awalnya dikembangkan oleh para pembudidaya asal Thailand.

Seakan sudah menjadi rumah dari ikan Cupang, Thailand memang telah menghasilkan berbagai varian ikan cupang baru yang tak kalah cantik. Ikan cupang atau betta fish pun dikembangkan dan dibudidayakan hingga memiliki kualitas dan warna terbaik. Termasuk dengan si ikan cupang Blue rim yang kian hari banyak dicari ini.

Ikan Cupang Blue Rim
Ikan Cupang Blue Rim

Ciri Ciri Cupang Jenis Blue Rim

Lantas seperti apa ciri dari ikan yang satu ini? Jika diartikan dari namanya saja, Anda bisa menggaris bawahi bahwa cupang mahal ini punya rim (ujung) ekor atau sirip berwarna biru. Tak ayal nama blue rim pun disematkan. Hal ini sudah jelas dikaitkan akan tampilan warna dasar putih dan semburat warna biru tua yang hanya ada di bagian ujung sirip atau ekornya.

Baca juga:  Berkenalan dengan Ikan Cupang Black Samurai, Asal Usul dan Cirinya

Jika dilihat sekilas, ikan ini pun tampil layaknya menggunakan rok cantik dengan aksen biru di bagian ujungnya. Bentuk ekor dan siripnya pun cenderung mengembang, terutama untuk jenis jenis tertentu seperti halfmoon, plakat, atau double tail. Bahkan tidak jarang ditemukan jenis ikan rok biru ini yang juga memiliki dasi dengan aksen yang sama.

Selain semburat biru yang khas, ikan cupang blue rim juga cenderung memiliki warna dasar yang sangat terang atau kalem. Paling sering, cupang yang viral di akhir tahun 2020 ini muncul dengan warna putih bersih pada badannya. Tidak ada coret biru atau warna lainnya, kecuali pada ujung ekor dan siripnya.

Warna putih ini sendiri beragam, ada yang putih cerah hingga putih sedikit cream. Tetapi tidak jarang juga ditemukan jenis ikan ini yang tampil dengan perpaduan warna lainnya. Seperti contohnya adalah ikan orange marble blue rim yang tampil elegan dengan corak warna putih dan merah di badan serta sirip. Sedangkan bagian ujungnya berwarna biru.

Beberapa pertanda dari jenis ini juga bisa sangat samar. Pasalnya semburat biru itu sendiri bisa hadir sangat prominen atau justru tidak terlalu tampak. Agar tidak salah membeli, Anda juga bisa cek bandrol harganya. Blue rim sendiri sudah mulai ramai dan banyak ditemukan di pasaran sehingga harganya pun bervariasi.

Meski demikian, ikan cupang blue rim asli dan berkualitas cenderung dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk ikan yang masih anakan, harga yang ditarik bisa mulai dari 20 sampai 40 ribuan saja. Sedangkan untuk dewasa harganya bisa mencapai angka 400 ribu rupiah per ekornya.

Penutup

Sebenarnya, setiap ikan cupang pasti memiliki karakteristik dan daya tariknya tersendiri. Keunikan yang dimiliki oleh masing masing ekor membuat banderol harga ikan cupang bervariasi. Untuk Blue Rim, corak biru di setiap ujung sirip dan ekornya yang menjadi nilai plus. Dipadu dengan warna badan yang cenderung kalem, ikan ini pun tampil beda di pasaran.