Yuk Kenalan Dengan Ikan Cupang Nemo Multicolor Yang Hampir Mirip Ikan Badut!

 
Bagikan artikel ini

Yuk kenalan dengan ikan cupang nemo multicolor yang hampir mirip ikan badut! Dewasa ini mungkin sudah tidak asing dengan film kartun berjudul Finding Nemo. Karakter utama ikan badut yang berwarna orange dan strip hitam pun menjadi ciri khas dari film tersebut. Dari situlah muncul nama ikan cupang nemo multicolor, yang mana memiliki penampakan layaknya si ikan badut. Agar Anda tahu lebih banyak, cek ulasan berikut.

Ikan Cupang Nemo Multicolor
Ikan Cupang Nemo Multicolor | Sumber: Shopee

Mengenal Si Ikan Cupang Jenis Nemo

Sebelum masuk ke nemo multi yang harganya semakin fantastis, ada baiknya mengenal si cupang nemo terlebih dahulu. Cupang jenis nemo dikenal dari warna daging yang terdiri dari dua kombinasi warna. Bisa saja orange – putih, orange –merah, orange – kuning, atau kuning putih. Yang perlu dicamkan adalah warna daging, sehingga tampilannya tidak terlalu mencolok.

Warna dasar tersebut adalah klasifikasi utama cupang jenis nemo yang membedakannya dengan jenis cupang koi. Pasalnya, cupang koi bisa memiliki kombinasi lebih dari dua warna. Dari warna dasar itu, barulah muncul warna tambahan di sisik, sirip, dan ekornya. Yang mana bisa menjadikan ikan tersebut masuk golongan ikan cupang nemo multicolor.

Ikan Cupang Nemo Multicolor
Ikan Cupang Nemo Multicolor

Ciri Ciri Nemo Multicolor

Asal Anda tahu, cupang jenis nemo sendiri bisa hadir dalam jenis candy, tiger, hingga galaxy. Yang kemudian bisa lagi diklasifikasikan dalam nemo multi. Agar Anda tidak bingung, nemo jenis candy biasanya warna tambahannya hanya sebatas di sisik saja. Sedangkan untuk nemo yang dikategorikan multicolor, maka warnanya tersebar di badan dan ekornya.

Baca juga:  Ciri Ciri Ikan Cupang HMPK, Memiliki Daya Tarik Yang Unik

Dalam artian lain, Anda bisa mengidentifikasi nemo multicolor dari semburat atau corak warna tambahan. Jika warna tersebut ada di dorsal, ekor, hingga dasi, maka sudah pasti masuk multicolor. Selain itu, warnanya pun beragam. Bisa jadi hitam, biru, putih, dan lain sebagainya. Tak jarang, ditemukan sebuah ikan cupang nemo galaxy multicolor.

Jika melihat nama tersebut, bisa dikatakan bahwa ikan tersebut memiliki dasaran warna nemo. Kemudian corak warna yang muncul adalah merah, hitam, dan kuning mengkilap layaknya galaxy. Karena tersebar secara meluas hingga sirip dan ekor, maka menjadi salah satu sebutan ikan cupang nemo multicolor.  

Ikan Cupang Nemo Multicolor
Ikan Cupang Nemo Multicolor | Sumber: Pinterest

Cara Perawatan

Pakan untuk ikan cupang tergolong mudah dan tidak banyak kebutuhan aneh. Anda bisa berikan makanan khusus cupang, kutu air, cacing sutra, bahkan jentik nyamuk. Untuk jenis pakan umum, disarankan untuk diberikan setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk memberi vitamin dengan bakteri premium agar cupang lebih sehat.

Setup akuariumnya sendiri tidak begitu ribet. Pastikan saja air bersih dan dikuras setidaknya tiga hari sekali. Endapkan air terlebih dahulu selama 24 jam sebelum menggantinya. Selin itu, gunakan filter dan tambahkan tanaman hidup agar menyerupai habitat asli ikan cupang. Hindari juga penambahan ikan lainnya yang cenderung bersifat agresif.

Banderol Harga

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cupang multicolor harganya sangat mahal. Hal tersebut memang benar. Cupang multicolor dengan gradasi warna yang cantik dan seimbang di setiap sisinya dapat masuk dalam klasifikasi ikan jawara. Termasuk ikan cupang nemo multicolor yang harganya bisa berkisar antara 750 ribu hingga mencapai 3 jutaan per ekornya.

Bisa dikatakan, cupang jenis nemo memang memiliki ciri khas warna dasar orange. Namun, titah multicolor akan ditambahkan jika warna dasar nemo memiliki corak tambahan baik di badan dan ekor. Corak ini sendiri bisa muncul dalam warna yang beragam, termasuk hitam, biru, dan putih. Jika kombinasi warna seimbang, ikan ini bisa dibanderol harga jutaan rupiah.

Baca juga:  Ikan Cupang Sawah: Termasuk Jenis Liar, Yuk Intip Cara Tepat Merawatnya

Penutup

Demikian bahasan mengenai mengenal ikan cupang nemo multicolor yang mirip dengan ikan badut. Semoga topik kali ini dapat menambah wawasan kita dalam mengenal salah satu jenis dari ikan cupang. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya yang pasti akan semakin menarik untuk dipelajari. See ya!