Mengenal Ikan Cupang Koi Galaxy Lebih Dekat Lengkap Dengan Cara Merawatnya

 
Bagikan artikel ini

Mengenal ikan cupang koi galaxy lebih dekat lengkap dengan cara merawatnya. Ikan cupang koi galaxy termasuk salah satu jenis ikan hias yang banyak diburu oleh para penggemarnya. Daya tarik utamanya berasal dari corak dan aneka warna yang menghiasi tubuh mungilnya. Tidak heran jika banyak kolektor tertarik memeliharanya atau bahkan membudidayakannya. Penasaran dengan pesona Koi Galaxy ? Silahkan simak ulasan singkat berikut.

Ikan Cupang Koi Galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy | Sumber: Freepik

Mengenal Cupang Jenis Koi

Cupang jenis koi tidak akan pernah ditemukan di habitat aslinya, karena ikan hias satu ini tercipta dari hasil perkawinan silang. Sedangkan pemberian namanya sendiri terlihat dari perpaduan aneka warna tubuhnya yang beragam (warna kuning, orange, merah, dan hitam) berhasil mengingatkan Anda pada ikan koi pada umumnya.

Bahkan beberapa breeder berhasil melakukan perkawinan silang yang membuatnya hadir dengan aneka macam warna lebih beragam. Selain dari perpaduan warna berbeda, ikan hias satu ini bahkan memiliki bentuk sirip dan ekor lebih bervariasi yang diturunkan oleh para indukannya. Justru keunikannya inilah yang membuatnya tampak menarik dimiliki. 

Keunikan utama dari cupang satu ini terletak pada corak dan motif warna yang dimilikinya. Ikan cupang koi galaxy misalnya, dimana ikan hias ini memiliki ciri khas pada warna sisiknya yang tampak mengkilat bak mutiara dan menyatu indah dengan aneka warna merah, kuning, dan hitam. Corak warna inilah yang menjadi ciri khas utamanya.

Namun secara keseluruhan, cupang satu ini memiliki ciri ciri serupa layaknya cupang jenis koi pada umumnya. Karakteristik unik tersebut dibuktikan dengan bentuk tubuhnya tampak lonjong dan memiliki sirip panjang dan lebar yang diturunkan oleh gen cupang halfmoon. Sedangkan matanya yang hitam dan bulat sempurna menjadi ciri khas dari cupang jenis koi.

Baca juga:  Ikan Cupang Terbesar: Giant Betta, Jenis Yang Menarik Untuk Dipelihara
Ikan Cupang Koi Galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy

Cara Perawatan Cupang yang Tepat 

Demi mendapatkan indukan cupang berkualitas, tentu saja diperlukan ilmu dasar terkait cara perawatan cupang jenis koi yang tepat. Pertama tama pilihlah pakan kaya gizi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Pakan berkualitas juga membantu corak warna tubuhnya terlihat lebih sehat dan segar serta memiliki ekor yang begitu indah.

Anda bisa memberikan pakan berupa cacing beku, kutu air, jentik nyamuk, atau pellet berkualitas 2x sehari. Namun Anda cukup memberikannya pakan cacing sutra hidup sekali dalam sehari. Meski ikan cupang koi galaxy memiliki beragam jenis pakan, sebaiknya berikan satu jenis pakan saja dalam sekali makan untuk menekan resiko terjadinya gangguan pencernaan.

Apabila ingin memberikan dua jenis pakan berbeda, sebaiknya hindari mencampurkan keduanya dalam sekali pemberian pakan. Dibandingkan mencampurkannya, lebih disarankan untuk menjadikan salah satu jenis pakan sebagai selingan semata untuk memenuhi gizi hariannya. Sedangkan porsi makannya sendiri dapat disesuaikan dengan ukuran bola matanya.

Selain memberikan pakan berkualitas harian, jangan lupa melengkapi gizi hariannya dengan menambahkan vitamin sebagai pelengkapnya. Memberikan vitamin secara rutin sesuai dosis yang tertera pada kemasan, membantu ikan tumbuh dan berkembang sempurna. Bahkan kualitas warna siripnya terlihat lebih indah dibandingkan sebelumnya. 

Membeli setup akuarium merupakan hal yang tidak kalah penting diperhatikan sebelum membeli ikan cupang koi galaxy. Jenis cupang satu ini memiliki sifat yang agresif, sehingga Anda harus menyiapkan beberapa akuarium apabila hendak memelihara beberapa ekor cupang jenis koi. Cara ini membantu mereka tetap tenang dan berenang bebas sesuka hati.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis cupang satu ini memiliki ciri khas pada corak warna tubuhnya yang beragam seperti ikan koi pada umumnya. Sayangnya Anda tidak boleh memelihara mereka dalam satu akuarium yang sama, mengingat cupang satu ini memiliki sifat agresif dan siap menyerang sesamanya tanpa ampun.

Baca juga:  Ikan Cupang Sawah: Termasuk Jenis Liar, Yuk Intip Cara Tepat Merawatnya

Demikian bahasan mengenai mengenal ikan cupang koi galaxy dan cara merawatnya yang dapat disampaikan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dalam memahami tentang ikan galaxy ini serta cara perawatan cupang yang baik dan benar. Terima kasih sudah membaca tulisan ini dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.