Kucing Anggora: Sejarah, 5 Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya

 
Bagikan artikel ini

Kucing Anggora: Sejarah, 5 ciri, cara merawat, makanan hingga harganya. Ada yang bilang kalau kucing Anggora adalah kucing paling unik di dunia ini. Kucing ras domestik tertua yang berasal dari kota Ankara, Turki ini banyak diminati oleh sebagian besar. Salah satu alasannya karena punya bulu lembut, lebat dan seputih salju. Sangat menyenangkan jika dipelihara di rumah, bukan?

Kucing Anggora
Jenis Kucing Anggora

Sekilas mungkin kucing asal Turki ini sedikit mirip dengan ras Persia. Karena itu, jangan sampai kamu salah kira ya. Buat bantu bagaimana membedakan kedua kucing tersebut, kamu bisa simak ciri-ciri berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Biar tidak salah mengartikan, berikut adalah ciri-ciri yang sangat khas dimiliki oleh kucing jenis Anggora, seperti:

  1. Kucing ras Turki atau Anggora khas dengan bentuk kepala seperti segitiga terbalik. Kemudian untuk bagian atas kepalanya lebar lalu kedua telinga berbentuk segitiga dan terlihat berdekatan. Untuk hidungnya sendiri terbilang mancung. Kemudian untuk bulu di sisi kepala relatif pendek atau tidak sepanjang bulu-bulu lainnya.
  2. Bentuk tubuh yang langsing dengan struktur tulang yang terlihat jelas. Sebab bagian tulang belakangnya tampak lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian tubuh depan. Bahkan sekalipun kucing ini bertambah bobotnya, tetap memiliki tonjolan tulang yang tampak jelas. Unik sekali kan?
  3. Bentuk kaki yang jenjang atau tinggi. Ketika si kucing berjalan dengan kaki jenjang, tubuh langsing dan bulu yang super lembut serta lebat, pasti menggemaskan sekali bukan?
  4. Punya bulu yang lebat dan menyesuaikan musim. Ciri satu ini tak kalah unik kan? Sebab bulu kucing tersebut akan semakin lebat maupun sebaliknya tergantung dari musim. Betul sekali, cuaca dan lingkungan sekitar tempat tinggal si kucing akan mempengaruhi kondisi bulunya. Jika cuaca sedang panas, maka pertumbuhan bulunya akan terlihat pendek. Berbeda jauh dengan musim dingin, bulu kucing bakal lebih mudah tumbuh panjang dan cenderung halus.
  5. Bagian ekor yang bisa mengembang mirip seperti musang. Kalau diperhatikan lebih dekat maka ekor tersebut akan terlihat lebih lebat dan tebal dibandingkan bagian kepala. Lucu sekali, kan?

Nah, sudah tahu kan karakteristik kucing Anggora? Pastinya sekarang sudah bisa membedakan mana Persia dan mana yang kucing Anggora bukan? Jadi ketika membeli kucing ini untuk dipelihara di rumah, sudah tak bingung lagi.

Bicara soal memelihara kucing, tentu saja binatang peliharaan ini juga harus dibersihkan agar tidak bau. Lalu, seperti apakah jenis perawatan kucing ras Turki ini ya? Simak berikut!

Cara Merawat Kucing Anggora
Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Lebat

Kucing anggora sendiri dikenal memiliki kepribadian yang unik dan juga ciri fisik yang tampak berbeda dari jenis kucing lainnya. Karena itulah, diperlukan perawatan khusus bagi kucing jenis ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing.

Sebelum mengetahui cara merawat kucing anggora agar bulunya lebat, terlebih dahulu siapkan alat-alat di bawah ini.

  • Makanan
  • Kandang
  • Tempat makan dan minum
  • Litter box dan serok
  • Pasir kucing
  • Sisir
  • Lint rolling
  • Shampoo
  • Handuk
  • Pengering rambut
  • Parfum
  • Sikat gigi
  • Pet carrier

Setelah mempersiapkan peralatan di atas, selanjutnya perhatikan beberapa cara merawat kucing anggora dengan benar berikut ini:

1. Cocokkan Gaya Hidup

Meski dikenal aktif, namun kucing jenis ini sangat haus akan kasih sayang. Maka dari itu sempatkan waktu untuk bermain bersama kucing Kamu di rumah dan jangan sampai membuatnya kesepian hingga berubah perilakunya menjadi tidak menyenangkan.

2. Kandang yang Sesuai

Dalam memilih kandang, memang tidak bisa sembarangan. Kamu harus memilih kandang yang luas sehingga kucing dapat bermain di dalamnya. Jangan lupa untuk menyiapkan pasir zeolit sebagai alas dan tempat buang air. Perhatikan untuk selalu menggantinya dalam tiga hari sekali.

3. Menjaga Jenis, Pola Makan, dan Beratnya

Terkadang, permasalahan yang sering dialami oleh kucing jenis ini adalah obesitas atau kegemukan. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga pola makannya setiap hari. Disarankan bagi Kamu untuk memberikan jenis makanan yang kaya akan protein.  Kamu bisa memberikan makanan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Baca juga:  Kucing American Shorthair: Kenali Sejarah, Ciri hingga Harganya!

4. Menyediakan Mainan

Rupanya, mainan sangat bagus bagi kesehatan mental kucing. Mainan seperti bola karet atau tikus palsu sangat disarankan untuk dibeli. Selain memainkan mainan, bermain bersama pemilik kucing juga bisa meningkatkan kesehatan mental kucing.

5. Menyikat Bulu

Cara merawat kucing anggoraagar bulunya tetap halus adalah menyisirnya dua kali dalam sehari menggunakan sisir khusus kucing. Hindari menyisir bagian dada dan perut dengan keras karena dapat membuat bulu menjadi rontok.

6. Mandi

Idealnya kucing anggora mandi dua kali dalam sebulan. Jika sering dimandikan, justru bulunya akan mengalami kerontokan. Jangan lupa untuk menggunakan shampoo dan conditioner khusus kucing. Selesai mandi, jangan lupa untuk mengeringkan bulunya.

7. Bersihkan Telinga

Tuli pada kucing jenis ini sering banyak terjadi. Sebaiknya, bersihkan telinga secara rutin dua minggu sekali. Kamu bisa menggunakan cotton ball untuk membersihkannya agar menghindari kerusakan di bagian kanal telinga. Jika sudah benar-benar bersih maka bagian dalam telinga akan berwarna merah muda dan tidak berbau.

8. Potong Kuku

Karena kebiasaannya memanjat maka membuat kuku kucing ini menjadi tajam dan panjang. Sebaiknya, potong kuku dua minggu atau sebulan sekali. Buatlah kucing dalam kondisi tenang ketika dipotong kukunya supaya tidak banyak bergerak dan melukai bagian merah muda pada kukunya.

9. Berkunjung ke Dokter

Lakukan kunjungan ke dokter secara rutin agar memperpanjang umurnya. Jangan lupa untuk memberikan vaksin pada kucing sesuai dengan kebutuhannya. Ini termasuk cara merawat kucing anggorayang paling penting karena dapat mendeteksi apabila ada masalah di tubuh kucing.

Cara merawat anak kucing anggora
Cara merawat anak kucing anggora

Cara Merawat Anak Kucing Anggora Baru Lahir

Lalu bagaimana dengan perawatan anak kucing anggora? Apakah cara merawat anak kucing anggora sama saja dengan kucing dewasa? Apa perbedaannya dengan cara merawat kucing anggora dewasa? Simak tips dibawah ini tentang cara merawat anak kucing anggora baru lahir secara lengkap dan terperinci.

Merawat anak kucing anggora tidak sama dengan merawat kucing anggora dewasa. Hal ini disebabkan karena anak kucing ini lebih rentan terkena penyakit dan masih sangat rapuh jika dibandingkan dengan induknya.

Jangan pisahkan anak kucing dari induknya

Cara merawat anak kucing yang paling utama itu, Kamu tidak boleh memisahkan anak kucing tersebut dari induknya. Seringkali kamu hanya ingin merawat satu kucing saja dalam rumah. Jadi, ketika kucing kamu melahirkan beberapa anak kucing, kamu memberikan anak kucing tersebut kepada teman atau saudaramu yang juga senang merawat kucing.

Kenyataannya, memisahkan anak kucing anggora dari induknya merupakan tindakan yang kurang tepat. Anak kucing yang berusia kurang dari delapan minggu perlu berada dekat dengan induknya karena mereka belum mampu mengatur suhu tubuhnya secara mandiri.

Selain itu, anak kucing belum mampu mengoordinasikan alat geraknya secara sempurna. Ditambah lagi, anak kucing belum memiliki penglihatan yang baik jika dibandingkan dengan induknya.

Hal terpenting yang membuat anak kucing tidak boleh dipisahkan dari induknya adalah karena kebutuhan makannya. Anak kucing yang berusia kurang dari delapan minggu masih belum memiliki sistem pencernaan yang siap menampung makanan lain selain susu induknya.

Jaga kebersihan kandang

Selanjutnya untuk cara merawat anak kucing anggora baru lahir yang ke 2 adalah dengan menjaga selalu kebersihan kandangnya. Selain tidak memisahkan antara induk dan anak kucing, kamu juga perlu memastikan apakah kandang kucingmu bersih. Ini merupakan hal yang wajib dilakukan, sebab jika kandang kucingmu kotor, besar kemungkinan si anak kucing akan terkena penyakit. Misalnya saja muntah dan diare.

Kamu bisa membersihkan kandang kucingmu paling tidak satu minggu sekali. Mungkin kandang kucingmu tidak nampak terlalu kotor, tetapi tetap saja, parasit penyebab penyakit bisa saja sudah berada dalam kandang kucingmu!

Untuk menjaga kebersihan anak kucing, kamu tidak harus memandikannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anak kucing masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Maka dengan memandikannya, bukannya sehat yang didapat, bisa-bisa anak kucing anggora kamu malah jatuh sakit.

Sebagai solusinya, kamu bisa membersihkan tubuhnya dengan tisu basah. Bersihkan bagian tubuh anak kucing secara perlahan-lahan dan hindari menggunakan air untuk membersihkan tubuhnya.

Jika anak kucing kamu sudah cukup besar, misalnya sudah berusia kurang lebih delapan minggu (dua bulan), kamu boleh memandikannya. Gunakan air hangat terlebih dahulu, lalu secara bertahap kamu bisa memperkenalkannya dengan air dingin.

Baca juga:  8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

Memeriksakan kesehatan secara rutin

Tips yang ke 3 dari cara merawat anak kucing anggora baru lahir yaitu dengan selalu memeriksakan kesehatannya secara teratur dan rutin. Tidak hanya manusia yang harus periksa kesehatan secara rutin. Kamu pun sebaiknya membawa induk kucing beserta anaknya ke dokter hewan untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara berkala.

Vaksin tentunya sangat disarankan untuk anak kucing, terlebih lagi untuk kucing ras seperti anggora. pemberian vaksin ini ditujukan sebagai pencegahan terhadap infeksi jamur dan virus. Tentunya kamu tidak mau anak kucing kesayanganmu jadi incaran para parasit, bukan?

Vaksin untuk anak kucing biasa diberikan pertama kali pada usia 8-10 minggu. Namun, pemberian vaksin untuk pertama kali ini tergantung kondisi dari si anak kucing sendiri. Tidak jarang dokter hewan menyarankan agar vaksin pertama diberikan pada saat usia sapih.

Vaksin kedua dan ketiga diberikan pada usia 12 minggu/14 minggu; atau kurang lebih empat minggu setelah pemberian vaksi pertama. Sedangkan untuk vaksin ketiga (vaksin rabies) diberikan saat si anak kucing berusia 16 minggu. Untuk mengetahui jadwal vaksin, jangan ragu untuk menanyakannya kepada dokter hewan di mana kamu biasanya memeriksakan si kucing kesayangan, ya!

Pemberian makanan dan minuman

Cara merawat anak kucing anggora selanjutnya dengan pemberian makanan yang bergizi dan juga minumannya. Dengan memberikan makanan dan minuman yang tepat sangat krusial untuk menjaga agar kucing anggora kamu tetap sehat. Ada banyak sekali jenis dan merk makanan yang bisa kamu dapatkan dan bisa kamu berikan untuk anak kucing kesayanganmu, dan kadang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membiasakan kucingmu dengan merk tertentu.

Untuk bisa menjaga kesehatan dan keelokan kucing anggoramu, berikan makanan yang berkualitas agar bulu kucingmu tidak rontok. Makanan yang cocok untuk anak kucing anggora adalah makanan dengan kandungan garam yang rendah.

Kualitas air minum kucingmu pun perlu diperhatikan. Berikan kucingmu air minum yang sudah dimasak dan jangan memberikan kucing anggoramu air minum mentah. Mengapa demikian? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kucing anggora merupakan kucing yang rentan terhadap penyakit pencernaan.

Karena hal itulah, kucing anggora tidak dianjurkan untuk diberi minum air mentah. Jika kucing anggora dewasa saja tidak disarankan untuk minum air mentah, bagaimana dengan anak kucing anggora yang tubuhnya lebih rentan terhadap penyakit?

Biarkan kucingmu bersosialisasi

Cara merawat anak kucing anggora yang terakhir adalah dengen membiarkan kucingmu itu bersosialisasi. Ketika anak kucing sudah berusia kurang lebih dua bulan, perkenalkanlah lingkungan tempatnya tinggal secara bertahap. Kamu bisa memulainya dengan membiarkannya mengeksplorasi rumah. Kamu juga bisa membantu anak kucingmu lebih tanggap dengan mengajaknya bermain.

Jika memungkinkan, perkenalkan anak kucingmu dengan banyak orang. Hal itu akan lebih cepat membantu anak kucingmu untuk bersosialisasi dengan baik dan tentunya tidak akan takut nantinya dengan orang-orang sekitar.

Makanan Kucing Anggora

Selain cara merawat kucing anggora dengan benar, Kamu juga harus memperhatikan jenis makanan kucing anggora agar cepat gemuk. Berikut beberapa makanan kucing jenis anggora yang baik untuk dikonsumsi sehingga tumbuh-kembangnya maksimal.

Croc Cat

Makanan jenis ini terdiri dari dua macam varian, yaitu untuk kitten dan kucing dewasa. Di dalam makanan ini terkandung, vitamin, mineral, dan omega 3 juga 6. Harga makanan kucing ini berkisar antara Rp 360 ribuan.

Proplan

Proplan dibuat agar dapat membantu kucing kesayangan kamu menjadi semakin energik dan sehat karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kucing. Makanan kucing yang satu ini direkomendarikan untuk kucing masih kecil hingga dewasa. Harga yang dibandrol sekitar Rp 52 ribu hingga Rp 1 jutaan.

Royal Canin

Produk ini sudah teruji memiliki nutrisi yang baik untuk tumbuh-kembang kucing. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kenaikan berat badan dan kelebatan bulunya. Harga makanan ini berkisar antara Rp 215 ribuan.

Equlibrio

Makanan ini mengandung protein dan vitamin yang lengkap. Hal ini mempercepat pertumbuhan kucing. Varian yang ditawarkan adalah untuk jenis kitten, kucing dewasa, dan juga kucing yang memiliki bulu lebat. Bagi yang sebal dengan bau kotoran kucing yang tidak sedap, makanan ini mampu mengurangi bau pada kotoran kucing.

Me-O

Kandungan nutrisi Me-O sangat lengkap dan sangat seimbang untuk kucing peliharaan. Me-O juga mengandung Taurine (asam amino) yang dapat berfungsi untuk mata si kucing. Selain itu juga dilengkapi dengan vitamin C, vitamin D, kalsium dan fosfor untuk membantu memperkuat gigi dan tulangnya. Harga yang dibandrol berkisar sekitar Rp 23 ribu hingga Rp 300 ribuan.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Burma yang Wajib Diketahui

Star Pro Feline

Makanan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk seperti donat. Varian makanan yang dijual tersedia untuk jenis kitten hingga kucing dewasa. Uniknya, makanan ini mengandung atraktan dengan bau menyengat yang mampu meningkatkan nafsu makan kucing. Kandungan protein dan mineral di dalamnya mampu mempercepat pertumbuhan kucing.

Maxi Premium Cat Food

Makanan ini memiliki tekstur lunak dan berukuran kecil sehingga memudahkan  kucing ketika memakannya. Aromanya yang kuat juga meningkatkan nafsu makan kucing. Kandungan protein dan vitamin yang seimbang sangat bagus bagi kucing. Tak hanya itu, kandungan asam amino L-Lysine di dalamnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Whiskas

Whiskas adalah salah satu makanan kucing paling terkenal di kalangan pecinta kucing. Kandungan dalam whiskas juga mampu mempercepat pertumbuhan kucing dan melebatkan bulunya.

Friskies

Friskies ini merupakan camilan atau makanan selingan untuk kucing. Rasa salmon dan tuna merupakan salah satu varian dari camilan ini. Aroma yang kuat di dalamnya membuat kucing memiliki nafsu makan yang tinggi.

Cara Memandikan Kucing Anggora yang Takut Air

Cara memandikan kucing anggora yang takut air adalah hal yang penting untuk dipelajari. Pasalnya, tidak hanya kucing jenis anggora saja namun jenis kucing lainnya juga ada yang takut dimandikan dengan air sehingga perlu tips yang benar ketika memandikannya. Berikut tips selengkapnya dibawah ini:

1. Menyikat Bulunya

Menyiram kucing langsung dengan air tanpa pemanasan akan membuat kucing stres sehingga sebelum dimandikan sebaiknya sisir bulu kucing terlebih dahulu.  Jangan lupa letakkan kapas di telinga kucing untuk menghindari kemasukan air. Olesi matanya dengan salep untuk mencegah sabun masuk dan menyebabkan iritasi.

2. Potong Kuku

Pastikan kucing sudah dipotong kukunya, agar tidak mencakar ketika mandi. Lakukan beberapa kegiatan kegemaran kucing agar kucing merasa nyaman.

3. Menenangkan Kucing

Tenangkan kucing dengan mengelus bulunya secara lembut dan juga berbicara dengan nada yang pelan.

4. Buat Menyenangkan.

Buatlah suasana yang menyenangkan ketika mandi dengan memberikannya mainan di bak khusus kucing mandi.

5. Gunakan Air Hangat

Cara merawat kucing anggora selanjutnya adalah memakai air hangat untuk kucing mandi karena dapat membuat kucing lebih rileks dibandingkan dengan mandi air dingin. Inilah berbagai cara merawat kucing anggorayang bisa Kamu coba lakukan untuk merawat kebersihan dan juga kesehatan kucing kesayangan Kamu di rumah.

Harga Kucing Anggora Kecil
Daftar harga kucing anggora

Daftar Harga Kucing Anggora Terbaru

Buat kamu yang sudah tahu cara merawat kucing anggora khas Turki dan tertarik untuk membeli, berikut ini ada kisaran harga kucing Anggora di bawah 500 ribu dan lebih yang mungkin bisa dijadikan referensi, diantaranya:

JenisUmurHarga
Harga Anggora campuran kampung11 bulan350 ribu rupiah
Harga Anggora kitten jantan3 bulan 500 ribu rupiah
Harga kucing Anggora3 bulan 450 ribu rupiah
Harga kucing Anggora anakan2 bulan700 ribu rupiah
Harga Anggora putih 2,5 bulan 400 ribu rupiah
Harga Anggora dewasa 9 bulan 900 ribu rupiah
Harga Anggora medium jantan 1 tahun 650 ribu rupiah
Harga Anggora mix Himalaya betina hitam 2,5 bulan 300 ribu rupiah
Harga Anggora sepasang 3,5 bulan 900 ribu rupiah
Harga Anggora odd eye 2 bulan 1.5 juta rupiah
Harga Anggora shorthair 1.5 bulan 550 ribu rupiah
Harga Anggora mixdom4 bulan 300 ribu rupiah
Harga Anggora abu-abu kecil 7 bulan 600 ribu rupiah
Harga Anggora calico betina 6 bulan 750 ribu rupiah
Harga Anggora kitten mixdom3 bulan150 ribu rupiah
Harga Anggora hibah 3 bulan 500 ribu rupiah
Harga Anggora betina ekor bugel 6 bulan 400 ribu rupiah

Dari daftar harga di atas, rata-rata dibandrol cukup mahal bukan? Selain itu, kisaran harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan biasanya beda penjual beda pula penawarannya. Bagi kamu yang ingin membeli kucing asal unik ini bisa memilih yang anakan. Sebab harganya terbilang lebih terjangkau dan dengan ukurannya yang mini tentu lebih menggemaskan, bukan?

Kucing jenis Anggora terbilang mahal untuk kategori Anggora asli bisa ditawar jutaan rupiah. Sedangkan untuk Anggora campuran lebih murah bisa di angka ratusan ribu rupiah saja. Bahkan harga kucing anggora anakan saja sudah ditawar dengan harga tinggi. Meski begitu, tidak membuat para pencinta kucing mundur. Malahan peminat dari kucing Anggora sangat banyak. Bagaimana dengan kamu?

Tanya Jawab Seputar Kucing Anggora

Menjawab beberapa pertanyaan seputar makanan kucing anggora.

Berapa harga makanan kucing anggora?

Harga makanan kucing anggora sangat bervariasi, berkisar sekitar Rp 23 ribu hingga 1 jutaan tergantung dari merk jenis dan beratnya. Kamu bisa membaca detailnya di atas atau bisa klik disini Makanan Kucing Anggora.

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan kucing?

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing adalah makanan yang mengandung bawang, susu sapi, cokelat, telur mentah, hati, daging/ikan mentah, anggur, kismis, adonan, tomat dan jamur. Makanan tersebut akan menyebabkan gangguan pencernaan pada perut kucing.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai kucing anggora dimulai dari sejarah, ciri, cara merawat, makanan hingga harganya yang bisa tim embaran.id sampaikan. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi untuk kamu yang ingin mengadopsi kucing anggora turki dari kecil. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.