Aneka Kandang Burung Lovebird yang Recomended

Diposting pada

Lovebird umumnya hidup hingga usia sepuluh tahun. Keunikan serta keistimewaannya tidak hanya terletak pada bulunya. Karakter yang lincah dan gemar bersiul menjadikan burung ini sangat mempesona. Agar sehat maka, perawatan kandang burung lovebird perlu diperhatikan.

Kandang burung lovebird
Source: bukalapak

Model kandang burung lovebird yang tersedia di pasaran sangat beragam dengan harga yang bervariasi pula. Pastikan Anda mengetahui kualitas kandang burung lovebird yang bagus, sehingga lovebird peliharaan Anda dapat hidup dengan nyaman.

Model Kandang Burung Lovebird dan Harganya

Jika dibenak Anda muncul pertanyaan bagaimana cara merawat burung lovebird? dengan baik tentunya. Maka sama halnya seperti manusia hidup, burung juga membutuhkan habitat atau rumah yang nyaman agar tidak stress menghadapi kondisi.

Kandang burung lovebird tak hanya berperan sebagai rumah saja, namun sebagian orang percaya bahwa sangkar juga dapat mempengaruhi keberuntungan Si burung. Berikut beberapa sangkar lovebird yang recomended.

1. Sangkar Burung Traveler

Sangkar Burung Traveler
Source: bukalapak

Sangkar Traveler merupakan salah satu kandang burung lovebird kecil hasil produksi dari Komunitas Lovebird Indonesia. Traveler adalah kandang burung lovebird dari kayu berkualitas dengan dilengkapi kawat besi yang kokoh.

Sangkar traveler memang sengaja didesain berbentuk minimalis agar mudah untuk dibawa kemana saja seperti nama yang disematkan ‘traveler’. Untuk ukurannya sendiri, sangkar ini memiliki panjang 40 X lebar 20 X tinggi 30 cm. Minimalis bukan?

Untuk memiliki kandang burung lovebird jenis traveler, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, harga sangkar lovebird ini masih tergolong sangat ekonomis melihat dari kualitasnya, yakni berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp. 400.000.

Harga yang dipatok tersebut sudah termasuk perlengkapan untuk hiasan kandang burung lovebird yakni berupa tempat hinggap dan juga tambahan mainan, agar lovebird Anda tidak mudah merasa jenuh.

2. Sangkar Burung Besi Dayang

Sangkar Burung Besi Dayang
Source: bukalapak

Kalau Anda mencari kandang burung lovebird dari baja ringan dan juga mudah untuk sering digunakan mengikuti kompetisi lovebird maka kandang burung lovebird jenis Besi Dayang merupakan pilihan yang tepat.

Desain sangkar burung besi dayang cukup sederhana, namun sudah dilengkapi tempat hinggap, ayunan berbentuk bulat di bagian atas sangkar, serta juga tempat menaruh makanan dan minuman untuk lovebird kesayangan Anda. Warna yang ditawarkan juga beragam.

Dengan desain sederhana membuat kandang burung lovebird Besi Dayang terlihat sangat mewah dan berkelas. Bahan untuk membuatnya adalah besi tipis kokoh dengan bentuk bulat. Ukurannya tergolong sedang yaitu diameter 40 dan tingginya 90 cm.

Harga yang dipatok untuk kandang burung lovebird Besi Dayang cukup ekonomis yaitu sekitar Rp 220.000, bahkan ada yang seharga Rp 29.000. Jika anda tertarik, untuk bisa membelinya dapat dilakukan secara online maupun membeli langsung di pasar burung.

3. Sangkar Burung Panda

Sangkar Burung Panda
Source: bukalapak

Rekomendasi kandang burung lovebird selanjutnya adalah sangkar burung Panda. Sangkar jenis Panda ini memiliki desain bulat, yang diberi pengait berupa lingkaran untuk  memudahkan jika ingin menaruh sangkar burung ditempat yang agak atau sangat tinggi.

Baca juga:  Inilah Jenis-Jenis dan Tips Merawat Lovebird Paskun yang Benar

Sarang burung lovebird terbuat dari apa? Untuk varian Panda ini terbuat dari besi yang masih tergolong ringan. Bentuknya minimalis dan estetik, dilengkapi dengan poin kayu yang berukuran 15 cm serta kaki lapisan di bagian bawah kandang yang memperindah tampilan.

Umumnya sangkar burung panda berwarna hitam atau putih, hal ini seperti sebutan yang diberikan untuk sangkar jenis ini, yaitu identik dengan warna panda yang putih dan hitam.

Ketersediaan marketplace online yang menjual sangkar jenis ini cukup banyak. Biaya yang dipatok untuk kandang burung lovebird harga berkisar Rp 210.000-Rp. 250.000 itupun sudah termasuk perlengkapan penting berupa gantungan dan juga tempat minum serta makanan.

4. Sangkar Burung Radja Ferrari

Sangkar Burung Radja Ferrari
Source: bukalapak

Jenis kandang burung lovebird yang satu ini menjadi favorit para oleh pecinta Lovebird. Pasalnya sangkar Radja Ferrari memiliki desain perawakan yang sesuai dengan anatomi Lovebird yakni berbentuk tabung dengan diameter mencapai 40 cm dan tinggi sekitar 80 cm.

Cara membuat kandang burung lovebird Radja Ferrari memilih material dalam membentuk sangkar yang berasal dari bahan Sazime yaitu memakai perangkat kawat besi pilihan yang kuat dan tentunya tidak mudah patah.

Dengan bahan yang premium seperti itu, lalu muncul pertanyaan sangkar burung lovebird harganya berapa? Sangkar Radja Ferrari khusus yang untuk burung lovebird saat ini masih dibanderol dengan harga Rp. 700.000 hingga Rp. 750.000.

Jika Anda tertarik dengan merk Radja Ferrari pastikan terlebih dahulu Anda mendapatkan sangkar original, cirinya yaitu ditandai dengan plat emblem berbentuk oval dengan tulisan Radja dan dilengkapi dengan gambar burung garuda.

Radja Ferrari sebenarnya menyediakan beberapa pilihan jenis dan model sangkar, apa saja? berikut listnya :

a. Sangkar Lovebird RADJA Spike ARMY

  • Kualitas bahan halus
  • Proses finishing halus
  • Cat dengan rapi
  • Motif : Spike ARMY
  • Kisaran harga jual Rp. 3.100.000

b. Sangkar Lovebird RADJA Rainbow

  • Proses finishing halus
  • Cat dengan rapi
  • Motif : Rainbow
  • Kualitas bahan halus
  • Kisaran harga jual Rp. 900.000

c. Sangkar Lovebird RADJA Marmer

  • Terbuat dari Marmer putih dan hitam
  • Kualitas bahan halus
  • Proses finishing halus
  • Cat dengan rapi
  • Jaminan original
  • Kisaran harga jual Rp. 800.000

d. Sangkar Lovebird RADJA Ferrari

  • Model : Ferrari
  • Kualitas bahan halus
  • Proses finishing halus
  • Cat dengan rapi
  • Kisaran harga jual Rp. 850.000

e. Sangkar Lovebird RADJA Spike

  • Kualitas bahan halus
  • Proses finishing halus
  • Cat dengan rapi
  • Model : Spike Germany Radja
  • Jaminan Original
  • Kisaran harga jual Rp. 2.800.000

f. Sangkar Lovebird Radja Varian Warna

  • Cat dengan rapi
  • Varian pilihan warna : Merah, Kuning, Merah, dan Pink
  • Kualitas bahan halus
  • Proses finishing halus
  • Kisaran harga jual Rp. 900.000.

5. Sangkar Burung Navo

Sangkar Burung Navo
Source: caricari

Apabila Anda sedang berburu sangkar burung lovebird termurah, maka pilihannya Anda dapat membeli sangkar jenis Navo. Sangkar ini dikenal sebagai kandang burung lovebird murah, dibanderol dengan harga terjangkau yaitu berkisar antara Rp. 125.000-Rp. 175.000.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang burung lovebird jenis Navo pada umumnya yaitu berupa besi yang kuat dan anti karat. Desain yang diterapkan biasanya warna senada dengan bentuk tempat hinggap burung yang menyilang.

Meskipun dipatok dengan harga murah, akan tetapi segi keawetannya sangat diperhatikan. Hal ini dibuktikan dari review para pelanggan yang membenarkan hal tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir rugi memilih sangkar burung Navo.

Hal lain yang juga sangat menggiurkan dengan membeli sangkar ini, Anda akan mendapatkan bonus secara langsung tambahan aksesoris, berupa tangkringan bahan plastik, pion kayu dan juga gantungan.

Baca juga:  Jenis, Ciri-Ciri, Harga, Dan Cara Merawat Lovebird Pasjo

6. Sangkar Burung Boom

Sangkar Burung Boom
Source: tokopedia

Jika Anda membutuhkan kandang burung lovebird jumbo atau agak besar, cobalah denan meninjau kandang burung lovebird jenis Boom. Ukuran dari kandang ini sendiri berdiameter sekitar 40 cm dan dilengkapi dengan gantungan besi.

Desain yang ditawarkan sangkar burung jenis Boom lebih berwarna dan modern. Sangkar ini memiliki tema warna-warni dengan pilihan warna cerah mulai dari putih, biru, kuning, hijau hingga merah terang.

Harganya yang umumnya dipatok tidak sampai menguras kantong, hanya perlu sekitar Rp 150.000 sampai Rp. 203.000 untuk bisa membawa pulang sangkar burung ini. Bonusnya juga lumayan menarik, berupa sepasang tangkringan, tempat makan, dan juga kunci kawat.

7. Sarang Burung Sanko

Sarang Burung Sanko
Source: id.carousell

Saat ini Anda sedang memelihara Lovebird peranakan? maka Anda memerlukan kandang burung lovebird ternak khusus peranakan, dan solusinya Anda bisa menggunakan kandang burung lovebird dengan jenis sangkar Sanko.

Sangkar Sanko mempunyai desain berbentuk persegi yang dilengkapi dengan dua buah pintu cukup lebar, sehingga hal tersebut mampu memudahkan Anda untuk memberi pakan pada anak Lovebird yang masih usia bayi. 

Karena memang dikhususkan untuk anakan lovebird, sangkar burung Sanko umumnya tidak cocok diletakan pada tempat yang tinggi, sehingga tidak cocok bila Anda gunakan sebagai rumah bagi lovebird yang sudah besar.

Ukuran yang digunakan dalam pembuatan sarang burung Sanko yaitu 39 cm x 34.5 cm x 45.5 cm dan bahan yang dipakai terbuat dari besi tebal, dengan alas yang dipastikan kuat, sehingga tidak mudah pecah dan aman untuk bayi lovebird. Harga sangkar bekisar mulai Rp 700.000.

8. Kandang Umbaran

Kandang Umbaran
Source: tokopedia

Kandang umbaran merupakan salah satu jenis kandang burung lovebird besar. Lumrahnya dimanfaatkan untuk ternak. Ukuran kandang umbaran sangat mungkin untuk digunakan banyak lovebird bersamaan, atau biasa disebut sebagai kandang burung lovebird koloni.

Kandang umbaran efektif dimanfaatkan dalam proses melakukan seleksi indukan yang nantinya akan diternak. Sehingga, dalam satu kandang umbaran biasanya akan dimasukkan berbagai burung indukan entah itu jantan dan betina, agar dapat melebur

Tujuan dari penggunaan kandang burung lovebird umbaran adalah sebagai peternak Anda akan dipermudah dalam seleksi melihat indukan mana yang nantinya dimungkinkan atau adanya tanda untuk dijodohkan.

Dengan demikian Anda tak perlu menyeleksi satu persatu dari indukan yang ada, karena pasti akan menyita waktu lama. Memakai kandang burung lovebird umbaran untuk langkah ini sangat mempermudah dan juga efisien waktu.

Apabila penggunaan umbaran di dalam rumah, Anda bisa menarik rangkanya sehingga panjangnya dapat diperpendek. Jangan lupa juga untuk sesekali mengeluarkan kandang umbaran agar burung mendapat sinar matahari, dengan cara menyorongkan rangkanya.

Harga yang dibandrol untuk kandang umbaran bervariasi, untuk ukuran 2 meter x 70-80 cm berkisar Rp 1.450.000, sedangkan 3 meter x 70-80 cm seharga Rp 1.750.000, yang lebih besar yakni 4 meter x 70-80 cm senilai Rp 1.950.000.

9. Kandang Penjodohan

Kandang Penjodohan
Source: pinhome

Kandang perjodohan dimaksudkan untuk Anda memantau dua pasang lovebird dalam berkembang biak. Selain itu agar pasangan lovebird juga dapat leluasa dalam proses kawin nantinya.

Untuk kandang burung lovebird masa ternak perjodohan ini ukurannya tidak sebesar kandang umbaran, yang terpenting pasangan lovebird di dalamnya tidak merasa terganggu pada saat bergerak maupun terbang pendek.

Dalam kandang umbaran yang perlu diperhatikan, adalah sebaiknya harus sudah disiapkan tempat untuk lovebird betina nantinya bertelur, serta mengerami telur atau yang dikenal dengan istilah glodok.

Baca juga:  Jenis, Ciri-ciri, dan Harga Lovebird Batman

Harga kandang burung lovebird besar untuk perjodohan dengan ukuran 60cm x 42cm x 40cm dan tebal bahan besi 1.5mm dan jarak antar besinya 1 cm yang sudah dilengkapi tempat makan minum 4pcs, tangkringan 2pcs, dan tatakan 1pcs, dibandrol Rp.180.000.

10. Kandang Ternak (Glodok)

Kandang Ternak (Glodok)
Source: burungnya

Ada beberapa bentuk kandang burung lovebird pada ternak atau proses mengerami burung lovebird. Akan tetapi yang patut untuk diperhatikan, yakni usahakan pada masa glodok ini ukurannya kandang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil juga.

Dalam kandang tersebut jangan lupa berilah ranting-ranting kering, atau juga bisa dedaunan kering, dan juga bahan tambahan alami kering yang lainnya. Adanya komponen tersebut akan menghangatkan glodok dan isinya.

Setelah induk lovebird bertelur, patikan sang ibu lovebird akan mengerami telurnya dengan baik. Pada waktu seperti itu jangan mengganggunya dulu. Sebab apabila burung tersebut diganggu nantinya akan berujung stress, yang mengakibatkan telurnya tidak berkembang.

Harga glodok kayu dengan ukuran panjang 23.5 x tinggi 14.5 x lebar 14cm, masih bisa dijangkau dengan kisaran harga Rp. 52.000.

11. Sangkar Anis

Sangkar Anis
Source: olx

Salah satu kandang burung lovebird yang unik, dikarenakan sarang Anis ini menyediakan desain dengan bentuk kandang segi 8. Di dalamnya ada kelengkapan yang meliputi tangkringan, karpet, tempat makan juga minum.

Tangkringan atau tenggeran yang ideal, biasanya terbuat dari kayu keras dengan permukaan kasar namun tidak tajam, misalnya kayu asam Diameter yang pas adalah kaki burung bisa mencengkeram kira-kira sekitar 2/3 bagian lingkar tangkringan.

Bukan hanya dalam bentuk baru, kandang burung lovebird bekas model Anis yang unik ini juga masih laku walau dengan status bekas. Harga sangkar burung lovebird bekas segi depan ini dibandrol senilai Rp. 255.000.

12. Tebok Sangkar Burung Jati

Tebok Sangkar Burung Jati
Source: tokopedia

Sangkar burung jati berbentuk bulat seperti pada umumnya, namun temboknya lebih unik dan dibuat khusus dari bahan kayu jati yang sederhana, dengan desain konsep minimalis serta warna yang natural.

Kandang jenis tebok burung jati ini memiliki ruang yang termasuk lapang dengan ukuran dimensi 37 x 37 x 65 cm. Dalamnya dilengkapi dengan karpet, dua buah tangkringan, 2 buah cepuk dan juga rantai.

Jenis sangkar ini dijamin lebih kokoh serta awet, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa membelinya di toko terdekat, pasar burung, atau bahkan lewat aplikasi belanja online.

Kelebihan dari tebok sangkar burung jati adalah bahan dari kayu yang akan terlihat lebih natural dan baik untuk perkembangan burung, karena merupakan bahan asli dari alam. Harga satuan sangkar burung jati dipatok sekitar Rp. 290.000.

13. Sangkar Burung Ebod

Sangkar Burung Ebod
Source: shopee

Sangkar dari keluaran Ebod Jaya terbagi ke dalam 3 jenis ukuran, dan yang cocok untuk lovebird adalah yang nomor kedua. Terbuat dari bahan jeruji besi dilengkapi dengan tangkringan serta warna dan juga bentuk pion tersedia dalam beberapa pilihan.

Spesifikasinya untuk jenis nomor 2 yakni panjang 45 cm X lebar 38 cm X tinggi 65 cm. jenis ini juga cocok digunakan untuk burung dengan ukuran tubuh sedang selain lovebird, seperti cucak hijau, kenari dan lain sebagainya.

Untuk harga sangkar burung Ebod yang dipasarkan melalui toko online masih berkisar mulai dari Rp. 350.000 sampai Rp. 380.000.

Penutup

Nah itu tadi pilihan kandang burung lovebird. Supaya kandang tetap awet, lakukanlah perawatan sederhana dengan cara mencucinya secara teratur dan membersihkan kotoran yang menempel.