Memiliki Harga Fantastis, Berikut Daftar Jenis Ikan Cupang Termahal Di Dunia

 
Bagikan artikel ini

Memiliki harga fantastis, berikut daftar jenis ikan cupang termahal di dunia. Ikan cupang tampak menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh penduduk Indonesia. Demam ikan cupang sempat menyerang beberapa tahun belakangan ini. Berbagai jenis cupang memiliki harga yang sangat fantastis. Tahukah anda jenis apa saja yang menjadi incaran kolektor? Simak daftar ikan cupang termahal sebagai berikut.

Daftar Koleksi Ikan Cupang Termahal Dengan Harga Selangit

Berbicara mengenai ikan cupang termahal, tentunya ada 9 jenis ikan yang memiliki harga selangit. Perhatikan dengan seksama ulasan dibawah ini.

1. Kachen Worachai

ikan cupang termahal
Ikan Cupang Termahal: Kachen Worachai

Kachen Worachai menjadi salah satu jenis ikan cupang yang memiliki rekor harga fantastis. Bagaimana tidak, Kachen Worachai dibanderol dengan harga 20 juta satu ekornya, bahkan bisa lebih. Tentu untuk mendapatkan hal tersebut sebuah ikan cupang harus memiliki sebuah keunikan dibandingkan dengan jenis lain. Cupang ini terkenal karena memiliki corak yang menyerupai bendera Thailand.

Nama Kachen Worachai sebenarnya diambil dari nama pemiliknya yaitu Kachen Worachai. Memiliki corak yang unik mampu mendongkrak harga peliharaan yang satu ini. Hingga sekarang jenis Kachen Worachai menjadi salah satu jenis ikan cupang yang pernah dijual dengan harga termahal di dunia. Popularitasnya juga kian meningkat karena coraknya yang jarang ditemukan.

2. Cupang Fancy

ikan cupang termahal
Cupang Fancy, Sumber: Freepik

Kata “fancy” memiliki arti “mewah”. Kata tersebut memang cocok untuk menggambarkan ikan cupang yang satu ini. Sama sama berasal dari Thailand, cupang fancy memiliki corak yang berbeda, tapi  tak kalah menarik. Ikan cupang fancy memiliki sirip yang menyerupai sebuah lukisan. Tidak heran jika harganya sangat mahal.

Ikan cupang termahal yang satu ini memiliki corak yang sangat khas sehingga membuat para kolektor tertarik. Warna dan coraknya yang beragam membuat harganya sangat bervariasi. Semakin indah paduan warna dan motifnya, harganya semakin melambung. Sekilas cupang fancy terlihat mirip dengan cupang plakat namun sirip nya lebih pendek.

Ikan cupang fancy yang pernah menang di sebuah ajang perlombaan dapat dipastikan memiliki harga yang jauh lebih mahal. Ikan ini bisa mencapai harga 2 juta rupiah. Secara umum kisaran jenis fancy yaitu 100 ribu hingga 350 ribu rupiah. Apabila tertarik, anda dapat membelinya di toko ikan hias. Para penjual memasarkannya mulai dari anakan hingga dewasa.

3. Ikan Cupang Plakat

ikan cupang termahal
Cupang Plakat, Sumber: Desertcart

Pecinta ikan cupang pasti sudah tidak asing dengan jenis cupang plakat. Jenis yang satu ini tak kalah menarik untuk dimiliki. Bagaimana tidak, penampilannya yang gagah akan membuat akuarium anda semakin asyik dipandang. Dari segi ukuran, ikan cupang ini lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Ciri khas lainnya yaitu mereka memiliki sirip dan ekor yang pendek dan tumpul.

Baca juga:  Berkenalan dengan Ikan Cupang Black Samurai, Asal Usul dan Cirinya

Tidak hanya ukuran tubuhnya yang membuat ikan tersebut terlihat gagah, coraknya yang gelap dan tidak terlalu mencolok membuatnya terlihat lebih maskulin. Keunikan inilah yang membuat harga jenis plakat lebih mahal dibandingkan biasanya. Kisaran harganya juga tergantung dari umur ikan. Biasanya jenis ini dibanderol dengan harga mulai dari 60 ribu hingga 2 juta rupiah.

4. Ikan Cupang Double Tail

ikan cupang termahal
Cupang Double Tail, Sumber: Buildyouraquarium

Sesuai dengan namanya, ikan cupang double tail memiliki bentuk ekor yang tidak biasa. Terlihat bahwa ekornya seolah terbelah menjadi dua. Keunikan tersebut membuat ikan ini terlihat sangat elegan dan menawan. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik memeliharanya. Kisaran harga ikan cupang termahal ini mencapai 1,5 juta rupiah.

Pilihlah ikan cupang double tail yang aktif ketika hendak membeli. Sangat disayangkan apabila ikan tersebut tidak banyak bergerak. Ketika menggunakan kedua sirip nya, double tail terlihat sangat indah. Bentuk lingkaran simetris akan membuatnya semakin menawan. Belum lagi ditambah dengan keunikan ekornya yang terlihat lebih cantik ketika bergerak.

5. Ikan Cupang Halfmoon

ikan cupang termahal
Cupang Halfmoon, Sumber: Freepik

Masih sama seperti Ikan Cupang Double Tail, jenis halfmoon juga mendapat penamaan yang sesuai dengan bentuk ekornya. Cupang halfmoon memiliki ekor yang terlihat utuh menyerupai setengah bulan. Ekor yang lebar membuat pecinta cupang selalu ingin memilikinya. Tidak hanya bentuknya yang unik, halfmoon memiliki warna yang beragam.

Pilihan warna yang tersedia untuk jenis halfmoon diantaranya adalah biru pekat, ungu, dan merah. Sedangkan warna yang paling langka adalah kuning. Hingga saat ini ikan cupang halfmoon memiliki kisaran harga yang sangat variatif. Ikan tersebut bisa anda bawa pulang dengan membayar harga mulai dari 40 ribu hingga 500 ribu.

6. Ikan Cupang Crowntail

ikan cupang termahal
Cupang Crowntail, Sumber: Fishkeepingworld

Indonesia patut bangga karena memiliki jenis ikan cupang yang khas. Ikan Cupang Crowntail sebagai salah satu ikan cupang termahal di dunia ternyata dikembangbiakkan oleh peternak Indonesia. Ikan ini memiliki sirip ekor yang sangat unik. Bagaimana tidak, bentuknya terlihat seperti layar yang sobek. Ada juga orang yang berpendapat bahwa ekornya tampak seperti sisir.

Jenisnya yang memang berasal dari Indonesia membuat Crowntail lebih mudah ditemukan. Hampir semua toko ikan hias menjualnya. Meskipun begitu, keunikannya tetap menjadi tolak ukur. Harga jual ikan yang satu ini bisa mencapai 300 ribu tergantung dengan ukuran, umur, dan keindahannya. Pilihan coraknya juga sangat beragam sehingga tidak heran banyak peminatnya.

Kabarnya ikan cupang crowntail menjadi salah satu jenis ikan cupang yang mampu menurunkan jumlah wabah demam berdarah. Ikan ini memiliki nafsu makan yang baik terhadap jentik jentik nyamuk. Kabarnya mereka bisa melahap 80 jenis jentik nyamuk padahal biasanya ikan cupang lain hanya bisa memakan 10 jentik nyamuk sekali makan.

Baca juga:  Yuk Kenali Ciri Ciri Ikan Cupang Plakat Serta Cara Tepat Merawatnya di Sini

Ikan cupang crowntail dikenal memiliki gerakan yang cukup agresif. Oleh karena itu pastikan untuk melihat bagaimana gerakan mereka sebelum membelinya. Crowntail yang sehat dan bugar memiliki tingkah yang aktif. Selain itu warnanya sangat mencolok membuatnya jauh dari kesan kusam.  Pastikan anda tidak kecewa setelah membawanya pulang ke rumah.

7. Cupang Slayer

ikan cupang termahal
Cupang Slayer, Sumber: Goodnewsfromindonesia

Ikan cupang slayer memiliki citra yang cukup baik di tengah penikmat keindahan ikan cupang. Jenis slayer bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko ikan hias. Cupang slayer merupakan perkawinan silang dari jenis halfmoon dan serit. Ciri khas ikan tersebut yaitu mereka memiliki sirip yang sangat lebar bahkan mengalahkan ukuran tubuhnya. 

Ukuran siripnya yang terbentang lebar membuat gerakan cupang slayer terlihat lebih atraktif. Selain itu warnanya yang didominasi dengan warna terang membuatnya semakin mencolok. Pandangan mata anda pasti dipastikan tidak dapat lepas dari ikan cupang termahal yang satu ini. Warna favorit yang banyak dipilih oleh para kolektor yaitu oranye, merah dan kuning.

Ikan cupang slayer memiliki kisaran harga yang cukup fantastis. Satu ekor ikan jenis ini dibanderol dengan harga mencapai 500 ribu. Biaya yang harus dikeluarkan tentu sangat bervariasi tergantung dengan warna, corak, dan ukuran. Selain itu tempat anda membeli juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga.

8. Cupang Giant

ikan cupang termahal
Cupang Giant, Sumber: Coburgaquarium

Sesuai dengan namanya yang menggunakan istilah “giant” tampaknya anda sudah dapat menduga bagaimana bentuk tubuh jenis cupang yang satu ini. Badannya jauh lebih besar dibandingkan jenis cupang lain. Kabarnya bisa mencapai ukuran 2 atau 3 kali lipat cupang biasa. Semakin besar ukurannya akan membuat jenis ini semakin mahal.

Warnanya yang sangat variatif membuat para kolektor semakin tertarik. Jenis ini sering juga digunakan sebagai indukan dan dikawinkan dengan jenis lain agar anakannya memiliki corak yang lebih beragam. Kisaran harga ikan ini sangat variatif. bahkan harganya bisa tembus 200 ribu. Meskipun begitu di beberapa lokasi dijual dengan harga mencapai 5 juta.

Tidak hanya ukuran tubuhnya jumbo, jenis giant terkenal memiliki sorot mata yang tajam. Kabarnya sorot mata ikan ini menyerupai mata ikan hiu yang tajam dan agresif. Ditambah dengan tubuhnya yang kekar membuat ikan tersebut semakin unik dan cocok dijadikan sebagai ikan peliharaan yang spesial.

9. Ikan Cupang Aduan

Cupang Aduan, Sumber: Pinterest

Ikan cupang aduan merupakan jenis ikan cupang termahal yang memiliki sifat sangat agresif. Ketika diadu, ikan ini akan menyerang lawannya tanpa ampun. Secara fisik biasanya ikan cupang aduan memiliki benjolan di bagian kepala menyerupai ikan arwana. Meskipun memiliki sifat yang kejam, cupang ini memiliki corak warna yang sangat indah.

Baca juga:  Mengintip Asal Usul Ikan Cupang Avatar Beserta Ciri Cirinya

Ikan cupang dengan corak warna yang unik memang cocok untuk dijadikan sebuah koleksi. Harganya yang fantastis dan kerap diburu oleh kolektor membuat pedagang ikan cupang semakin menjamur. Meskipun memiliki harga yang mahal, tampaknya hal tersebut tidak menyurutkan minat para pecinta ikan hias untuk membelinya.

Tanya Jawab Seputar Ikan Cupang Termahal

Dikarenakan ini merupakan bahasan ikan cupang termahal, biasanya akan ada banyak sekali pertanyaan yang muncul. Berikut ini ulasan juga bersama dengan jawaban terbaik yang bisa disampaikan dibawah ini.

Ikan cupang termahal jenis apa?

Ikan cupang termahal dan tercatat adalah Kachen Worachai. Terdapat tiga warna merah, putih dan biru yang seakan terlihat seperti warna dari bendera negara Thailand. Dari keunikan warna ikan cupang ini sempat dilelang secara online dan laku sedangan harga 1.530 USD atau setara dengan Rp. 20 juta an untuk satu ekor.

Kenapa ikan cupang harganya mahal?

Faktor yang membuat cupang mahal harganya dilihat dari kombinasi warna yang terdapat pada tubuhnya. Hal tersebut masuk kedalam kategori unik dan akan lebih menarik perhatian untuk pecinta ikan hias air tawar. Selain dari warna, cara pengembangbiakan ikan cupang hias tidak gampang untuk dilakukan dengan cepat. Itu juga menjadi faktor kuat yang menjawab kenapa ikan cupang harganya bisa mahal.

Apa itu ikan cupang giant?

Ikan cupang yang memiliki tubuh besar dibandungkan dengan cupang jenis lainnya. Badannya bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat lebih besar, sesuai dengan namanya “giant”. Tidak hanya badannya yang terlihat jumbo, ikan ini juga mempunyai sorot mata yang lebih tajam dan lebih agresif.

Cupang yang bagus seperti apa?

Dilansir dari Santonorice, sebelum memiliki ikan cupang perlu diketahui ciri-cirinya. Seperti dari warna, kondisi sirip, tubuh tidak memiliki benjolan dan pergerakan dari ikan cupang. Perhatikan ulasannya dibawah ini.

Warna: Anda harus melihat warnanya dengan teliti. Pastikan melihat ikan cupang dengan warna yang cerah, jangan sampai kusam dan pucat.

Kondisi sirip: Perlu diperhatikan sirip ikan cupang tersebut harus dalam kondisi yang baik. Seperti, tidak ada yang rusak ataupun sobek.

Bersih dari benjolan: Tidak adanya benjolan pada tubuh ikan cupang menandakan tidak adanya parasit yang menempel.

Gerakan: Ikan cupang pada umumnya sangat agresif. Harus perhatikan dan pastikan gerakan dari ikan cupang agresif atau tidak.

Kesimpulan

Dari ke 9 jenis dari ulasan ikan cupang termahal dengan harga selangit diatas. Tentu jika anda adalah seorang kolektor, pastinya akan memilih jenis Kachen Worachai. Bukan hanya harganya saja yang berbilang sangat fantastis, namun dari keunikan warnanya membuat ikan ini menjadi juara dibandingkan dengan jenis lainnya.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai memiliki harga fantastis, berikut dengan daftar jenis ikan cupang termahal di dunia. Sampai jumpa di lain kesempatan, terima kasih.