Yuk Simak 6 Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon Yang Baik Dan Benar

 
Bagikan artikel ini

Yuk simak 6 cara merawat ikan cupang halfmoon yang baik dan benar. Cupang Halfmoon menjadi salah satu ikan hias yang banyak dipilih karena mudah dipelihara. Ikan hias ini tak seperti lainnya yang membutuhkan filter dan juga aerator. Namun, cara perawatan yang kurang tepat bisa membuat ekor dan sirip ikan cupang yang satu ini mudah rusak. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut tips merawat ikan cupang halfmoon yang benar.

Tips dan Cara Merawat Cupang Halfmoon yang Tepat

Perlu di tekankan lagi, ekor dan sirip dari ikan ini sangat mudah sekali rusak. Untuk dapat merawat dari jenis ikan cupang ini, terdapat 6 langkah tips dan cara yang dapat Anda lakukan.

Ikan cupang halfmoon
Menjaga Kualitas Air Akuarium | Sumber: Pondaquariumproblemsolver

1. Menjaga Kualitas Air Di Akuarium

Seperti yang sudah diketahui cupang halfmoon memiliki corak dan warna yang begitu menawan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Sayangnya, ekor dan sirip jenis ini cukup rapuh dan rentan. Bahkan dalam beberapa kasus, sirip dan ekornya bisa rusak digerogoti jamur atau mikroba merugikan lainnya. Meskipun begitu, ikannya bisa tumbuh kembali seperti keadaan semula.

Namun daripada mengalami hal tersebut, ada baiknya jika Anda mencegahnya. Untuk itu, langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu menjaga kualitas air. Sebab, air ini akan sangat mempengaruhi kesehatan ekor ikan cupang. Jadi, apabila Anda ingin memiliki ikan cupang dengan sirip terang cantik dan sehat, sebaiknya mengganti airnya setiap dua hari sekali.

Baca juga:  Mengenal Ikan Cupang Koi Galaxy Lebih Dekat Lengkap Dengan Cara Merawatnya

2. Memberi Garam Pada Air

Untuk mencegah berbagai penyakit di kolam ikan cupang halfmoon, ada cara mudah yang bisa diterapkan. Anda bisa memberinya garam untuk menyeimbangkan osmosis pada tubuh ikan. Hal ini dapat membantu ikan cupang untuk menetralkan metabolisme tubuh mereka dan juga membantu penyembuhan luka dengan baik.

Perlu diketahui, garam yang digunakan untuk cupang halfmoon berbeda dengan garam dapur. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan jenis garam yang digunakan. Jika sudah memilih garam khusus, maka langkah berikutnya yaitu memberinya dengan dosis normal. Berikan sekitar 0,1% dari air atau 10 gram per satu liter air.

daun ketapang untuk ikan cupang halfmoon
Daun Ketapang | Sumber: Setiawanap

3. Menambahkan Daun Ketapang Kering

Tips berikutnya yaitu berikan daun ketapang pada akuarium cupang halfmoon yang Anda miliki. Daun ketapang merupakan antibiotik alami bagi ikan cupang, sehingga bisa menyembuhkan berbagai macam ekor yang robek atau luka lainnya. Selain itu, penambahan daun ketapang pada akuarium ikan cupang halfmoon akan memberikan pH air yang optimal.

4. Memindahkan Dengan Halus

Ekor dan sirip cupang memiliki karakteristik yang cukup halus. Jangan sampai Anda memindahkan cupang dengan menggunakan tangan, sebab sentuhan bisa merusak sirip dan ekornya. Sebagai tips, Anda bisa menuangkan bersama air sekaligus daripada bersentuhan dengan ekornya yang cantik dan menawan.

Ikan cupang halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon | Sumber: everypixel

5. Memberinya Makanan yang Bergizi

Seperti halnya manusia, cupang halfmoon juga membutuhkan makanan yang bergizi. Ikan dengan harga yang cukup fantastis ini membutuhkan nutrisi dan gizi yang tepat. Dalam hal ini, pakan hidup memiliki kandungan gizi yang lebih baik jika dibandingkan dengan pakan pelet. Berikan kutu air, cacing sutra, dan jentik air untuk memberikan nutrisi terbaik bagi cupang jenis ini.

Baca juga:  Pemula Wajib Tahu! Berikut 5 Jenis Ikan Cupang Yang Mudah Dibudidayakan

6. Memberikan Pengobatan Yang Benar Ketika Cupang Terluka

Apabila ikan cupang halfmoon yang Anda pelihara terluka atau membutuhkan pengobatan, ada baiknya memberikan penanganan tepat. Anda bisa memberikan beberapa tetes metil biru, pomate, tetra color, dan garam khusus ikan hias secukupnya pada akuarium. Aduk rata, lalu masukkan cupang halfmoon ke dalam air yang sudah diberi obat sebelumnya.

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon | Sumber: Nicepng

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai cara perawatan ikan hias cupang jenis halfmoon. Meskipun terlihat mudah, namun jika sembarangan akan membuat sirip atau ekor ikan yang satu ini bisa rusak dan terluka. Maka dari itu, perlu adanya perawatan yang tepat seperti, mengganti air dengan rutin, memberinya pakan bernutrisi, dan memberi garam ikan hias untuk mencegah penyakit. Semoga cara merawat ikan cupang halfmoon diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan.