Yuk Mengenal Ikan Cupang Slayer – Si Cantik Hasil Persilangan Halfmoon Dan Serit

 
Bagikan artikel ini

Yuk mengenal ikan cupang slayer – Si cantik hasil persilangan halfmoon dan serit. Dalam dunia penghobi cupang, mungkin Anda banyak sekali mendengar syarat keindahan tertentu yang mempengaruhi harganya. Jika diperhatikan secara langsung, setidaknya perbedaan tampilan tersebut tak lepas dari proses kawin silang indukan. Layaknya ikan cupang slayer yang ternyata didapat dari indukan halfmoon dan serit. Penasaran? Cek ulasan berikut.

Ikan Cupang Slayer
Ikan Cupang Slayer

Nama Dan Tampilan Keren Dari Hasil Persilangan

Nama Slayer yang berkesan sangat jantan dan keren ternyata tidak diberikan tanpa alasan. Pasalnya, tampilan dari cupang Slayer sendiri tampak begitu unik dengan ekor dan sirip lebar bak halfmoon namun memiliki bentuk layaknya mahkota. Keunikan yang membuatnya setengah gemulai dan keren inilah yang membuatnya tetap menjadi favorit di pasaran.

Usut punya usut, cupang ini sebenarnya adalah ternakkan lokal yang berhasil mengawin silangkan cupang halfmoon dan serit. Jika dilihat dari kedua indukan itu sendiri, Anda bisa membayangkan ekor dan sirip yang membentang 180 derajat ala halfmoon. Sedangkan cupang serit memberi sentuhan tampilan ekor mahkota yang tampak layaknya sisir rambut.

Ciri Ciri Dominan 

Jika didasari dengan penjelasan sebelumnya, sudah jelas jika ikan cupang slayer punya ciri tampilan yang sangat berbeda. Badannya ramping dan lebih panjang seperti serit, tapi sirip dan ekornya membentang lebar seperti halfmoon. Saat dibentangkan, ekor dan siripnya benar benar dapat melebar sehingga tampak lebih besar dari tubuhnya.  

Sedangkan untuk warnanya, cupang jenis Slayer bisa memiliki corak yang sangat beragam. Namun, indikasi utamanya adalah kehadiran warna orange, merah, dan biru metalik. Yang kemudian disebut juga dengan Slayer biasa. Umumnya, perpaduan tiga warna tersebut muncul sebagai satu warna dominan dan dua warna tambahan di ekor serta sirip. 

Baca juga:  Ikan Cupang Serit: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Corak Cupang Lebih Cantik

Namun ada juga jenis ikan ini yang masuk dalam kategori warna fancy karena memiliki 4 corak gradasi. Untuk slayer dengan kombinasi 5 warna, maka akan masuk dalam nama multicolor. Ada juga kategori avatar yang memiliki dominan hitam dengan corak putih. Dan yang terakhir adalah lavender yang didominasi warna merah, biru, dan ungu. 

Ikan Cupang Slayer
Ikan Cupang Slayer

Cara Perawatan

Ikan cupang slayer tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda bisa menjaganya tetap sehat dengan memberi makan sehari dua kali dan membuang sisa makanan yang sudah tidak disantap lebih dari 5 menit. Anda pun bisa memberikan vitamin ikan, sehingga kualitas warna ikan yang muncul di sirip dan ekornya akan terjaga atau meningkat.

Habitat dari ikan ini sendiri sangat sederhana. Pastikan ada tanaman hidup, air selalu bersih (mengganti air tiga hari sekali), dan bebas penyakit. Masukkan daun ketapang dan taburkan garam ikan sedikit untuk mengurangi risiko serangan penyakit kulit. Pastikan juga akuarium cukup luas, dengan ukuran minimal 30 x 15 x 20 cm untuk satu ikan.

Harga Fantastis Si Slayer

Sebagai salah satu ikan cupang yang cukup menjadi favorit penghobi, harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk anakan atau burayak, biasanya dijual seharga 25 ribu per bibitnya. Sedangkan untuk ikan cupang slayer dewasa bisa mulai dari 50 -300 ribuan. Untuk indukan sekitar 80 -150 ribu, dan yang setara juara bisa dibanderol 500 ribu – 3 juta per ekornya.

Dengan informasi yang telah diberikan, sudah tidak heran jika cupang jenis Slayer menjadi banyak buruan penghobi cupang. Tampilan unik sirip halfmoon dengan tampilan serit, membuatnya tampak berbeda dari cupang pada umumnya. Ikan hasil ternakkan lokal ini pun jika dirawat dan dikembangbiakkan dengan baik, bisa menjadi ladang bisnis menguntungkan.