Mengintip Karakteristik Ikan Cupang Nemo Yang Menawan

 
Bagikan artikel ini

Mengintip karakteristik ikan cupang nemo yang menawan. Ikan cupang yang dulunya dianggap tidak memiliki warna unik dan tak berharga, kini menjadi primadona banyak orang. Hal ini tak lepas dari breeder profesional dan penelitian yang banyak dilakukan. Salah satu hasil proses pembiakan yang membuat cupang lebih indah yaitu jenis ikan cupang nemo. Seperti apa karakteristik cupang yang satu ini? Simak ulasannya di sini!

Ikan cupang nemo
Ikan Cupang Nemo | Sumber: Freepik

Asal Usul Cupang Nemo

Motif cantik cupang nemo menjadi incaran bagi banyak orang, baik lokal maupun internasional. Penamaan cupang jenis ini diambil dari ikan badut atau yang lebih dikenal dengan sebutan nemo. Warna dan corak dari tubuh ikan yang satu ini menawan dengan warna dasar merah, hitam, dan kuning.

Jenis cupang ini memiliki corak dan warna yang hampir mirip dengan ikan nemo pada umumnya. Namun pada beberapa jenis cupang nemo memiliki gen pindah warna, maka akan mempengaruhi coraknya ketika dewasa. Jadi, warna ikan cupang bisa berubah menjadi lebih beragam dan terang. Bahkan semakin dewasa, warnanya akan semakin menetap di tubuhnya.

Untuk habitat pertama ikan cupang jenis ini berasal dari Thailand. Ikan cupang nemo ini dihasilkan dari riset kawin silang, sehingga lingkungannya bukan dari alam langsung. Awal ikan direproduksi oleh breeder profesional asal Thailand  yang bekerja sama di bidang perikanan. Tim ini dibentuk dengan penelitian gen dengan mencari tahu jenis cupang yang memiliki bibit unggul.

Untuk menghasilkan ikan jenis ini, dibutuhkan waktu bertahun tahun agar gennya bisa diturunkan ke anakannya. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan gizi terbaik selama masa pemijahan untuk menghasilkan pigmen warna menjadi lebih sempurna. Tak hanya itu saja, para peneliti juga memberikan tempat pemijahan sealami mungkin agar indukan tidak stres.

Baca juga:  Mengulik Jenis Dan Karakteristik Ikan Cupang Hellboy Yang Menawan

Karakteristik Cupang Nemo

Setelah dilakukan riset yang cukup panjang, maka cupang nemo sudah menyebar ke berbagai negara dan banyak dibudidayakan. Ikan cupang dengan jenis ini jika diamati baik baik memiliki karakteristik yang unik.  Anda perlu mengetahui ciri ciri ikan cupang nemo agar tak salah membeli, apalagi sampai tertipu oleh penjual curang.

Pertama, Anda perlu memperhatikan warna ikan yang satu ini. Cupang nemo memiliki warna dasar merah, hitam, dan kuning, Namun, seiring dengan breeder yang banyak mengembangkan jenis ikan yang satu ini, warnanya pun cukup beragam. Meskipun begitu, cupang jenis ini memiliki ciri khas corak ikan nemo pada umumnya.

Seperti contoh, terdapat cupang nemo yang memiliki warna dasar merah campur dengan kuning dan menghasilkan warna orange. Tak hanya itu saja, ada juga warna lain seperti biru, pink, dan ungu di bagian sirip ikan cupang. Apa pun perpaduan dari ketiga warna dasar, cupang nemo akan tetap memiliki cirak unik bergaris lebar layaknya ikan nemo.

Sementara itu, tubuh cupang nemo tampak normal dan seimbang seperti ikan cupang jenis lain yang sehat. Ikan cupang nemo juga mampu bergerak aktif, lincah, serta agresif jika bertemu dengan ikan cupang lainnya. Selain ciri ciri tubuhnya, Anda juga perlu mengetahui warna matanya. Cupang ini memiliki warna mata hitam dengan pandangan yang aktif dan tajam.

Ikan Cupang Nemo
Ikan Cupang Nemo | Sumber: Pixabay

Tanya Jawab Seputar Cupang Nemo

Membahas mengenai ikan cupang nemo, biasanya akan ada beberapa pertanyaan yang muncul tentang cupang ini. Berikut ini ulasan juga bersama dengan jawaban terbaik yang bisa disampaikan.

Apa Itu Cupang Nemo?

Dari namanya diambil dari ikan badut atau clown fish yang dikenal dengan nama nemo. Corak dan warna yang terdapat pada tubuhnya sangat menarik seperti ikan nemo. Cupang yang memiliki warna dasar merah, hitam, dan kuning. Apabila Anda pernah melihat ikan nemo di film kartun yang bernama finding nemo ataupun melihatnya secara langsung. Maka, seperti itulah gambaran corak yang terdapat pada tubuhnya.

Baca juga:  Memiliki Harga Fantastis, Berikut Daftar Jenis Ikan Cupang Termahal Di Dunia

Ikan Cupang Nemo Harganya Berapa?

Dari hasil survey terbaru di tahun ini, data yang didapat dari situs online shop tokopedia. Untuk ikan cupang nemo klasik berkisar dari harga 20 ribu hingga 450 ribu. Harga yang tercatat juga tergantung dari ukuran dan warna yang terdapat pada tubuh ikan tersebut.

Kesimpulan

Dari sekian banyak ikan hias, cupang nemo menjadi incaran bagi banyak orang. Hal ini karena cupang nemo memiliki karakteristik yang cukup unik dan menawan. Ciri dari ikan cupang jenis ini yaitu warna dasar yang terdiri dari merah, kuning, dan hitam. Untuk bentuk tubuhnya tampak normal, seimbang, dan aktif. Sementara warna matanya lebih ke hitam hitaman dan tajam.

Diatas merupakan pembahasan detail mengenai asal usul sejarahnya ikan cupang nemo beserta dengan karakteristik yang dapat tim embaran sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi tambahan informasi berharga tentang cupang ini.