Mengenal Ciri Ciri Ikan Cupang Fancy Beserta Cara Perawatannya

 
Bagikan artikel ini

Mengenal ciri ciri ikan cupang fancy beserta cara perawatannya. Cupang fancy merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari orang karena keindahannya. Tak hanya itu saja, ikan cupang jenis ini juga memiliki corak dan warna yang bersinar seperti pelangi. Ditambah lagi jenis fancy juga termasuk ke dalam kategori ikan cupang termahal. Bagi Anda yang ingin tahu keistimewaan ikan cupang fancy lebih lanjut, yuk simak informasi detailnya seperti berikut ini!

Ikan Cupang Fancy
Ikan Cupang Fancy | Sumber: Freepik

Habitat Cupang Fancy

Ikan cupang yang satu ini pada dasarnya merupakan cupang aduan. Namun karena keindahan ekor dan siripnya, cupang fancy dijadikan ikan hias. Hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu ikan cupang ini berasal dari Thailand. Cupang Fancy merupakan hasil dari uji coba kawin silang selama beberapa waktu oleh breeder yang sudah profesional.

Mulanya, ikan cupang jenis ini dikembangbiakkan berasal dari cupang plakat. Akan tetapi karena dikembangkan dengan baik, cupang fancy memiliki warna lebih menarik dan pekat. Ikan cupang jenis ini bisa Anda temukan di beberapa negara, mulai dari Thailand, Amerika, Inggris, Jepang, dan tentunya di Indonesia.

Ikan Cupang Fancy
Ikan Cupang Fancy

Ciri Ciri Cupang Fancy

Agar tidak salah identifikasi terhadap cupang jenis fancy, ada baiknya jika Anda mengenali ciri ciri spesifik dari cupang yang satu ini. Dari segi warna, ada beberapa kombinasi corak yang bisa ditemukan di tubuh ikan cupang fancy. Mulai dari hijau tosca, orange, merah, putih, orange, biru, hitam, ungu, dan semua warna kombinasi bisa ada di tubuhnya.

Tak heran jika ikan cupang yang satu ini sering dijuluki sebagai lukisan. Pasalnya keindahan warnanya cukup beragam dan bersinar layaknya lukisan. Meskipun memiliki corak warna yang unik, cupang fancy sering disandingkan dengan jenis cupang lainnya seperti cupang koi dan cupang marble. Namun, Anda bisa membedakan dengan mudah dari motif dan corak tubuhnya.

Baca juga:  Ikan Cupang Sawah: Termasuk Jenis Liar, Yuk Intip Cara Tepat Merawatnya

Pada ikan cupang koi coraknya sama dengan yang asli, sedangkan cupang fancy warnanya lebih beragam bisa mencapai 7 warna atau lebih. Selain itu warna ikan cupang jenis ini akan semakin jelas ketika dewasa. Jadi, ada baiknya membeli ikan yang satu ini ketika usianya sudah cukup agar dapat melihat keindahannya. 

Ciri selanjutnya bisa Anda ketahui dari bentuk tubuh yang cenderung lonjong. Kepala ikan cupang fancy menyerupai bentuk peluru dan siripnya tidak selebar cupang Halfmoon. Bisa dikatakan siripnya lebih kecil dan sedikit memanjang. Sementara itu, mata cupang fancy berbentuk bulat sempurna dan hitam. Apa pun perpaduan warna tubuhnya, mata ikan cupang ini tetap hitam.

Ikan Cupang Fancy
Ikan Cupang Fancy | Sumber: Bettastore

Cara Merawat Cupang Fancy

Cupang yang satu ini pada dasarnya memiliki sifat egois, terutama dalam hal wilayahnya. Cupang Fancy akan menyerang ikan lainnya jika terasa terusik atau mengganggu wilayahnya. Maka dari itu, ikan ini perlu diberikan tempat khusus. Jika memilih akuarium, maka set up harus dilakukan secara standar.

Anda harus menjaga kebersihan air, menggunakan air yang telah diendapkan, memberi filter, dan menambahkan daun ketapang yang diendapkan. Tak lupa pula, pertimbangkan suhu airnya agar selalu ideal untuk ikan yang ada di dalamnya. Jadi, penting untuk memperhatikan suhu, air, dan juga pH ideal di akuarium.

Selain merawat kebersihan air dan menjaga pH di dalamnya, Anda bisa menambahkan kebutuhan vitamin agar menunjang kebutuhan hidup ikan cupang. Jangan lupa untuk memilih vitamin ikan yang terbuat dari bahan organik agar lebih aman jika digunakan untuk ikan cupang fancy yang Anda pelihara.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai ikan cupang jenis fancy yang menawan. Cupang yang satu ini memiliki karakteristik corak dan warna yang cukup unik. Pasalnya, seekor cupang fancy bisa memiliki 7 warna dan bahkan lebih. Sementara itu dari segi perawatannya juga mudah. Asalkan Anda selalu menjaga kebersihan air aquarium dan memberikan nutrisi yang tepat.