Ciri Ciri Ikan Cupang HMPK, Memiliki Daya Tarik Yang Unik

 
Bagikan artikel ini

Memiliki daya tarik yang unik, berikut ciri ciri ikan cupang HMPK. Ikan cupang memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang mudah dirawat. Namun, hal ini berbeda dengan ikan cupang dengan jenis HMPK. Jenis yang satu ini memiliki perawatan yang lebih sensitif jika dibandingkan dengan cupang lainnya, namun keindahannya tak bisa dipungkiri. Untuk lebih detailnya, simak informasi mengenai ikan cupang HMPK berikut ini!

Ikan Cupang HMPK
Ikan Cupang HMPK

Reproduksi Cupang HMPK

Bagi Anda yang belum familier dengan cupang HMPK, maka perlu mengetahui informasi ini. HMPK sendiri diambil dari nama keda indukan hasil persilangan yaitu HM (Halfmoon) dan PK (plakat). Kawin silang jenis tersebut menghasilkan anakan unik dengan ciri sirip ekor pendek, warna tidak mencolok, ekornya yang membulat, dan ukuran tubuh besar.

Sebenarnya, persilangan cupang antara halfmoon dan plakat cukup sulit dilakukan. Bahkan, keberhasilannya hanya mencapai 30 % agar mendapatkan hasil sempurna yang memiliki ciri dari keduanya. Namun seiring perkembangan dan riset yang dilakukan oleh profesional, maka dihasilkan HMPK dengan kualitas baik.

Ikan Cupang HMPK
Ikan Cupang HMPK

Ciri Ciri Cupang HMPK yang Wajib Anda Tahu

Agar bisa lebih mudah mengidentifikasi cupang HMPK, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu karakteristiknya. Untuk segi warna, ikan cupang HMPK memiliki banyak warna sesuai dengan jenisnya. Sebab, indukan jenis cupang yang satu ini berasal dari multicolor dengan kualitas baik. Namun warnanya digolongkan dengan beberapa jenis yang umum.

Untuk yang pertama terdapat HMPK Avatar atau hasil kawin silang dengan warna hitam gelap dan sisik mutiara. Jenis yang satu ini memiliki ciri tubuh yang cenderung gelap, seperti hitam atau biru tua dengan sisik halus layaknya mutiara. Selain itu, ada juga HMPK jenis Copper yang memiliki warna silver di bagian sirip dan ekor. Hal ini tergantung seberapa besar gen indukannya.

Baca juga:  Memiliki Harga Fantastis, Berikut Daftar Jenis Ikan Cupang Termahal Di Dunia

Selanjutnya, ada jenis black copper yang memiliki dominasi warna hitam maupun coklat tua. Untuk ekor dan siripnya memiliki warna keemasan atau silver. Selain black copper, ada juga black samurai. Untuk jenis ikan cupang HMPK ini, hasil warnanya dari perpaduan hitam dan putih layaknya samurai dan juga mengkilat. Warna HMPK black samurai juga acak di bagian tubuh, kepala, ekor, dan sirip.

Tak berhenti sampai di situ saja, HMPK juga memiliki warna dominan keemasan yang cukup unik dan langka. Jenis ini dinamakan HMPK gold copper yang memiliki warna emas di bagian tubuh, sirip, ekor, berwarna putih, dan kombinasi warna hitam. Tak heran jika jenis cupang HMPK yang satu memiliki ciri ciri yang cukup menawan.

Sementara itu, bentuk tubuh HMPK lebih panjang dan ramping jika dibandingkan dengan jenis cupang lain. Ekornya cenderung lebar dan pendek dengan sokongan lebih di bagian tulang ekor. Menariknya, ekor dan sirip HMPK hampir sama dengan halfmoon. Bahkan terkadang, bentuk sirip dan ekornya sama dengan Halfmoon.

Sedangkan untuk warna sisik di tubuh ikan cupang HMPK lebih pucat dengan sirip yang cukup mungil. Selain itu, karena cupang plakat dikawinkan dengan jenis lain dengan multicolor, terkadang membuat orang salah sangka membedakan cupang plakat dan HMPK. Perbedaannya bisa diketahui dari matanya yang berwarna hitam.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi yang harus Anda tahu untuk mengenali jenis cupang HMPK. Ikan cupang yang satu ini memiliki ciri ciri ekor dan sirip yang hampir sama dengan Halfmoon, namun warnanya lebih menawan. Selain itu perlu diketahui, cupang HMPK bukanlah ikan aduan tetapi ikan kontes. Hal ini karena warna dan bentuk tubuhnya yang begitu menawan.