Ikan Cupang Surga: Punya Warna Fantastis, Yuk Mengenal Lebih Jauh Ikan Cupang ini!

 
Bagikan artikel ini

Punya warna fantastis, yuk mengenal lebih jauh si ikan cupang surga! Meningkatnya minat penghobi cupang di tengah masa pandemi, menjadikan beberapa jenisnya dibanderol harga fantastis. Selain dilihat dari tampilan, kelangkaannya pun menjadi indikator harga tersebut. Tak terkecuali jenis ikan cupang surga, yang disebut sebut semakin langka dan mahal. Namun sebenarnya seperti apa cupang yang satu ini? Berikut ulasannya.

Ikan Cupang Surga
Ikan Cupang Surga | Sumber: Aquariadise

Mengenal Sebutan Cupang Jenis Surga

Karena kelangkaannya di pasar, tidak jarang nama atau jenis cupang ini masih dipenuhi oleh tanda tanya. Banyak sekali yang berpendapat bahwa cupang ini berasal dari Asia tenggara, yang mana di Indonesia sendiri ada di Jawa, Bali, dan Sumatera. Ikan ini pun dinilai hidup secara liar, sehingga cukup sulit untuk ditangkarkan. Alhasil harganya pun melejit di pasaran.

Namun, sebuah sumber luar negeri justru menyebut jenis ini sebagai nama buatan akan istilah luas mengenai cupang. Terutama pada cupang yang ditemukan, dikembangbiakkan, dan dijual di berbagai toko binatang. Bahkan tidak sedikit yang mengaitkan nama cupang ini dengan jenis cupang mustard yang cukup disegani di pasaran.

Lantas manakan definisi ikan cupang surga yang benar? Di Indonesia sendiri istilah surga ini merujuk pada tampilan cupang yang begitu indah. Tidak ada penjelasan lebih jauh, yang membuat pengertian dari sumber luar negeri tersebut akhirnya dapat diterima. Dengan kata lain tidak ada nama resmi akan ikan cupang jenis surga yang satu ini.  

Macam Tipe Cupang Surga

Merangkum sumber luar negeri, cupang jenis ini juga bisa disebut sebagai cupang yang dibiakkan secara selektif. Ikan cantik yang satu ini bisa tumbuh mencapai 7.6 cm dalam usia 7 bulan. Penampilannya sendiri beragam dengan garis bawah bahwa semua tipenya tampak cantik dan fantastis. Bahkan, corak warnanya dapat tampil lebih cerah saat masa kawin.

Baca juga:  Yuk Kenali Ciri Ciri Ikan Cupang Plakat Serta Cara Tepat Merawatnya di Sini

Dari definisi tersebut, ada beberapa tipe cupang yang masuk dalam klasifikasi cupang surga. Yang pertama adalah cupang mustard dengan warna hijau atau biru di badannya serta orange atau kuning di ekor serta siripnya. Cupang mustard ini yang paling sering dianggap sebagai ikan cupang surga yang sebenarnya.  

Ada pula cupang biru serta black orchid dengan warna dasar gelap bercorak biru atau ungu. Begitu pula cupang hijau, pink, ungu, merah, dan kuning yang mana memiliki satu warna dominan. Tentunya cupang tersebut termasuk jenis yang sangat langka. Ikan cupang yang turut disebut langka adalah cupang mawar dengan varian warna biru elektrik hingga copper.  

Untuk jenis bentuk badan, ekor, dan siripnya sendiri, cupang ini bisa masuk ke dalam segala klasifikasi  sudah ada. Semuanya berdasar dari jenis indukan dan persilangan yang dilakukan. Karenanya, cupang ini bisa masuk dalam kategori dumbo ear, plakat, halfmoon, butterfly, koi, marble, bahkan dragon scale, dan lain sebagainya.

Ikan Cupang Surga
Ikan Cupang Surga | Sumber: Greatwhitebetta

Cara Perawatan Dan Setup Tank

Untuk perawatan dan setup tank yang dilakukan, ikan ini memiliki kebutuhan layaknya jenis lainnya. Pastikan untuk memberi makanan dua kali sehari dengan porsi kecil. Hindari menambahkan ikan lain yang agresif. Kemudian, ikan cupang surga juga harus ada di akuarium berair bersih dengan tanaman hidup yang menyerupai habitat liar aslinya.

Istilah dan nama cupang surga memang sering muncul namun jarang ditemukan. Bisa dikatakan, tidak ada definisi yang jelas akan namanya selain indikasi tampilan yang begitu fantastis. Sering kali, ikan cupang ini dikaitkan dengan cupang bercorak dua warna, yakni hijau atau biru di badan dan orange atau kuning di sirip serta ekornya.