Ikan Cupang Serit: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Corak Cupang Lebih Cantik

 
Bagikan artikel ini

Ikan cupang serit: 5 hal yang harus diperhatikan agar corak cupang lebih cantik. Di kalangan penggemar ikan cupang, perawatan ikan yang satu ini terbilang gampang gampang susah. Terutama ikan cupang serit yang memiliki sirip dan ekor yang cukup menawan. Karena alasan tersebut, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar dapat mempertahankan keindahan ekor dan juga sirip ikan cupang yang satu ini. Simak ulasannya di sini!

Tips Merawat Ikan Cupang Agar Keindahannya Terjaga

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit | Sumber: Freepik

1. Memilih Wadah yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan cupang dengan jenis serit, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang penting. Salah satunya yaitu memilih wadah yang pas untuk menunjang hidup ikan cupang. Sebenarnya, ikan cupang ini bisa hidup dalam akuarium ukuran berapa pun saja. Namun, lebih baik memeliharanya di wadah yang paling kecil.

Sebagai saran, Anda bisa memilih wadah atau akuarium cupang serit dengan diameter 20 x 15 x 15 cm. Wadah ini dapat Anda kreasikan dengan elemen elemen tanaman dan bebatuan agar tampak lebih berwarna. Akan tetapi jika Anda hanya ingin akuarium standar saja, maka tidak perlu menambahkan apa apa ke dalamnya.

2. Memperhatikan Kondisi Air

Air menjadi salah satu hal yang paling penting diperhatikan untuk memelihara ikan cupang serit. Air yang baik untuk cupang serit akan mempengaruhi sirip dan ekornya. Untuk itu, Anda disarankan memilih air dengan pH ideal seperti air sumur. Penggunaan air sumur ini bertujuan untuk mempertahankan habitat asli ikan cupang, sehingga membuat ikan bisa hidup lebih nyaman.

Baca juga:  Ciri Ciri Ikan Cupang HMPK, Memiliki Daya Tarik Yang Unik

Namun bagi Anda yang tidak memiliki air sumur dan hanya tersedia air PAM atau sumber lainnya, maka bisa saja menggunakannya. Akan tetapi ada berbagai hal yang harus dilakukan agar air bisa memenuhi standar. Salah satu caranya yaitu dengan mendiamkan air selama beberapa hari. Setelah itu, rajinkah untuk mengganti air minimal tiga hari sekali.

3. Memilih Pakan Terbaik Untuk Cupang Serit

Agar kondisi ekor dan siripnya bisa lebih indah, ada baiknya jika memperhatikan jenis pakan dan nutrisinya. Makanan yang baik untuk ikan cupang serit terdiri dari udang, kutu air, daun ketapang daun jati, tanaman spirulina, dan lain sebagainya. Pemberian pakan yang tepat akan membuat cupang serit memiliki ekor dan sirip yang cantik.

Selain memperhatikan jenis pakan yang dipilih, Anda juga perlu mengetahui cara memberi makan cupang serit. Untuk memberinya makanan, cukup taburkan di ke dalam akuarium. Secara otomatis, ikan cupang akan memakan pakan yang mengambang di atas permukaan air. Jangan lupa berikan makanan secara bertahap agar tidak terlalu berlebihan dan mengotori akuarium.

4. Menjemur Cupang Serit

Bagi sebagian orang, menjemur ikan cupang sering dilewatkan. Padahal aktivitas yang satu ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan ikan. Selain itu, menjemur cupang serit juga dapat membunuh jamur dan bakteri yang ada di akuarium serta kulit ikan cupang. Namun, perlu diingat jika Anda juga harus memperhatikan tempat jemur dengan suhu stabil dan tidak terlalu panas.

5. Membersihkan Wadah Cupang Serit

Membersihkan wadah ikan cupang serit juga menjadi hal yang terpenting dalam merawat ikan hias yang satu ini. Apabila Anda bermalas malasan dalam membersihkan akuarium atau wadah ikan cupang, maka akan merusak sirip dan ekornya. Bahkan ikan yang Anda pelihara tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, bersihkan cupang serit satu kali dalam satu minggu.

Baca juga:  Mengenal Ikan Cupang Koi Galaxy Lebih Dekat Lengkap Dengan Cara Merawatnya
Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Kesimpulan

Merawat ikan cupang serit sebenarnya tidak terlalu susah, asalkan dilakukan dengan cara benar. Langkah pertama, Anda harus memilih wadah terbaik untuk cupang serit yang Anda pelihara. Kemudian, perhatikan kondisi air apakah sudah memenuhi standar. Jika sudah, jangan lupa memperhatikan pakan yang Anda berikan pada cupang serit agar ekor dan siripnya senantiasa cantik.