Kenapa Mata Kucing Berair? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 18 views
Bagikan artikel ini

Tahukah Kamu kenapa mata kucing berair? Banyak hal yang menjadi penyebabnya, walaupun pada kondisi normal hal itu sangat wajar. Tapi, jika berlebihan dan disertai kondisi lainnya, maka Kamu perlu melakukan tindakan.

Mata memang menjadi salah satu organ tubuh yang sangat sensitif, ketika terjadi sedikit saja gangguan bisa mengakibatkan banyak hal pada tubuh. Kondisi ini berlaku pada manusia dan hewan seperti kucing. Agar Kamu bisa melakukan tindakan yang benar, simak informasi penting berikut.

Kenapa Mata Kucing Berair
Kenapa Mata Kucing Berair?

Kenapa Mata Kucing Berair

Banyak hal yang menjadi penyebab mata kucing berair dan bengkak, mulai dari penyebab biasa hingga yang paling parah. Kamu harus mengenalinya, jadi ketika kucing kesayangan mengalami masalah ini, bisa diobati dengan cara yang tepat. Lantas apa saja penyebabnya?

Kelainan Karena Keturunan

Jika induk dari seekor kucing punya riwayat mata berair, maka bisa jadi anak yang dilahirkannya mengalami masalah yang sama. Hal ini banyak terjadi pada kucing dari berbagai ras, hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak.

Sayangnya, untuk penyebab yang satu ini tidak ada pengobatan yang bisa dilakukan. Kucing akan mengalami masalah tersebut sepanjang hidupnya. Akibat adanya kondisi tidak normal pada kelenjar air mata atau bagian dalam matanya.

Cacing Mata,

Penyebab kenapa mata kucing berair ini, untungnya sangat mudah dikenali karena ukuran cacing mata cukup besar sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Nama cacing yang sering menyerang area mata kucing tersebut adalah Thelazia Californiensis.

Jika sudah menyerang mata, dia akan sangat membahayakan kondisi mata kucing. Kalau tidak segera ditangani, jumlahnya akan semakin banyak dan berpotensi membuat mata kucing tidak bisa berfungsi normal lagi. Masalah ini, sering ditemukan pada kucing liar yang kurang perawatan.

Produksi Air Mata Berlebih

Kondisi ini bisa saja terjadi ketika terjadi pertumbuhan bulu di area mata si kitty, sehingga mata memproduksi air mata yang lebih banyak. Biasanya penyebab ini akan hilang secara alami, ketika kucing sudah terbiasa dengan bulu yang tumbuh.

Ada yang butuh waktu berminggu-minggu untuk kembali pulih dari penyebab kenapa mata kucing berair, hingga akhirnya air mata tidak lagi diproduksi melebihi kapasitas normalnya.  

Radang Paru-paru

Penyakit pada organ paru-paru, juga bisa menyebabkan kucing memproduksi air mata berlebihan sehingga selalu berair. Biasanya diikuti dengan pilek dan bersin yang sulit berhenti. Pada kondisi lebih parah kucing mengalami sulit bernafas karena paru-paru yang bermasalah.

Radang penyebab kenapa mata kucing berair yang menyerang bagian paru-paru kucing ini, biasanya karena ada virus Chlamidia Psitacii. Jika tidak segera ditangani, maka akan berpotensi menular pada kucing lain.

Rambut Mata Tidak Normal

Pada kondisi normal, bulu di area mata kucing akan tumbuh dengan posisi condong ke luar area mata sehingga tidak akan mengganggu kinerja matanya. Tapi, pada kondisi tidak normal bulu tersebut akan tumbuh dengan posisi melengkung ke arah dalam mata.

Otomatis ujung bulu akan selalu mengenai area mata, sehingga menyebabkan mata mengeluarkan air sebagai upaya preventif dari dalam tubuhnya terhadap benda yang dianggap mengganggu fungsi mata.

Tergores

Seekor kucing bisa saja mengalami luka gores di area mata, akibat benda-benda di sekitarnya. Apalagi untuk kucing yang aktif dan sering berada di luar rumah. Ketika tidak segera diobati, goresan itu akan menjadi radang pada bagian konjungtiva mata. Kondisi ini membuat mata kucing jadi panas dan mengeluarkan air mata berlebih.

Goresan yang tidak diobati tersebut, juga berpotensi memunculkan bakteri yang namanya Veline Chylamidhopila. Bakteri ini akan memperparah luka goresan, bahkan bisa jadi penyebab si kitty jadi buta permanen.

Painfull Eyes

Kucing yang menderita uveitis atau glaukoma, salah satu gejalanya adalah mata berair dan sakit. Inilah alasan berikutnya kenapa mata kucing berair, dia akan sering menggosok mata karena rasa sakit yang timbul, bahkan tak jarang kucing berupaya mencakar matanya yang sakit tersebut.

Coba Kamu cek, apakah ketika Kamu mencoba menyentuh matanya, si kitty akan bereaksi berlebihan seperti marah bahkan mencakar? Itu merupakan tanda painfull eyes, yang dialami kucing, terutama apabila disertai keengganan ada di luar rumah saat matahari bersinar.

Kena Cairan

Sama seperti manusia, mata kucing akan bereaksi ketika terkena cairan asing apalagi yang berbahan kimia. Reaksinya adalah, air mata akan keluar secara berlebih untuk membasuh dan menghilangkan cairan tersebut. Durasi air mata berlebih tersebut, tergantung sebanyak apa cairan kimia yang berhasil masuk ke dalam matanya.

Virus Herpes

Ini adalah penyebab berikutnya kenapa mata kucing berair seperti menangis bahkan cenderung bengkak. Virus yang masuk ke dalam mata, juga akan menyebabkan kucing jadi stress dan anti sinar matahari.

Alergi Cuaca Dingin

Sebagai salah satu hewan yang suka kondisi hangat, reaksi tubuh kucing saat berada di area dingin adalah mengeluarkan air mata secara berlebihan. Hal ini disebabkan tubuhnya berusaha mengantisipasi dingin.

Nasolaccrimal Occlusion

Merupakan gangguan pada mata yang berakibat kucing seperti menangis setiap saat. Jika tidak ditangani, maka air mata yang dikeluarkannya akan terus melebihi kondisi normal.

Cara Mengobati Mata Kucing Berair dan Belekan

Sebagai tindakan preventif juga pengobatan berbagai penyebab kenapa mata kucing berair. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengobati masalah mata berair pada kucing. Yaitu:

  • Pastikan untuk memisahkan kandangnya dari kucing lain, agar potensi penularan penyakit bisa diminimalisir. Jadi, ketika Kamu mengidentifikasi adanya masalah air mata berlebih segera lakukan dan cek kondisi kucing secara detail.
  • Jauhkan benda-benda berbahaya yang berpotensi merusak mata kucing. Mulai dari pensil, pena, hingga cairan kimia yang mungkin selama ini Kamu letakkan secara sembarangan.
  • Apalagi untuk kucing yang sangat aktif, bisa saja dia akan mengalami luka akibat benda-benda tersebut ketika terkena mata mereka. 
  • Berikan obat tetes mata kucing, ketika penyebab kenapa mata kucing berair hanya karena pertumbuhan bulu di area mata atau kondisi yang tidak butuh penanganan dokter.
  • Obat ini bisa dibeli di petshop, tapi memang harus dipastikan dulu apakah kondisi kucing tersebut memang butuh penanganan dengan obat tetes tersebut.
  • Jika ragu, maka solusinya tentu berdiskusi dengan dokter hewan yang jauh lebih paham kondisi kucing kesayangan Kamu.
  • Jangan letakkan kucing terlalu lama di ruangan berpendingin, untuk mengantisipasi produksi air mata berlebih. Berikan lokasi khusus yang bisa membuatnya nyaman dan kondisi matanya bisa membaik.
  • Jangan lupa untuk rutin membersihkan mata si kitty yang terus menerus berair. Ini merupakan upaya untuk mencegah kondisi lebih parah, seperti sulitnya kucing membuka mata akibat air mata yang sudah mengering dan menjadi belekan.
  • Cara terbaiknya dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Jangan pernah memberikan obat yang hanya menurut Kamu akan berhasil menyembuhkannya. Sebab kondisi kesehatan kucing sangat berbeda dengan manusia.

Penutup

Itulah penjelasan penting tentang kenapa mata kucing berair, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Jangan abaikan jika memang si kitty kesayangan Kamu mengalami hal ini, segera deteksi dan beri penanganan yang tepat agar kondisinya bisa sehat dan aktif kembali.