5 Ikan Cupang Termahal Di Dunia Yang Menarik Dibudidayakan

Diposting pada

Ikan cupang termahal di dunia – Cupang menjadi salah satu ikan hias yang menarik dibudidayakan berkat keindahan dan corak warnanya. Tingginya nilai jual tergantung dari keunikan yang dimilikinya. Bahkan beberapa jenis cupang memiliki nilai jual hingga puluhan juta untuk satu ekor saja.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas ikan cupang dengan nilai jual tinggi dan masuk ke dalam daftar ikan cupang termahal di dunia yang menarik dibudidayakan.

Daftar Ikan Cupang Paling Mahal Di Seluruh Dunia

Jika dirangkum dari keseluruhan jenis ikan cupang, terdapat 5 ikan cupang yang mendapat rekor termahal di dunia ini. Dibawah merupakan daftar ikan cupang termahal.

1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Gambar ikan cupang kachen warochai

Cupang Kachen Worachai termasuk satu dari sekian banyak jenis cupang termahal yang menarik untuk dibudidayakan. Anda harus mengeluarkan dana hingga 20 juta rupiah untuk mendapatkan satu ekor Cupang Kachen Worachai. Tingginya harga jual didasari dari keunikan warnanya yang menyerupai bendera nasional Thailand.

2. Ikan Cupang Double Tail

Gambar ikan cupang double tail

Memiliki ekor terbelah menjadi dua bagian merupakan ciri khas yang dimiliki Cupang Double Tail. Berkat keunikannya inilah ikan hias ini pun dipatok dengan nilai jual yang cukup tinggi. Setidaknya satu ekor Cupang Double Tail dijual dengan harga 100 ribuan hingga 2 juta rupiah. Tidak heran jika ikan dengan visual memukau ini menarik dibudidayakan.

3. Ikan Cupang Fancy

Gambar ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy merupakan salah satu ikan cupang termahal di dunia yang berasal dari Thailand dan dapat ditemukan di beberapa negara lainnya termasuk Indonesia. Ikan aduan dengan ciri khas pada siripnya yang pendek dan memiliki ragam warna menarik ini berhasil mencuri perhatian para penggemarnya.

Baca juga:  Ikan Cupang Blue Rim: Yuk Kenali Seluk Beluk Dan Ciri Ikan Ini

Satu ekor cupang fancy dipatok dengan harga 100 ribuan hingga menyentuh angka 2 juta rupiah. Sedangkan untuk pakannya sendiri, Anda bisa memberikannya jentik nyamuk atau cacing berkualitas. Demi menjaga keindahan tubuhnya, Anda bisa memberikannya labu kuning atau wortel yang dicampurkan pada pellet.

4. Ikan Cupang Giant

Gambar ikan cupang giant

Sesuai namanya, cupang satu ini memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar dibandingkan jenis cupang pada umumnya. Ikan hias satu ini bisa memiliki panjang tubuh mencapai 15 cm. Nilai jualnya sendiri cukup bervariasi, dimana anakan cupang giant dipatok dengan harga mulai dari 50 ribuan per ekornya. Sedangkan cupang giant petarung dewasa dipatok dengan harga 500 ribu hingga 1 jutaan per ekor.

Tingginya nilai jual tidak hanya didasari dari ukuran tubuhnya semata, melainkan tingkat kesulitan perkawinan silang untuk menghasilkan cupang giant sesuai keinginan. Dengan kata lain, ikan cupang termahal di dunia ini tidak bisa ditemukan pada habitat aslinya. Karena ukuran tubuhnya lebih jumbo, otomatis Anda harus mempersiapkan akuarium lebih besar yang dilengkapi aerator.

5. Betta Half Moon

Gambar betta half moon

Siapa yang tidak mengenal ikan hias hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder asal Amerika Serikat ini ? Keunikan utamanya terlihat dari bentuk sirip ekornya tampak simetris bak bulan setengah. Keindahannya semakin terpancarkan dari corak warnanya yang beragam mulai dari biru pekat, ungu, hingga kuning yang disebut langka.

Ikan hias satu ini dipatok dengan harga mulai dari 80 ribuan hingga menyentuh angka jutaan rupiah per ekornya. Tingginya nilai jual tergantung pada corak dan kondisi fisik sang ikan. Silahkan berikan pakan berkualitas demi menjaga keindahan corak tubuhnya. Apakah Anda tertarik membudidayakan ikan cupang termahal di dunia ini ? 

Baca juga:  Yuk Kenali Karakteristik Ikan Cupang Sarawak yang Populer untuk Dipelihara

Itulah beberapa jenis cupang yang dipatok dengan harga selangit berkat keunikan corak warnanya. Meski harus mengeluarkan dana tinggi, namun hal ini tidak menurunkan minat para penggemarnya untuk memilikinya sebagai koleksi atau bahkan membudidayakannya. Apakah Anda tertarik memiliki satu diantara sekian banyak jenis cupang termahal yang ada di dunia ?