Model Kandang Ayam Bangkok yang Bagus

Diposting pada

Kandang ayam bangkok yang bagus – Ayam Bangkok tidak bisa dirawat sembarangan, perawatan yang baik akan menghasilkan ayam Bangkok yang kuat dan sehat. Salah satu bagian penting dari ayam adalah kandangnya. Kandang ayam Bangkok yang bagus tentu harus dibuat sesuai dengan karakter ayam tersebut.

Kandang ayam bangkok yang bagus
Kandang ayam bangkok yang bagus

Tips Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Bagus

Ada beberapa jenis kandang ayam yang sering digunakan untuk beternak ayam Bangkok, diantaranya adalah:

Kandang untuk Anak Ayam

Gambar kandang untuk anak ayam
Gambar kandang untuk anak ayam

Jenis yang pertama adalah kandang untuk anak ayam, biasanya bentuknya lebih kecil dan dibuat seperti boks. Besarnya bisa disesuaikan dengan besar anak ayam Bangkok yang ada di dalamnya.

Ada tujuan pembuatan kandang ayam ini, yakni memuat anak ayam Bangkok yang baru menetas terpisah dengan ayam yang sudah dewasa. Dengan pemisahan tersebut, pengawasan terhadap kesehatan anak ayam Bangkok bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Untuk ukuran kandang ayam Bangkok yang bagus untuk anakan adalah 1 x 1 meter, bisa juga 2 x 1 meter. Kandang tersebut bisa dibuat dengan berbagai bahan, mulai dari bambu, jaring kawat sebagai alas atau menggunakan papan kayu yang diiris tipis.

Kandang Ayam Bangkok Dewasa

Gambar kandang ayam bangkok dewasa
Gambar kandang ayam bangkok dewasa

Jika ayam sudah dewasa, ayam bisa dipindahkan ke kandang yang lebih besar. Waktu ideal untuk pemindahan ayam tersebut adalah 3 bulan, setelah 3 bulan ayam memiliki ukuran yang lebih besar sehingga kandang ukuran kecil malah akan membuatnya sulit bergerak.

Baca juga:  Makanan Anak Ayam Bangkok

Jika Anda ingin menggunakan ayam Bangkok untuk aduan atau petarung, pisahkan dengan ayam lain. Akan lebih baik ia memiliki kandang individu agar tidak bertarung dengan ayam yang lain. Ayam yang tumbuh sendiri akan mendapatkan nutrisi yang lebih baik karena tidak perlu berebut dengan ayam yang lain.

Kandang ayam model ini bisa dibuat dengan bambu atau papan kayu. Ukuran yang direkomendasikan adalah 1 x 1 meter untuk satu ekor ayam, sehingga ia lebih leluasa bergerak. Kandang ayam Bangkok yang bagus sebaiknya diberikan pembatas agar masing-masing ayam tidak berkelahi.

Kandang untuk Menjemur

Gambar kandang untuk menjemur ayam bangkok
Gambar kandang untuk menjemur ayam bangkok

Selain kandang untuk tempat tinggal, kamu juga bisa membuat kandang khusus untuk menjemur ayam. Kandang tipe ini biasanya dibuat untuk ayam yang sudah diprioritaskan sebagai ayam aduan. Ayam yang rutin dijemur akan membuatnya lebih kuat dan berkualitas dibanding ayam biasa.

Ketika menjemur ayam, kamu juga tidak boleh membiarkan satu ayam dan ayam yang lain berdekatan. Sebab ini akan memungkinkan keduanya untuk bertarung dan berkelahi, sehingga ada yang terluka.

Fungsi kandang ini opsional, namun jika kamu ingin kandang ayam Bangkok yang bagus, sebaiknya buat kandang ayam khusus untuk berjemur, sehingga membuat ayam lebih kuat dan berkualitas.

Kandang Umbaran

Gambar kandang umbaran ayam bangkok
Gambar kandang umbaran ayam bangkok

Kandang ini bisa dibuat bisa tidak, jika kamu ingin menggunakan ayam Bangkok sebagai ayam aduan, kamu tidak harus menggunakan dan membuat kandang umbaran. Kandang ini digunakan untuk mengistirahatkan ayam dan memudahkan proses perkawinan antar ayam.

Jika ayam yang kamu pelihara hanya sedikit, kamu bisa melepaskannya di sekitar rumah dan membiarkannya bebas. Tapi jika jumlahnya banyak, sebaiknya buat kandang umbaran agar lebih mudah dalam melihat dan mengawasi aktivitas ayam tersebut.

Cara Merawat Ayam Bangkok dengan Baik dan Benar

Untuk merawat ayam Bangkok, tidak hanya berpatokan pada kandang ayam Bangkok yang bagus saja. kamu juga harus merawatnya dengan baik, apalagi ayam Bangkok perawatannya sedikit berbeda dengan ayam kebanyakan. Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat ayam Bangkok.

Baca juga:  Yuk Kenalan Sama Ayam Bangkok Termahal di Thailand

Ayam Bangkok Usia Dibawah 6 Bulan

Ayam yang masih kecil harus dirawat dengan baik, perawatannya akan lebih bagus jika dilakukan satu persatu. Jika usianya sudah dewasa dan tubuhnya bertambah besar, geser ke kandang pribadi agar tidak lekas bertarung dengan ayam yang lain.

Ayam Bangkok yang khusus digunakan untuk aduan biasanya cukup aktif dan berusaha untuk bertarung. Karena itu, jika sudah berusia diatas 6 bulan, pisahkan kandangnya dengan ayam yang lain untuk memudahkannya hidup. Jangan lupa lepaskan ayam untuk membuat ototnya tetap sehat dan tidak kaku.

Pakan Ayam

Selain kandang ayam Bangkok yang bagus, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang dimakan oleh ayam. Ayam Bangkok biasanya diberi beras merah untuk menambah kekuatannya. Ini bisa diberikan sesuai dengan umur yang dimiliki ayam bangkok.

Frekuensi yang diberikan juga bisa disesuaikan, misalnya untuk waktu bisa 1-2 kali sehari pemberian beras merah. Jangan lupa diberikan air yang cukup agar ayam tidak haus dan mengalami dehidrasi. Untuk anak ayam, kamu bisa menggunakan bubuk bayi pur yang juga mudah didapatkan.

Makanan untuk Menggemukkan Ayam Bangkok

Agar ayam lebih gemuk, kamu bisa menggunakan beberapa bahan makanan di bawah ini. Masing-masing makanan tersebut bisa kamu kombinasikan dengan makanan sehari-hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Kamu bisa menggunakan jagung giling yang sudah digiling halus, campurkan dengan makanan pur ayam. Selain jagung giling, kamu bisa menambahkan dedak atau hasil penggilingan padi, ini akan membuat ayam lebih cepat kenyang.

Kandang ayam Bangkok yang bagus sebaiknya dekat dengan sumber air atau memiliki sumber air yang bisa diakses ayam, sehingga ayam bisa lekas minum jika haus. Sisa nasi juga bisa menjadi campuran makanan ayam yang harganya cukup terjangkau.

Baca juga:  9 Jenis Ayam Aduan Terkuat

Cara Melatih Ayam Bangkok

Agar menjadi ayam yang kuat, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan ayam Bangkok tahan bertarung. Cara-cara ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan di ayam Bangkok, bisa pula digunakan di ayam lain, yakni:

Memandikan Ayam

Cara ini bertujuan untuk menguatkan dan mengeraskan otot ayam. kamu bisa memandikan ayam secara rutin, misalnya 2-3 hari sekali atau satu minggu sekali. Ayam dengan otot yang kuat akan membuatnya tidak terkalahkan ketika bertarung.

Dijemur

Ayam yang baik dan kuat untuk jenis ayam Bangkok tidak hanya dimandikan, namun juga dijemur. Dengan dijemur, ayam akan memiliki stamina yang cukup untuk mengurangi lemak yang ada di dalam tubuhnya, sehingga bisa membentuk oto lebih baik.

Latihan Fisik

Kandang ayam Bangkok yang bagus sebaiknya cukup luas, agar ayam bisa melatih otot dan napas yang dimiliki. Napas ayam aduan harus dilatih dengan baik agar tidak mudah tumbang ketika bertarung dengan ayam yang lain.

Melakukan Sparing

Jika memungkinkan kamu bisa mengajak ayam lain untuk melakukan sparing. Tidak hanya fisik ayam yang harus diperkuat, namun juga mental ayam tersebut harus dilatih sebaik mungkin agar kepercayaan dirinya terbentuk.

Meski sederhana, kandang ayam Bangkok yang bagus akan membuat ayam Bangkok hidup lebih sehat dan kuat. Karena itu, sebelum bersiap untuk memelihara ayam Bangkok, perhatikan berbagai aspek yang diperlukan. Dari kandang, makanan hingga lingkungan yang kondusif untuk ayam.