Mengenal Jenis Jenis Kucing Mixdome Menarik untuk Dipelihara

 
Bagikan artikel ini

Mengenal jenis jenis kucing mixdome menarik untuk dipelihara. Jenis jenis kucing memang banyak sekali macamnya. Salah satu yang paling banyak diminati adalah kucing mixdome. Kucing asli tidak banyak digemari karena memiliki perawatan yang lumayan mahal dan ribet. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk memelihara kucing mixdome.

Saat ini banyak yang memilih untuk memelihara jenis jenis kucing campuran dan lokal. Hal ini karena kucing jenis mixdome cenderung murah dan bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk mengadopsinya.

Kucing campuran atau yang sering dikenal dengan sebutan kucing mixdome merupakan jenis jenis kucing yang memiliki pesona hampir sama dengan jenis ras asli. Apakah itu kucing mixdome? Kucing mixdome merupakan jenis jenis kucing yang berasal dari ras kombinasi dari dua atau lebih breed yang berbeda.

Jenis Jenis Kucing
Jenis Jenis Kucing

Inilah Jenis Jenis Kucing Mixdome yang Bisa Jadi Pilihan untuk Dipelihara

Berdasarkan jenis kucing mixdome yang ada, sekitar 20 jenisnya banyak dicari oleh para kolektor kucing, antara lain sebagai berikut.

Tuxedo Mixdome
Tuxedo Mixdome

Tuxedo Mixdome

Kucing jenis tuxedo mixdome merupakan kucing dengan ras campuran yang paling banyak diminati. Hal ini dikarenakan kucing jenis ini memiliki bentuk tubuh yang proporsional dan  tampak elegan. Ciri-ciri umum dari kucing ini adalah memiliki bulu berwarna dominan dua jenis,  yaitu hitam dan putih. Bulunya cenderung pendek hingga sedang.

Anak Kucing Moggy
Anak Kucing Moggy

Short Hair

Kucing bulu pendek yang cukup populer adalah jenis moggy. Kucing ini memiliki berbagai macam warna, tanda, dan juga ukuran. Hal ini berlaku juga dari bentuk kepala dan tubuhnya. Ciri-ciri umum dari kucing ini adalah berotot kuat dan perawakan yang besar. Di bagian cakarnya berbentuk bulat. Kucing ini memiliki kekebalan tubuh yang baik dan aktif.

Baca juga:  Kenapa Mata Kucing Berair? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kucing Persia Medium
Kucing Medium Hair

Medium Hair

Kucing berjenis medium hair ini merupakan kucing yang memiliki ukuran tubuh sedang dan berotot. Sifat kucing ini, yaitu lincah, senang bermain, jinak, dan banyak bicara.

Kucing Tubby Mix Dome
Kucing Red Tubby Mix Dome

Tabby Mixdome

Kucing ini memiliki tanda khusus, yaitu pola bulunya yang bergaris dan tampak berpencar. Warna kucing ini terdiri dari abu-abu, cokelat, atau oranye. Di bagian kaki dan dada tampak berwarna putih.

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Maine Coon

Jenis jenis kucing ini cukup banyak diminati dan memiliki tanda khusus. Bulunya sendiri tampak berukuran sedang dan memiliki tubuh yang besar. Di bagian ekor pendek dan panjang menyerupai bulu kemoceng. Kucing ini sendiri membutuhkan perawatan yang ekstra agar bulunya tetap indah.

Kucing Siam
Kucing Siam

Siam Campuran

Kucing siam campuran ini memiliki usia di kisaran 12-15 tahun. Ciri khusus kucing ini terletak pada bagian telinga, ekor, kaki, dan wajah yang memiliki warna lebih terang dibandingkan bagian tubuh lainnya. Warna kucing jenis ini antara kecokelatan, keunguan, atau kebiruan. Kucing ini sendiri memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cerdas. Tak hanya itu, kucing ini juga cenderung mandiri dan memiliki watak lembut. Jangan heran jika kucing ini sering ikut kemana saja pemiliknya pergi.

Kucing Birman
Kucing Birman

Campuran Birman

Kucing ini banyak diminati karena warna pada bulunya yang cenderung unik. Kucing ini memiliki bulu yang lembut dan halus. Matanya berwarna biru safir sehingga tampak indah. Tak hanya itu, bulunya juga memiliki warna keemasan sehingga tampak sangat cantik. Meski begitu, dibalik keindahannya kucing ini tergolong pemalu pada orang asing namun jika sudah kenal kucing ini akan senang diajak bermain.

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

Ragdoll

Selain jenis jenis kucing di atas, masih ada kucing ragdoll yang berwajah manis, bulat, dan mata yang besar. Bulu kucing ini tampak mewah dan elegan jika dirawat dengan benar. Bentuk tubuhnya sendiri cenderung ramping dengan warna merah, ungu, cokelat, krem, dan juga biru. Bobot kucing ini berkisar antara 8-15 kg.

Baca juga:  Perawatan Kucing Himalaya yang Perlu Dilakukan
Kucing Himalaya
Kucing Himalaya

Himalaya

Karakteristik kucing ini terletak pada bulunya yang lebat, panjang, dan cenderung lembut. Kucing ini begitu identik dengan kemewahan sehingga banyak disukai oleh kolektor kucing. Bulunya yang berwarna kebiruan menambah kesan cantik ketika dipandang.

Calico Munchkin
Calico Munchkin

Munchkin Mixdome

Meski cukup sulit ditemukan, akan tetapi kucing ini masih banyak diminati. Karakteristik dari kucing ini adalah bagian tubuh kakinya yang pendek dan memiliki badan yang cenderung mungil.

Kucing American Curl
Kucing American Curl

American Curl

Tubuhnya berukuran kecil hingga sedang. Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki bentuk telinga yang keriting.

Kucing Burma
Kucing Burma

Campuran Burma

Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang besar namun pendek.  Warna bulunya bermacam-macam, yaitu hitam, cokelat, ungu, krem, merah, dan bahkan perak. Ketika menginginkan sesuatu, kucing ini terkadang memiliki keinginan yang spesifik. Uniknya, kucing ini bisa memperlihatkan ketidaksukaannya akan sesuatu hal.

Wikipedia: Kucing Cymric
Wikipedia: Kucing Cymric

Campuran Cymric

Kucing ini memang masih tampak asing di telinga. Namun, kucing ini memiliki tanda khusus yaitu bagian bulunya yang tebal dan juga halus.

Kucing Revon Rex
Kucing Revon Rex

Campuran Devon Rex

Kucing ini memiliki bulu yang pendek dan juga keriting. Warna bulunya juga cenderung berwarna krem, cokelat, dan biru hampir serupa dengan macan tutul dan juga cerpelai.

Kucing Kurilian Bobtail
Kucing Kurilian Bobtail

Campuran Kurilian Bobtail

Kucing ini sangat mudah dikenali dari bagian tubuhnya yang tampak berotot. Kucing ini sendiri hampir sama dengan kucing liar yang sering kamu jumpai.

Wikipedia: Kucing Manx
Wikipedia: Kucing Manx

Campuran Manx

Kucing ini memiliki tampilan tubuh berukuran sedang hingga besar dan memiliki bulu pendek namun padat. Kucing campuran manx ini sendiri tergolong langka dan mahal untuk diadopsi.

Kucing Persia Medium
Kucing Persia Medium

Campuran Persia

Kucing ini banyak dipelihara di rumah-rumah. Karakteristiknya sendiri adalah berbulu panjang dan tampak manja karena sangat haus akan perhatian.

Baca juga:  Begini Cara Merawat Kucing Sakit di Rumah Paling Ampuh!
Kucing Ragamuffin
Kucing Ragamuffin

Campuran Ragamuffin

Kucing ini adalah salah satu dari jenis jenis kucing yang sulit untuk diadopsi. Cirinya sendiri tampak pada wajah lucu nan imutnya dengan mata yang besar. Ukuran tubuh kucing ini tampak besar dengan bulu panjang yang mengkilap.

Kucing Hutan Norwegia
Kucing Hutan Norwegia

Kucing Hutan Norwegia Campuran

Kucing ini tampak berbeda dari jenis lainnya karena tubuhnya yang besar dan pertumbuhannya melesat pesat setelah menginjak usia 5 tahun. Ras kucing ini memiliki bulu panjang dan indah, dengan ekor berbulu dan juga bentuk telinga yang unik. Selain itu, kucing ini memiliki otot yang kuat dan kepala segitiga.

Kucing Siberia
Kucing Siberia

Campuran Siberia

Ras kucing Siberia berasal dari Rusia. Karakteristiknya terletak pada bulu berwarna putih, perak, cokelat, hingga kekuningan, biru, dan juga hitam. Kucing ini mempunyai umur yang cukup panjang berkisar antara usia 12-15 tahun.

Mengenal Ciri Kucing Blasteran antara Persia dan Kampung

Dari banyaknya jenis jenis kucing yang telah dibahas tadi. Kamu juga bisa mengenal ciri-ciri kucing blasteran Persia dan juga kampung. Berikut beberapa ciri-ciri kucing blasteran Persia dan kampung.

Bulunya Panjang dan Lebat

Salah satu ciri kucing ini adalah memiliki bagian bulu yang tampak panjang dan juga lebat.

Kaki Besar

Kucing jenis ini memiliki bentuk kaki yang lebih panjang dan besar.

Bentuk Wajah

Bentuk wajah kucing ini cenderung tidak rata dan hidung yang tidak terlalu pesek. Selain itu, bentuk wajahnya cenderung runcing meski tidak seruncing kucing kampung.

Telinga Besar dengan Jarak Berdekatan

Telinga pada jenis kucing ini cenderung besar dan jaraknya berdekatan.

Ciri-ciri di atas merupakan hasil persilangan kucing Persia dan kampung sehingga Anda bisa paham tentang jenis jenis kucing yang ada dan cocok untuk dipelihara di rumah.

Kesimpulan

Demikian tadi ulasan seputar jenis jenis kucing yang harus kamu kenali sebelum memutuskan untuk mengadopsinya di rumah. Akan tetapi, kamu harus paham benar cara merawatnya agar tidak salah dalam mengurus serta menjaga kucing-kucing tersebut.