Berkenalan dengan Ikan Cupang Paradise, Cupang Alam yang Harganya Terus Meningkat

 
Bagikan artikel ini

Berkenalan dengan ikan cupang paradise, cupang alam yang harganya terus meningkat. Ikan cupang memang memiliki jenis yang cukup beragam dengan warna warni cantik. Hal ini membuat banyak pecinta ikan yang tertarik untuk memeliharanya di akuarium sebagai ikan hias. Salah satu yang cocok dipelihara yaitu ikan cupang paradise, yang bisa mudah ditemukan di Asia Tenggara.

Ikan Cupang Paradise
Ikan Cupang Paradise

Mengenal Lebih Dekat Cupang Paradise

Cupang paradise termasuk sebagai ikan alam atau ikan liar yang bisa ditemukan pada daerah persungaian Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Oleh karena itu, cupang paradise termasuk sebagai jenis yang banyak dipelihara oleh breeder dalam negeri. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa cupang paradise bisa ditemukan di dataran Vietnam, China, dan sekitarnya.

Karena hidupnya yang liar, banyak yang menjadikan cupang surga atau cupang paradise sebagai ikan aduan. Terlebih cupang paradise ini terkenal sebagai petarung, yang akan beraksi ketika bertemu dengan ikan lain sesama jenisnya. Kendati demikian, banyak pula yang mulai menjadikannya sebagai ikan hias sebab warnanya yang terbilang cantik.

Cupang surga ini sendiri sejatinya tidak termasuk ke dalam kelas betta. Dimana secara taksonominya, cupang paradise masuk sebagai genus macropodus. Jadi tubuhnya jika dilihat lebih mirip dengan ikan sepat. Selain itu, meski termasuk ikan teritorial namun ikan cupang paradise tidak begitu agresif seperti jenis cupang lain. Bahkan pemijahan jenis satu ini bisa dilakukan secara koloni.

Sebab genus macropodus termasuk bersifat teritorial namun tidak sampai menyerang. Apabila ikan lain sudah menjauh dari daerah teritorialnya, maka dia tidak akan menyerang. Selain itu, yang membedakan cupang paradise dengan jenis lainnya terletak pada telurnya. Dimana genus betta telurnya akan tenggelam, sementara telur dari cupang surga biasanya akan mengapung.

Baca juga:  Yuk Mengenal Ikan Cupang Slayer - Si Cantik Hasil Persilangan Halfmoon Dan Serit
Ikan Cupang Paradise
Ikan Cupang Paradise

Cara Merawat Cupang Paradise

Karena memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan ikan cupang pada umumnya, cara perawatan cupang paradise juga terbilang umum dan tidak begitu sulit. Dimana perawatannya dimulai dari pemilihan akuarium. Sebaiknya pilih akuarium dengan ukuran yang cukup luas, agar ikan bisa bergerak aktif dan lincah.

Ganti air di dalam akuarium dua hari sekali agar tetap bersih dan menghindarkan ikan dari racun maupun penyakit. Anda bisa memanfaatkan filter untuk mempermudah pembersihan akuarium. Di samping itu, perhatikan pula suhu air yang ada di dalamnya. Penerapan suhu air yang tepat akan membuat ikan merasa lebih nyaman, apalagi jika suhu diatur seperti habitat aslinya.

Ikan cupang paradise memiliki habitat asli di daerah persungaian. Anda dapat memanfaatkan heater untuk memperoleh suhu air yang sesuai dengan kondisi air sungai. Apabila ingin membersihkan akuarium dan menempatkan heater serta filter, sebaiknya pindahkan cupang surga tanpa menyentuhnya.

Akan lebih baik jika anda memindahkan ikan dengan sedikit air, dibandingkan menggunakan jaring atau tangan kosong. Pasalnya penggunaan jaring atau tangan akan memperbesar risiko ekor atau sayap ikan menjadi patah atau rusak. Jadi sebaiknya hindari perlakuan tersebut, agar cupang paradise tetap terlihat menawan.

Pilihan Pakan untuk Cupang Paradise

Selain cara perawatan umum,  tentu dibutuhkan pakan yang tepat agar ikan cupang bisa hidup lebih lama. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis pakan alami yang bisa anda berikan. Pakan alami sekarang tidak sulit untuk ditemukan, karena banyak toko yang telah menyediakannya sehingga membuat perawatannya cupang paradise menjadi lebih mudah.

Beberapa pakan yang direkomendasikan untuk ikan cupang paradise yaitu cacing darah, cacing beku, cacing sutra, kutu air, dan jentik nyamuk. Pasalnya ikan cupang merupakan jenis ikan karnivora, dan jika di alam liar mereka akan mengonsumsi hewan hewan lebih kecil di sekitar. Memberikannya pakan alami tentu bisa membuat cupang menjadi lebih sehat.

Baca juga:  Mengulik Jenis Dan Karakteristik Ikan Cupang Hellboy Yang Menawan

Kesimpulan

Pemeliharaan cupang paradise terbilang tidak sulit, bahkan cara pemijahannya juga cukup mudah. Ini membuat banyak breeder tertarik untuk memelihara jenis ikan satu ini di rumah. Apalagi warna dari cupang paradise tersebut termasuk cukup unik. Bahkan ada pula cupang surga albino berwarna putih yang begitu indah dan sering menjadi incaran.