8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

 
Bagikan artikel ini

Mendengar nama kucing Abisinia atau biasa juga disebut kucing abyssinian mungkin masih belum terlalu familiar bagi masyarakat awam, namun berbeda bagi para pecinta kucing. Kucing yang juga dikenal dengan singkatan Aby ini memiliki bentuk serta karakter yang berbeda dengan jenis kucing lainnya. Bentuk mata serta kilauan bulu pendeknya jugalah yang membuat kucing ini istimewa.

Ras Abisinia merupakan salah satu kucing yang paling banyak dicari serta digemari oleh penduduk Amerika. Hal tersebut disebabkan kucing abisinia / kucing abyssinian mudah dirawat serta sangat pintar. Namun saat ini tidak hanya Amerika saja, banyak negara diberbagai belahan dunia menjatuhkan pilihan kepada kucing ras berbulu pendek ini sebagai hewan peliharaan.

Kucing Abisinia
Kucing abisinia / kucing abyssinian

Sejarah Kucing Abisinia

Ras abisinia merupakan ras bulu pendek yang tertua dalam sejarah. Kucing ini dipercaya oleh beberapa kalangan bahwa ia merupakan kucing suci milik keturunan bangsa Mesir Kuno. Pendapat tersebut didasarkan pada mural serta beberapa artefak bangsa Mesir yang menggambarkan kucing tersebut.

Merupakan kucing yang suci pada masanya, bangsa mesir melarang adanya transaksi perdagangan kucing abisinia / kucing abyssinian, bahkan mereka membangun kuil khusus yang digunakan sebagai tempat pemujaan abisinia. Di makam-makam Mesir kuno juga banyak ditemukan mumi ras abisinia.

Kucing ras abisinia dibawa ke Inggris saat Romawi menguasai bangsa Mesir. Ia dibawa bukan tanpa alasan, karena kucing tersebut akan digunakan sebagai penjaga dan pelindung ladang gandum dari serangan hama tikus yang saat itu sedang merajalela.

Pada tahun 1871 tepatnya bulan Desember untuk pertama kalinya kucing abisinia / kucing abyssinian terdokumentasikan. Kucing bernama Zula tersebut berhasil menyambar juara ke 3 dalam kontes Crystal Palace yang diikutinya untuk pertama kali. Namun di Eropa ras tersebut masuk dalam kategori hewan yang hampir punah dan mengalami penurunan akibat Perang Dunia II.

Baca juga:  Kucing Chartreux, Ciri-ciri, Karakter dan Cara Merawatnya

Beberapa pakar mengatakan jika ras abisinia kemungkinan berasal dari bagian Samudra Hindia dan Asia Tenggara karena habitat awal ditemukannya kucing di kawasan tersebut. Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa ia merupakan hewan asal Abyssinia atau sekarang dikenal dengan Ethiopia.

Ciri Fisik Kucing Abisinia / Abyssinian

Tubuh proporsional

Abisinia rata-rata memiliki bentuk tubuh ramping dan proporsional. Ia tumbuh dengan tulang serta otot yang kuat pada setiap bagian tubuhnya. Kaki dan tangannya yang panjang dibalut dengan bentuk  ramping dan kokoh. Ekor kucing abisinia / kucing abyssinian umumnya panjang dan runcing pada bagian ujungnya. Saat berjalan tubuh kucing ini akan semakin terlihat panjang namun juga tegap.

Bentuk wajah dan warna mata

Kucing ini memiliki bentuk wajah segitiga dan agak moncong pada bagian dagunya. Ia memiliki bentuk mata indah seperti almond dengan berbagai warna mata yang cantik berkilau seperti emas atau hijau sesuai dengan warna bulu pada tubuhnya.

Warna bulu pada bagian kepala kucing abisinia / kucing abyssinian cenderung lebih pekat, sedangkan di bagian moncongnya akan berwarna putih. Ia juga memiliki telinga yang cukup lebar dan panjang dengan bulu yang lebih tipis juga halus.

Warna bulu yang beragam

Ras abisinia memiliki bulu yang lebih pendek jika dibandingkan dengan persia dan anggora. Meskipun begitu ia memiliki bulu halus serta lembut saat dielus. Ciri khas yang unik yaitu warnanya agak kecoklatan. Uniknya bulu pada bagian atas kucing ini sedikit kehitaman, akibat warna tersebut banyak yang menyamakannya dengan kucing gurun.

Umumnya warna bulu ras abisinia yaitu coklat kemerahan dengan beberapa bagian pola hitam. Namun tak sedikit pula menemukan kucing tersebut dalam warna yang berbeda seperti sorrel, silver, biru kehitaman, dan fawn. Ciri khas lain yang terdapat pada kucing lucu ini yaitu pola agouti berbintik pada bagian tertentu dibulu tubuhnya.

Sifat dan Karakter Kucing Abisinia

Pintar

Alasan mengapa banyak peminat kucing abisinia adalah kepintarannya. Ia merupakan kucing yang pintar dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, abisinia jauh lebih cerdas serta mudah dalam menangkap instruksi atau pelatihan yang diberikan. Maka jangan heran jika ia fokus terhadap sesuatu yang baru dilihatnya karena saat itulah ia belajar.

Baca juga:  Kucing Somali, Kucing Berbulu Panjang Dengan Warna Yang Menawan

Penurut

Kucing abisinia merupakan kucing yang penurut sehingga mudah diatur. Selain itu, ia juga bukan jenis hewan peliharaan yang rewel. Sekali saja pemilik memberikan larangan atau intruksi kucing ini akan menaati dan melakukan apa yang diperintahkan. Meskipun begitu bukan berati ia selalu patuh dengan perintah, ia tidak akan menurut jika sedang dalam kondisi dan pelatihan yang kurang baik.

Pemalu

Dalam kesehariannya, ras abisinia terkadang cukup pemalu dan agak pendiam. Pada beberapa waktu tertentu ia akan menghindar dari kerumunan yang dianggapnya menganggu atau tidak menarik. Saat bertemu orang baru ia cenderung malu-malu. Namun pada lain waktu, khususnya saat berada didekat atau sedang bersama tuannya ia akan menunjukkan antusias dan sikap yang berbeda.

Aktif

Rasa ingin tahunya yang tinggi membuat kucing ini selalu bergerak aktif kesana kemari. Setiap tingkah lucunya akan menghibur dan membuat tertawa siapa saja yang menyaksikan. Meskipun kucing ini aktif bukan berarti ia mudah merusak dan menghancurkan barang justru sebaliknya. Kepintarannya inilah yang membuatnya disiplin dan tidak senang menghancurkan benda disekitarnya.

Manja dan setia

Abisinia sangat senang berada disekitar manusia khususnya sang pemilik. Seperti sifat alamiah hewan peliharaan lainnya ia sangat suka dengan perhatian yang diberikan bahkan tak jarang mengeluarkan meongan-meongan manja kepada pemiliknya.

Anak abisinia akan jauh lebih manja baik kepada induk atau pemiliknya. Abisinia kecil tak akan segan mengikuti kemanapun sang pemilik pergi demi mendapatkan apa yang diinginkannya. Dibalik sifat manjanya, kucing ini memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pemiliknya. Ia akan selalu menemani dan tetap setia berada di samping tuannya.

Kucing Abisinia
Kucing Abisinia

Cara Merawat Kucing Abisinia

Merawat Bulu

Bulu pada kucing abisinia memang tidak terlalu panjang seperti ras lainnya. Hal tersebut memudahkan perawatan serta pemeliharaannya. Selain itu, bulu kucing ini bisa dikatakan sangat kuat karena jarang sekali rontok.

Jika kucing pada umumnya membutuhkan grooming paling tidak seminggu sekali, abisinia justru tidak boleh terlalu sering. Alasannya karena mantel pada tubuh abisinia lebih pendek tak mudah rontok.

Membersihkan Area Mata dan Telinga

Mata dan telinga merupakan bagian yang tak boleh terlewat untuk dibersihkan. Bersihkan kotoran mata dan telinga abisinia dengan menggunakan cotton but dan air hangat, kemudian bersihkan secara perlahan.

Baca juga:  Kucing American Shorthair: Kenali Sejarah, Ciri hingga Harganya!

Memberi Makanan Bergizi dan Vitamin

Memberikan makanan yang kaya akan nutrisi dan bergizi tinggi adalah prioritas utama dalam merawat kucing abisinia. Selain itu, penting untuk pergi ke dokter hewan guna memberikan vitamin dan vaksin pada kucing agar terhindar dari penyakit dan virus. Demikian ulasan tentang kucing ras abisinia yang dikenal karena berbulu pendek. Kucing abisinia / kucing abyssinian ini banyak diminati karena kecerdasan dan sifatnya yang setia kepada pemiliknya.

harga kucing abyssinian

Daftar Harga Kucing Abyssinian

Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui daftar harga kucing Abyssinian, namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli kucing Abyssinian. Walaupun dijual dalam satu daerah, harga kucing Abyssinian bisa saja berbeda. Faktor yang membedakan diantaranya berasal dari warna kucing, ras kucing, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat melihatnya lewat penjelasan di bawah ini.

Harga Kucing Abyssinian Tahun 2021

Selayaknya kucing dengan ras yang langka, kucing Abyssinian dijual dengan harga yang cukup fantastis. Angkanya bisa mencapai puluhan juta terutama jika kucing tersebut sudah terlatih. Belum lagi banyak orang yang ingin memelihara kucing Abyssinian sehingga membuat harga pasar kucing Abyssinian semakin tinggi. Namun, apabila dibandingkan dengan kucing lain, harga kucing Abyssinian cenderung stabil dan relatif sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Di bawah ini adalah daftar harga kucing Abyssinian tahun 2021.

UsiaHarga
1 – 2 bulanRp. 13.000.000 – Rp. 29.000.000
3 – 6 bulanRp. 15.000.000 – Rp. 25.000.000
7 – 10 bulanRp. 10.000.000 – Rp. 15.000.000
Lebih dari 10 bulanRp. 8.000.000 – Rp. 13.000.000

Harga Kucing Abyssinian dari Cattery Resmi

Ada banyak keuntungan jika kamu ingin membeli kucing Abyssinian di cattery resmi. Kucing yang kamu beli kelak telah dipastikan kesehatannya oleh pemilik sebelumnya. Selain itu, keaslian kucing Abyssinian terjamin karena dikembangbiakkan langsung oleh orang yang memahami tentang seluk beluk dalam mengembangbiakkan kucing. Karena perawatannya yang sangat diperhatikan, kucing Abyssinian dari cattery resmi memiliki harga yang lebih tinggi. Berikut rincian harga kucing Abyssinian dari cattery resmi.

WarnaHarga
Coklat kekuninganRp. 8.000.000 – Rp. 13.000.000
AbuRp. 10.000.000 – Rp. 15.000.000
KrimRp. 18.000.000 – Rp. 33.000.000

Harga Kucing Abyssinian Paling Mahal

Secara umum, kucing Abyssinia memiliki warna coklat kekuningan atau coklat kemerahan. Kucing yang satu ini juga sering disamakan dengan Cougar atau kucing gurun karena warna kulitnya yang eksotis. Namun, ada juga kucing Abyssinian yang memiliki bulu berwarna krim. Karena penampilannya yang berbeda dari kucing Abyssinian lain, kucing berwarna krim ini memiliki harga jual paling tinggi.

Jenis KelaminHarga
BetinaRp. 37.500.000
JantanRp. 37.300.000