Mengenal Lebih Jauh Ikan Cupang Marble Yang Kian Hari Makin Dicari

 
Bagikan artikel ini

Mengenal lebih jauh ikan cupang marble yang kian hari makin dicari. Berbicara tentang cupang memang tidak akan ada habisnya. Banyak sekali jenis, corak, gaya, hingga harga yang bisa didiskusikan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya beberapa istilah dan penamaan warna cupang ternyata masuk dalam jenis ikan cupang marble? Pasti Anda bingung, pasalnya jenis ini pun banyak bermunculan. Untuk menjawab rasa galau, cek ulasan berikut.

Ikan Cupang Marble
Ikan Cupang Marble

Maksud Dari Istilah Cupang Marble

Ternyata, nama marble sendiri merujuk pada gen yang mempengaruhi pigmentasi ikan cupang. Ikan yang disebut marble adalah cupang yang memiliki DNA transposon tidak tetap. Jadi mulai dari umur burayak, muda, hingga dewasa, bercak warna yang ada di tubuh dan siripnya bisa berubah ubah. Hal tersebut juga disebut dengan mutasi.

Menariknya, cupang jenis ini umumnya memiliki tampilan corak dasar putih cerah serta bintik warna layaknya ikan koi merah, hitam, atau kuning. Namun warna yang dimunculkan sendiri sangat beragam, sehingga tak jarang cupang marble masuk dalam jenis lainnya (bukan koi saja). Hal tersebut juga dikaitkan dengan jenis persilangan, jenis ekor, dan warnanya.

Ikan Cupang Marble
Ikan Cupang Marble

Jenis Ikan Yang Tergolong Marble

Agar tidak bingung, ikan cupang marble juga memiliki beberapa jenis warna yang kemudian digolongkan dalam suatu jenis yang lebih spesifik. Beberapa jenis tersebut adalah marble galaxy dengan corak warna layaknya bintang dilangit dengan sisik yang lebih mengkilap. Ada juga marble fancy yang terdiri dari tiga warna, seperti kuning, putih, dan biru. 

Marble samurai memiliki sisik naga dengan badan lebih kekar, namun warnanya cenderung perpaduan antara putih, merah dan orange. Marble candy ditandai dengan adanya garis garis di atas warna dasar layaknya permen warna warni. Bahkan ada juga marble nemo dengan warna orange dan hitam, serta marble tiger berwarna dasar kuning corak hitam dan biru.

Baca juga:  Yuk Kenali Karakteristik Ikan Cupang Sarawak yang Populer untuk Dipelihara

Tidak hanya itu saja, bahkan ada pula cupang halfmoon marble yang memiliki sirip gemulai dengan warna dasar putih bergradasi biru kuning. Dari beragam warna tersebut Anda bisa tahu bahwa Ikan Cupang Marble pun memiliki banyak varian. Hal tersebut termasuk bentuk tubuh yang lebih mirip indukan dan ciri matanya yang pasti berwarna hitam serta tidak terlalu menonjol. 

Cara Perawatan

Lantas, jika ikan cupang ini memiliki perbedaan gen apakah butuh cara perawatan khusus? Jika Anda ingin mengaktifkan gen marble yang unik dan memiliki mutasi warna terang serta kuat dari ikan seharga 50 ribuan ini, tentu ada cara khususnya. Mutasi ini bisa dirangsang dengan memberikan makanan salmon 3x seminggu, brine shrimp, spirulina, dan daphnia.

Anda juga bisa memberikan vitamin ikan cupang sebagai suplemen. Biasanya kandungan yang diutamakan adalah Micrococcus roseus yang merupakan bakteri premium. Untuk perawatannya sendiri, pastikan saja kondisi air selalu bersih dan sehat. Ganti air secara rutin dan berikan makanan bergizi yang baik untuk si cupang.

Sedangkan untuk setup akuarium, ikan cupang marble memerlukan perlakuan yang sama dengan jenis lainnya. Buat saja akuarium semirip mungkin dengan habitat aslinya, yakni dengan tanaman hidup, tempat bersembunyi dan ukuran akuarium yang cukup besar. Tidak lupa juga untuk menggunakan heater agar temperatur air akuarium ada di antara 24,5 – 27,5 °C. Dengan banyaknya istilah dan penamaan ikan cupang di pasaran, tak sedikit orang yang dibuat bingung dan pasrah. Apalagi dengan penamaan warna yang tergolong bervariasi. Hal tersebut tidak lepas dari istilah marble, yang ternyata merujuk pada istilah gen pigmentasi warna yang membuatnya memiliki potensi memunculkan variasi warna unik.