Yuk Cek 5 Jenis Cupang Halfmoon Yang Hadir Dengan Banyak Varian Warna

Diposting pada

Jenis cupang halfmoon – Apa sih yang membuat ikan cupang mulai banyak digemari lagi? Tidak hanya harganya yang sangat fantastis, tapi variannya pun sangat beragam. Tidak hanya itu, keindahan sirip dan ekor yang gemulai hingga sifat yang cenderung agresif justru banyak dilirik penggemar hobi ini. Semua itu bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis cupang halfmoon berikut ini.

Macam Macam Jenis Ikan Cupang Jenis Halfmoon Cantik 

Halfmoon Butterfly

Jenis cupang halfmoon butterfly

Jenis cupang yang satu ini memang sekilas tampak seperti halfmoon pada umumnya. Sirip dan ekornya tampak menyatu menyerupai bulan setengah lingkaran. Sedangkan badannya cukup besar seperti plakat. Namun, ada satu hal yang membuatnya unik. Yaitu bentuk siripnya juga tampak layaknya kipas yang sangat lebar.

Namanya sendiri disematkan tak lain karena tampilannya siripnya yang mirip sayap kupu kupu. Terutama saat si ikan mulai memamerkan siripnya atau ingin bertarung. Ikan ini justru tampil seakan akan mengepakkan sayapnya yang begitu lebar. Karena keunikan inilah, harga dari ikan ini bisa mencapai kisaran 150 ribu per ekornya.

Halfmoon Dumbo Ear

Gambar halfmoon dumbo ear

Kalau Anda ingin ikan cupang yang tampak sangat elegan, jangan sampai melewatkan jenis cupang halfmoon dumbo ear. Namanya sendiri menandakan bahwa ikan ini memiliki kesan berkuping gajah. Padahal kuping tersebut adalah siripnya yang besar dan bagaikan rok. Dipadukan dengan sirip halfmoon dan sirip besar, ikan anggun hasil perkawinan silang ini juga dibanderol 150 ribuan.

Halfmoon Lavender

Halfmoon Lavender

Cupang halfmoon yang satu ini dinamai lavender karena tubuh, sirip, dan ekornya memiliki perpaduan warna merah, biru, serta ungu. Alhasil, tampak layaknya bunga lavender yang cantik dengan tampilan corak merah keunguan. Menariknya, ikan ini juga memiliki sirip yang begitu lebar dan segar untuk dipandang.

Baca juga:  Pemula Wajib Tahu! Berikut 5 Jenis Ikan Cupang Yang Mudah Dibudidayakan

Dibanderol dengan harga sekitaran 100 ribu per ekornya, halfmoon lavender adalah favorit transaksi impor dan ekspor. Peminatnya pun sudah banyak dan semakin berkembang karena cocok untuk penggiat hobi memelihara ikan. Jika Anda berminat untuk mencoba merawat ikan ini, pastikan untuk memahami segala tentang perawatannya. 

Halfmoon Koi

Halfmoon Koi

Jenis cupang halfmoon dengan akhiran koi ini tidak disebut demikian tanpa adanya alasan. Nama koi sendiri muncul karena corak yang dimiliki ikan ini mirip dengan ikan koi. Warna yang hadir cenderung perpaduan orange, merah, coklat, atau putih yang mana berbentuk blok dan totol. Begitu populernya, ikan unik yang satu ini dipasarkan dengan harga 80 ribuan. 

Halfmoon Fancy

Halfmoon Fancy

Kalau berbicara tentang ikan cupang, pasti tidak akan luput dari jenis yang satu ini. Cupang fancy dikenal dengan kombinasi warna yang cenderung mencolok bahkan tampak metalik. Warna tersebut bisa saja terdiri dari putih, merah, biru, hingga hitam. Dengan perpaduan warna yang cukup semburat dan random, tidak heran jika banderolnya cukup rendah.

Tidak jarang cupang fancy dengan sirip halfmoon dijual dengan harga kurang dari 50 ribuan. Tentunya, banderol tersebut bisa berubah seiring dengan kualitas dan keunikan ikan itu sendiri. Meski demikian, sirip ikan cupang halfmoon yang besar dan perpaduan warna fancy kerap menghasilkan corak merah keunguan, warna biru gelap, terang, bahkan transparan.

Meski dikenal sebagai ikan agresif, suka menyerang, dan bertarung, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa jenis halfmoon punya keindahan tersendiri. Bentuk sirip begitu besar layaknya bulan setengah lingkaran bergerak secara gemulai. Warna dan corak yang beragam pun membuatnya indah untuk dipandang, karenanya ikan ini pun masih banyak dicari.