Mengenal Kucing Anggora Dan Cara Perawatannya yang Wajib Diketahui

Diposting pada 13 views

Ada yang bilang kalau kucing Anggora adalah kucing paling unik di dunia ini. Kucing ras domestik tertua yang berasal dari kota Ankara, Turki ini banyak diminati oleh sebagian besar. Salah satu alasannya karena punya bulu lembut, lebat dan seputih salju. Sangat menyenangkan jika dipelihara di rumah, bukan?

Kucing Anggora
Jenis Kucing Anggora

Sekilas mungkin kucing asal Turki ini mirip dengan kucing Persia. Karena itu, jangan sampai kamu salah kira ya. Buat bantu bagaimana membedakan kedua kucing tersebut, kamu bisa simak ciri-ciri berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Biar tidak salah mengartikan, berikut adalah ciri-ciri yang sangat khas dimiliki oleh kucing jenis Anggora, seperti:

  1. Kucing ras Turki atau Anggora khas dengan bentuk kepala seperti segitiga terbalik. Kemudian untuk bagian atas kepalanya lebar lalu kedua telinga berbentuk segitiga dan terlihat berdekatan. Untuk hidungnya sendiri terbilang mancung. Kemudian untuk bulu di sisi kepala relatif pendek atau tidak sepanjang bulu-bulu lainnya.
  2. Bentuk tubuh yang langsing dengan struktur tulang yang terlihat jelas. Sebab bagian tulang belakangnya tampak lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian tubuh depan. Bahkan sekalipun kucing ini bertambah bobotnya, tetap memiliki tonjolan tulang yang tampak jelas. Unik sekali kan?
  3. Bentuk kaki yang jenjang atau tinggi. Ketika si kucing berjalan dengan kaki jenjang, tubuh langsing dan bulu yang super lembut serta lebat, pasti menggemaskan sekali bukan?
  4. Punya bulu yang lebat dan menyesuaikan musim. Ciri satu ini tak kalah unik kan? Sebab bulu kucing tersebut akan semakin lebat maupun sebaliknya tergantung dari musim. Betul sekali, cuaca dan lingkungan sekitar tempat tinggal si kucing akan mempengaruhi kondisi bulunya. Jika cuaca sedang panas, maka pertumbuhan bulunya akan terlihat pendek. Berbeda jauh dengan musim dingin, bulu kucing bakal lebih mudah tumbuh panjang dan cenderung halus.
  5. Bagian ekor yang bisa mengembang mirip seperti musang. Kalau diperhatikan lebih dekat maka ekor tersebut akan terlihat lebih lebat dan tebal dibandingkan bagian kepala. Lucu sekali, kan?

Nah, sudah tahu kan karakteristik Anggora? Pastinya sekarang sudah bisa membedakan mana kucing Persia mana yang Anggora bukan? Jadi ketika membeli kucing ini untuk dipelihara di rumah, sudah tak bingung lagi.

Bicara soal memelihara kucing, tentu saja binatang peliharaan ini juga harus dibersihkan agar tidak bau. Lalu, seperti apakah jenis perawatan kucing ras Turki ini ya? Simak berikut!

Cara Merawat Kucing Jenis Anggora

Merawat kucing berbulu lembut satu ini tidaklah sulit. Tak heran kan kalau kucing ini banyak ditemui di rumah-rumah sebagai hewan peliharaan kesayangan sekaligus teman kecil yang lucu. Berikut untuk cara mudah dalam merawat kucing jenis Anggora:

  1. Sediakan kandang yang luas karena karakter jenis kucing satu ini suka bermain dan aktif. Untuk menjaga kebersihan kandang, bisa bersihkan seminggu sekali. Tambahkan juga pasir Zeolit sebagai alas atau tempat buang air kecil. Pasir tersebut bisa di-recycle. Kamu pun bis menjumpainya di pet shop. Tapi kalau kena kotoran kucing sebaiknya dibuang saja. Penggunaan jenis pasir ini bisa diganti tiga kali sekali.
  2. Sisir bulu lebatnya minimal dua hari sekali. Gunakan sisir khusus untuk merapikan bulu-bulu lembut agar rapi sekaligus menjaga penampilan kucing.
  3. Setidaknya mandikan kucing anggora setiap dua bulan sekali dengan menggunakan shampoo khusus agar bulu lebatnya tidak rontok.
  4. Bersihkan pula anggota tubuh yang lain seperti kuku, telinga dan gigi. Pada bagian telinga, kamu bisa pakai cotton ball dan bisa dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Jika tidak dibersihkan, telinga kucing akan rentan dengan masalah. Warna bagian dalam telinga akan terlihat pink dan tidak bau lagi. Namun, jika daun telinga masih gelap artinya masih ada kotoran yang menempel. Sedangkan bagian kuku, bisa dipotong pada bagian yang luarnya saja atau yang warna putih. Khusus untuk gigi, kamu bisa ajarkan terlebih dulu ke kucing tersebut. Jadi gunakan pasta gigi dan sikatnya yang khusus untuk kucing.
  5. Perhatikan dan jaga pola makan agar terhindar dari masalah kelebihan berat badan. Caranya gampang, cukup ikuti petunjuk yang tertera di kemasan makanan kucing itu. Atau dua kali dalam sehari pagi dan sore.

Dari serangkaian cara merawat kucing jenis Anggora ini, tak lain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan si kucing itu sendiri. Dimana perawatan tersebut dapat kamu mulai di rumah sendiri maupun dibawa ke salon khusus kucing.

Daftar Harga Kucing Jenis Anggora 2020

Buat kamu yang sudah tahu cara merawat kucing anggora khas Turki dan tertarik untuk membeli, berikut ini ada kisaran harga kucing Anggora di bawah 500 ribu dan lebih yang mungkin bisa dijadikan referensi, diantaranya:

  • Harga kucing jenis Anggora campuran kampung umur 11 bulan sekitar 350 ribu rupiah.
  • Harga kucing jenis Anggora kitten jantan umur 3 bulan sekitar 500 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora umur 3 bulan sekitar 450 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora kecil umur 2 bulan sekitar 700 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora putih umur 2,5 bulan sekitar 400 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora dewasa umur 9 bulan sekitar 900 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora medium jantan 1 tahun sekitar 650 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora anakan mix Himalaya betina hitam 2,5 bulan sekitar 300 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora sepasang umur 3,5 bulan sekitar 900 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora odd eye umur 2 bulan sekitar 1.5 juta rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora shorthair umur 1.5 bulan sekitar 550 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora mix dome umur 4 bulan sekitar 300 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora grey brown atau kucing Anggora abu-abu kecil umur 7 bulan sekitar 600 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora calico betina umur 6 bulan sekitar 750 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora kitten mix domestic umur 3 bulan sekitar 150 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora hibah umur 3 bulan sekitar 500 ribu rupiah
  • Harga kucing jenis Anggora betina ekor bugel umur 6 bulan sekitar 400 ribu rupiah.

Dari daftar harga di atas, rata-rata dibandrol cukup mahal bukan? Selain itu, kisaran harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan biasanya beda penjual beda pula penawarannya. Bagi kamu yang ingin membeli kucing asal unik ini bisa memilih yang anakan. Sebab harganya terbilang lebih terjangkau dan dengan ukurannya yang mini tentu lebih menggemaskan, bukan?

Kucing jenis Anggora terbilang mahal untuk kategori Anggora asli bisa ditawar jutaan rupiah. Sedangkan untuk Anggora campuran lebih murah bisa di angka ratusan ribu rupiah saja. Bahkan dari usia anakan saja sudah ditawar dengan harga tinggi. Meski begitu, tidak membuat para pencinta kucing mundur. Malahan peminat dari kucing Anggora sangat banyak. Bagaimana dengan kamu?