9 Jenis Ayam Aduan Terkuat

Diposting pada

Jenis ayam aduan terkuat – Sabung ayam merupakan tradisi sejak lampau yang masih kerap dilakukan. Meski sudah terbilang jarang, pertandingan antar ayam jago kerap menawarkan keseruan tersendiri. Namun tidak semua jenis unggas dapat di pertarungkan. Sebab hanya ada beberapa jenis ayam aduan terkuat yang biasa di pertemukan pada saat diadakannya kontes ayam petarung. Belum lagi butuh perawatan serta pelatihan ekstra agar membuat kemampuan ayam peliharaan lebih kuat dan mampu mengalahkan lawan.

Jenis ayam aduan terkuat
Jenis ayam aduan terkuat

inilah 9 Jenis Ayam Aduan Terkuat

1. Ayam bangkok

Gambar ayam bangkok
Gambar ayam bangkok

Ayam bangkok bisa dibilang merupakan jenis ayam aduan terkuat yang sudah lama dikenal. Unggas berasal dari Thailand ini terkenal akan gaya bertarung yang cerdas. Apalagi jenis ayam ini dikenal pantang menyerah dalam bertanding. Maka dari itu lawan akan di buat kesulitan dalam menandingi keagresifan ketika menyerang maupun bertahan.

Kelebihan lain dari ayam bangkok ialah pukulan keras yang mampu dikeluarkan. Pukulan tersebut bahkan kerap menjadi senjata andalan dalam melumpuhkan lawan. Dengan banyak kelebihan itulah yang membuat tak salah ayam bangkok menjadi andalan untuk kompetisi sabung ayam.

2. Ayam Saigon

Gambar ayam saigon
Gambar ayam saigon

Ayam Saigon menjadi jenis ayam aduan terkuat yang memiliki ciri khas unik. Tidak seperti kebanyakan unggas lain, ayam ini tidak berbulu pada bagian leher. Maka dari itu Kamu yang pernah melihat akan langsung mengetahui identitasnya. Namun tahukah Kamu bahwa ayam ini bukan asli dari Indonesia melainkan berasal dari Vietnam.

Baca juga:  Mengenal Ayam Bangkok F1 Asli Thailand

Kelebihan ayam Saigon terletak dari segi fisik yang mumpuni. Ayam ini dikenal memiliki stamina kuat hingga mampu menahan serangan lawan. Ketangguhan ayam memang menjadi keunggulan jenis ini. Sayangnya kelemahan ditemukan pada bagian leher yang mana tanpa bulu menjadi titik penyerangan yang berbahaya yang mudah di lukai.

3. Ayam Birma

Gambar ayam birma
Gambar ayam birma

Jenis ayam aduan terkuat ini menawarkan kelebihan yang terbilang lengkap. Ayam Birma yang berasal dari Myanmar ini dikenal memiliki kelincahan serta cerdas dalam bertarung. Maka dari itu gaya bertarung pun dikenal variatif serta cepat. Musuh dapat di lumpuhkan dengan serangan atau lompatan yang di miliki.

Sayangnya di balik kelebihan ada pula kelemahan. Kekurangan ayan Birma berasal dari fisik kecil pada unggas. Maka dari itu akan kesulitan jika menghadapi lawan yang memiliki ciri tubuh besar dan tinggi.

4. Ayam Pakhoy

Gambar ayam pakhoy
Gambar ayam pakhoy

Ayam Pakhoy kerap di bilang sebagai penumpas setan Birma. Rivalitas dua ayam ini memang tinggi akan tetapi sangat seru di amati. Kelebihan Pakhoy berada pada teknik dan serangan yang cerdas. Insting petarung ini memiliki keasahan yang mumpuni. Terlebih dengan kekuatan serangan yang berbahaya pula.

5. Ayam Aseel

Gambar ayam aseel
Gambar ayam aseel

Ayam Aseel bisa dibilang merupakan jenis ayam aduan terkuat yang paling tua di dunia.  Anggapan ini sudah lama muncul hingga beberapa menyebutnya sebagai legenda. Ada beragam kelebihan yang terpancar dari unggas ini. Misalnya gaya serangan agresif serta sikap pantang menyerah yang  di miliki.

Jika Kamu belum pernah mendengar sebelumnya pun terasa wajar mengingat di negara ini belum banyak yang membudi dayakan. Unggas petarung ini dikatakan berasal dari India dan sudah lama dijadikan ayam petarung handal.

6. Ayam Shamo

Gambar ayam shamo
Gambar ayam shamo

Jenis ayam aduan terkuat kali ini berasal dari negeri Jepang. Jenis ayam ini nampak berbeda yang mana terlihat memiliki fisik yang besar. Dalam segi sabung ayam, ayam ini terkenal memiliki banyak kelebihan. Fisik yang besar membuat pukulan serangan akan jauh lebih kuat. Pertahanan ayam pun dikenal mumpuni.

Baca juga:  6 Ciri Ayam Brahma Asli dan Tips Ternak Ayam Jenis Ini

Meski begitu, bagi Kamu yang berkenan memelihara maka sebaiknya atur pola makan hewan ini dengan baik. Mengingat jika tidak maka bobot badan akan menjadi berlebihan sehingga susah untuk bertarung.

7. Ayam Brazilian

Gambar ayam brazilian
Gambar ayam brazilian

Jenis ayam aduan terkuat kali ini datang dari negara Brazil. Ayam Brazilian memiliki kelebihan pada tingkat serangan yang tinggi. Apalagi unggas petarung ini dikenal cepat dalam melayangkan serangan kepada musuh. Sayangnya kelemahan ada pada daya tahan dari serangan yang terbilang lemah. Lebih jauh, ayam ini juga jarang ditemukan di Indonesia. Terdapat sedikit saja petani yang beternak terhadapnya.

8. Ayam Philipine

Gambar ayam philipine
Gambar ayam philipine

Ayam Philipine dikenal akan kecepatan serangan yang enerjik. Memiliki postur kecil dijadikan kelebihannya untuk pergerakan lebih fleksibel. Jenis ayam aduan terkuat ini lebih kerap dimasukan dalam kategori sabung taji. Alasan tersebut tidak lepas dari tingkat serangan yang tinggi.

Keagresifan ayam ini memang tidak perlu diragukan. Memiliki variasi dalam serangan juga menjadi andalannya. Bahkan ayam petarung ini dapat meloncat tinggi sewaktu menyerang. Bagian leher musuh kerap menjadi target empuk dalam penyerangan.

9. Ayam Siam

Gambar ayam siam
Gambar ayam siam

Ayam Siam menjadi pilihan unggulan untuk jenis petarung. Sebab gaya tarung yang di miliki terbilang mirip dari jenis Bangkok. Pukulan keras menjadi andalan untuk melumpuhkan musuh. Kelebihan lain terletak pada sikap pantang menyerah dalam menghadapi musuh. Bahkan ayam jenis ini dapat bertarung hingga mati. Tidak salah beberapa orang memilih jenis ayam aduan terkuat ini sebagai opsi.

Cara Merawat Ayam Kontes Laga

1. Jaga kebersihan kandang

Merawat ayam aduan tidak sepenuhnya sulit. Butuh ketelitian Kamu saja dalam memberi perawatan. Misalnya di mulai dari menjaga kebersihan kandang. Pemilik ada baiknya terus membersihkan kandang agar tidak ada kotoran yang terus menerus hinggap ke ayam petarung.

Baca juga:  Mengintip Ayam Bangkok Petarung Sadis dan Potensinya

2. Kelola pakan berkualitas

Pemberian pakan juga memberikan peranan penting. Tingkat pertumbuhan akan dipengaruhi pakan berkualitas yang diberikan. Maka dari itu jangan sampai Kamu melewatkan ini. Sesekali dapat pula mencampur dengan sayuran atau nasi sebagai selingan dalam pemberian.

3. Beri tambahan vitamin dan suplemen

Jangan lupa berikan vitamin serta suplemen untuk membantu pertumbuhan ayam. Selain itu fungsi juga akan berkaitan dengan kekuatan serangan, kecepatan dan lain-lain. Ada baiknya atur jadwal pemberiannya agar lebih maksimal.

4. Mandikan ayam

Jangan meremehkan untuk tidak memandikan ayam. Jenis petarung butuh untuk di mandikan setiap hari. Kamu dapat memandikan setiap pagi jika tidak hujan. Cukup gunakan saja air biasa untuk membersihkan setiap tubuhnya. Jangan gunakan air hangat yang justru bisa merusak kualitas bulu. Jangan pula menggunakan sabun yang justru tidak memberikan efek apapun.

5. Proses pengeringan

Setelah di mandikan tentu jangan sampai lupa untuk dikeringkan. Jemur ayam beberapa saat sampai kering. Maksimal penjemuran yang baik sampai pukul 10 pagi yang mana masih terdapat Vitamin D. Berikan alas berupa bebatuan atau kayu agar ayam tidak kotor kembali sewaktu di jemur.

6. Asah kemampuan fisik dan mental

Setelah berusia 6 bulan atau lebih penting sekali untuk mengasah kemampuan ayam petarung. Kamu dapat memberikan pelatihan berupa melawan ayam lain. Latihan tanding di butuhkan untuk membentuk mental kuat pada ayam.

Itulah beragam informasi mengenai jenis ayam aduan terkuat. Pada dasarnya setiap jenis memiliki keistimewaan tersendiri. Maka dari itu butuh perawatan yang maksimal untuk mengeluarkan potensi yang di miliki.