Kenali Kucing Bengal Mix Kampung Wajib Diketahui! Seperti Harimau

 
Bagikan artikel ini

Kucing Bengal Mix Kampung masih sangat sedikit jumlahnya. Hal ini dikarenakan Kucing Bengal sendiri populasinya tidak banyak. Lalu, seperti apakah kucing tersebut? Yuk, cari tahu di artikel berikut ini!

Kucing bengal mix kampung
Kucing bengal mix kampung

Kucing Bengal Mix Kampung

Saat ini tidak sedikit orang yang lebih memilih memelihara kucing ras mix kampung daripada ras aslinya. Selain harganya lebih terjangkau, kucing mix dianggap lebih tahan terhadap berbagai penyakit yang biasa menyerang kucing. Hasil perkawinan silang kucing ras dengan kucing kampung juga tak kalah lucunya. Perawatannya pun lebih mudah dibandingkan kucing ras.

Salah satu contoh dari perkawinan silang kucing ras dengan kampung yaitu Kucing Bengal yang dikawinkan dengan kucing kampung bercorak belang hitam. Perkawinan kedua kucing ini melahirkan kucing yang menyerupai harimau. Kucing ini mempunyai warna oranye dengan corak  belang hitam.

Di California terdapat kucing Amerika berbulu pendek. Kemudian kucing tersebut dikawinkan dengan kucing Asian Leopard. Diantara anak kucing hasil perkawinan silang ini diambil yang berjenis kelamin betina untuk dikawinkan dengan ayahnya. Perkawinan ini melahirkan kucing ras yang diberi nama Kucing Bengal.

Kucing Bengal mix kampung belang hitam melahirkan kucing Toyger. Nama Toyger berasal dari kata toy tiger, artinya harimau yang suka diajak bermain. Dengan kata lain, kucing ini tidak memiliki sifat buas karena senang bermain. Karena banyak penggemarnya, kucing ini sudah mendapat pengakuan sebagai jenis kucing ras baru.

Kucing Bengal termasuk kucing langka karena populasinya masih belum banyak. Begitu juga dengan kucing Toyger. Maka tak heran jika kucing ini berharga sangat mahal. Jika kamu tertarik untuk memeliharanya, maka kamu perlu membayar 25 juta per ekornya.

Baca juga:  Berbagai Fakta dan Harga Kucing Hutan yang Harus Kamu Ketahui

Ciri-Ciri Kucing Bengal Mix Kampung

Kucing Bengal mix kampung memiliki corak bulu seperti harimau di seluruh tubuhnya. Badan panjang dan gagah dengan otot kaki yang kencang, menandakan bahwa mereka memiliki stamina yang kuat. Bentuk kepalanya seperti kepala kucing kampung, namun memiliki mata berwarna agak kehijauan atau agak pucat. Saat melihat mangsa, tatapannya begitu tajam dan liar.

Meski tak sebesar Kucing Bengal, kucing Toyger juga memiliki tulang yang kuat. Bahunya yang tinggi membuat kucing ini gagah seperti kucing liar. Kucing Toyger memiliki telinga bulat dan kecil sehingga bisa terlihat menggemaskan. Berat badan kucing Toyger betina sekitar 3 – 5 kilogram, sedangkan untuk yang jantan sekitar 4 – 7 kilogram.

Karakteristik

Kucing Toyger mewarisi lebih banyak sifat Kucing Bengal ketimbang kucing kampung. Sehingga kucing ini cocok buat kamu yang sangat suka bermain dengan kucing. Kucing ini sangat ramah sehingga suka berinteraksi dengan orang-orang. Kucing ini juga memiliki sifat penyayang, tidak agresif dan sangat senang berada di dekat pemiliknya.

Kucing Toyger juga sangat suka beraktivitas dan sangat pintar. Kamu bisa melatih kucing ini untuk jalan-jalan dengan tali atau bermain antar jemput. Selain itu, kucing Toyger bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Seperti kucing Bengal, kucing Toyger juga suka bermain air dan berenang.

Kucing bengal mix kampung

Cara Merawat Kucing Bengal Mix Kampung

Merawat kucing bengal mix kampung alias kucing Toyger tidak jauh berbeda dengan merawat kucing berbulu pendek lainnya. Berikut ini adalah tips merawat Kucing Bengal mix kampung yang perlu kamu ketahui.

  • Berikan makanan khusus kucing dengan gizi lengkap agar kesehatannya terjaga.
  • Berikan makanan sesuai takaran kebutuhan si kucing agar tidak kegemukan.
  • Sebaiknya pilih jenis makanan yang kering agar lebih praktis dan membuat gigi kucing tetap bersih.
  • Untuk jenis makanan basah, usahakan menakarnya untuk sekali makan habis sehingga sisa di kaleng bisa disimpan di lemari es. Ketika akan diberikan lagi kepada si kucing, kamu bisa mengeluarkannya sebentar hingga kondisinya normal atau bisa juga menghangatkannya.
  • Berilah si kucing makan secara teratur pada jam yang sama agar si kucing hafal jadwal makan.
  • Bersihkan tempat makan si kucing setiap kali selesai makan.
  • Sediakan wadah berisi air masak atau air mineral untuk minum si kucing.
  • Sediakan tempat tidur yang nyaman.
  • Sediakan tempat khusus untuk si kucing mengasah kukunya agar tidak menggaruk perabotan yang ada di dalam rumah.
  • Sediakan wadah berisi pasir kucing sebagai tempat si kucing untuk buang air, ganti pasir pagi dan sore agar tidak terlalu bau.
  • Mandikan kucing seminggu sekali dengan shampoo khusus kucing.
  • Sisir bulu kucing setiap hari untuk menghindari bulu yang rontok tertelan saat si kucing menjilati tubuhnya.
  • Luangkan waktu untuk mengajak si kucing bermain di luar rumah.
  • Bawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan rutin dan vaksinasi.
  • Jika kucing mengalami tanda-tanda sakit, segeralah bawa ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang tepat.
Baca juga:  Mengenal Kucing LaPerm Berbulu Keriting

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai Kucing Bengal mix kampung alias kucing toyger. Semoga artikel di atas bisa menambah pengetahuan kamu tentang dunia kucing. Bagi pecinta kucing, memelihara kucing memang menyenangkan dan menjadi hiburan tersendiri.