Mengulik Jenis Dan Karakteristik Ikan Cupang Hellboy Yang Menawan

 
Bagikan artikel ini

Mengulik jenis dan karakteristik ikan cupang hellboy yang menawan. Dari sekian banyak jenis ikan cupang, Hellboy tak pernah sepi peminat. Cupang yang satu ini banyak digemari pecinta ikan hias karena keindahan sirip dan bentuk ekornya. Selain itu, bentuk kepala ikan cupang hellboy juga cukup unik dibandingkan dengan jenis lainnya. Penasaran seperti apa karakteristik ikan cupang yang satu ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Ikan Cupang Hellboy
Ikan Cupang Hellboy

Asal Usul Cupang Hellboy

Penamaan Hellboy pada cupang ini bukan sembarangan. Sebab, nama ini diberikan berdasarkan karakteristiknya. Hell artinya neraka dan boy merupakan bocah lelaki. Secara fisiknya, hellboy ini diartikan bocah neraka yang identik dengan api serta sesuatu yang cukup garang. Hal ini disesuaikan dengan warna yang dimilikinya yaitu perpaduan merah hitam.

Sementara itu, untuk habitat aslinya memang berasal dari danau, telaga, bahkan rawa rawa dengan air tawar. Namun untuk jenis hellboy ini merupakan hasil persilangan oleh breeder yang sudah profesional. Awalnya, hellboy ini berasal dari kawin silang jenis plakat dan dikawinkan dengan cupang lain dengan warna yang dominan merah.

Ikan Cupang Hellboy

Semakin banyaknya peminat akan cupang yang satu ini, maka dewasa ini cupang hellboy banyak dikembangkan oleh breeder. Sehingga, warna ikan cupang hellboy menjadi lebih bervariasi. Tidak hanya merah dan hitam saja, namun ada juga ragam corak dan warna lainnya. Jika di kawin silangkan cupang hellboy warnanya bisa berubah, tetapi dominan hitam atau merah.

Jenis Jenis Cupang Hellboy

1. Hellboy Fancy

Cupang Hellboy Fancy
Cupang Hellboy Fancy | Sumber: Tokopedia

Jenis yang satu ini memiliki keindahan warna gradasi yang lebih menawan jika dibandingkan dengan lainnya. Hellboy Fancy membuat jenis hellboy menjadi lebih berwarna. Untuk mendapatkan hasil ini, hellboy dikawin silangkan dengan fancy grade tinggi. Hal ini menghasilkan warna merah dasar dengan sisik halus serta warna biru dan putih yang tidak merata.

Baca juga:  Yuk Mengenal Ikan Cupang Slayer - Si Cantik Hasil Persilangan Halfmoon Dan Serit

2. hellboy Blue Startail

Cupang Hellboy Blue Startail
Cupang Hellboy Blue Startail | Sumber: Pinterest

Seperti namanya, cupang yang satu ini memiliki pola unik bergambar bintang berwarna biru di bagian ekornya. Tubuhnya lebih dominan merah dengan sedikit warna hitam di bagian tubuh atas. Jenis cupang yang satu ini terbilang paling mahal, apalagi jika gambar bintang di bagian ekor ikan cupang hellboy semakin jelas.

3. Hellboy Super Red

Cupang Hellboy Super Red
Cupang Hellboy Super Red | Sumber: Pinterest

Hellboy Super Red merupakan salah satu jenis hellboy yang paling beda dari jenis lainnya. Sebab warna dari cupang yang satu ini lebih didominasi warna merah. Bahkan tidak ditemukan sedikitpun warna selain merah, perpaduan hitam atau lainnya. Karena alasan tersebut, cupang yang satu ini diberi nama super red karena memang hanya berwarna merah.

4. Hellboy Meat

Cupang Hellboy Meat
Cupang Hellboy Meat | Sumber: Tokopedia

Hellboy meat merupakan cupang yang memiliki warna dasar merah dengan perpaduan hitam yang acak di tubuhnya. Jenis ini merupakan awal dari hasil kawin silang agar mendapatkan hellboy warna yang lebih bervariasi. Untuk bentuk ekor dan siripnya cukup lebar dengan warna mata hitam.

5. Hellboy Fancy Copper

Cupang Hellboy Fancy Cooper
Cupang Hellboy Fancy Cooper | Sumber: Bukalapak

Berbeda dengan jenis lainnya, hellboy fancy copper memiliki warna merah pekat dengan sisik mengkilap seperti tembaga. Sisiknya ini juga terkadang cenderung lebih putih keemasan. Sementara itu warna tubuh ikan cupang hellboy yang merah diimbangi dengan mata hitam, membuat sisik akan terlihat lebih bercahaya ketika berada di ruangan gelap.

Kesimpulan

Dari lima jenis hellboy, diketahui jika cupang yang satu ini memiliki dominasi warna tubuh merah dan hitam. Kawin silang dengan cupang warna cerah lainnya, menghasilkan warna dan corak yang lebih bervariasi. Sementara itu, ikan cupang ini juga memiliki karakteristik dengan tubuhnya yang gagah serta bentuk kepala seperti peluru dan siripnya yang membentuk setengah lingkaran.