Kucing Bengal: Asal Mula, Karakteristik, Harga dan Cara Merawatnya

 
Bagikan artikel ini

Kucing bengal: asal mula, karakteristik, harga dan cara merawatnya. Di dunia terdapat berbagai jenis kucing yang bisa kamu pelihara, dan salah satunya merupakan Kucing Bengal. Akan tetapi kamu membutuhkan budget yang tidak sedikit, sebab kucing ras bengal ini memiliki harga cukup tinggi hingga puluhan juta.

Kucing Bengal
Kucing Bengal

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab terdapat pula ras bengal dengan harga murah yang bisa kamu jadikan peliharaan. Kenapa bisa lebih murah? Karena bengal yang memiliki harga mahal umumnya memiliki sertifikat secara resmi.

Sertifikat (Pedigree) tersebut merujuk pada silsilah kucing bengal itu sendiri secara jelas. Selain karena adanya sertifikat resmi, bengal memiliki perawatan khusus yang cukup mahal.

Asal Muasal Kucing Bengal

Menurut berbagai sumber, kucing ras bengal dihasilkan dari berbagai campuran keturunan seperti dari Abyssinian, American Shorthair, Burmese, Egyptian Mau hingga Asian Leopard. Sejarah lahirnya ras bengal sendiri cukup panjang.

Bermula pada tahun 1960, seorang peneliti bernama Jean Mills, mempelajari berbagai penyakit yang berhubungan erat dengan kucing. Misalnya saja penyakit leukemia, penyakit kanker dan lainnya.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa kucing liar misalnya saja singa dan harimau ternyata kebal terhadap beberapa jenis penyakit. Hingga kemudian kucing Asian Leopard dikembangbiakkan di sebuah tempat khusus untuk diteliti mengenai sistem imunnya yang bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit.

Kemudian di tahun 1963, Mrs Mills, menyilangkan Asian leopard betina dengan ras kucing hitam lokal. Perkawinan tersebut menghasilkan anak-anak kucing yang lebih kuat dan memiliki corak yang berbintik-bintik.

Selanjutnya, salah satu dari anak kucing betina berbintik tersebut kemudian disilangkan kembali dengan sang ayah. Sehingga hasilnya adalah anak-anak kucing yang bertutul menarik. Dan inilah awal mula lahirnya kucing ras Bengal ke dunia.

Karakteristik Khas Kucing Ras Bengal

Kucing ras bengal memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya begitu unik. Bengal memiliki tingkah laku yang sangat aktif dan juga sangat cerdas. Salah satu ciri khas bengal yakni sangat menyukai air, berbeda dari kucing pada umumnya.

Jika memang kucing ras Bengal yang kamu miliki. Jangan pernah terlintas di pikiran kamu takut untuk memandikannya. Atau mungkin sekedar main air dengan kucing tersebut, karena kucing bengal sangat suka bermain air. Apalagi kalau di kamar mandi kamu ada bathtub.

Karakteristik Utama Fisik Kucing Ras Bengal

Apabila kamu perhatikan dengan seksama, kucing bengal memiliki tubuh yang besar, gagah dan juga panjang. Karena ciri fisiknya itu didapatkan dari leluhurnya yang rata-rata merupakan kucing liar.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Hutan Norwegia yang Harus Diketahui!

Ras bengal jantan dewasa memiliki berat badan mencapai 10 kilogram, sedangkan yang betina mencapai 4 sampai 5 kilogram. Kucing yang satu ini sangat mudah dibedakan dari corak warna bulunya yang khas dibanding kucing biasa.

Berikut beberapa ciri utamanya yang khas:

1. Bagian Kepala Ras Bengal

Coba kamu perhatikan, ukuran kepala dari bengal cukup besar dan agak memanjang. Sehingga terlihat lebih kecil apabila dibandingkan dengan ciri fisik tubuhnya yang terlihat gagah.

Leher kucing bengal ini pun cukup besar dan memiliki otot-otot kuat serta seimbang dengan bentuk kepalanya. Memiliki hidung yang lebar dan besar, kulit pada hidungnya berwarna merah dilengkapi garis luarnya yang hitam.

Pada bagian telinga ras bengal memiliki bentuk yang runcing lebih ke atas. Matanya bulat dan lebar, yang biasanya memiliki warna hijau atau juga amber.

2. Bagian Badan Ras Bengal

Ras bengal memiliki badan yang sangat atletis, berukuran panjang, besar dan gagah. Sekali melihat ras ini saja, siapapun sudah pasti dapat mengenalinya. Lain halnya dengan kucing biasa yang ukurannya rata-rata hampir sama.

Selain itu ras bengal memiliki berat badan yang sangat ideal baik jantan ataupun betinanya. Hal tersebut dilengkapi dengan ekornya yang sangat panjang.

3. Warna Bulu Ras Bengal yang Khas

Kucing ras bengal memiliki pola warna bulu yang sangat khas dan menarik. Warnanya yakni cokelat atau juga cinnamon dengan dilengkapi bintik-bintik berwarna kehitam-hitaman yang menyebar pada seluruh bagian tubuhnya.

Adapula garis-garis horizontal berwarna hitam yang umumnya berada pada bagian pundaknya, dan lingkaran membentuk cincin pada ekornya dengan warna yang gelap di bagian ujungnya.

4. Pola Khas Ras bengal

Pola pada bulu adalah salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri dari ras bengal. Pola spotted misalnya, adalah corak yang sangat populer di kalangan bengal karena coraknya nyaris seperti corak pada bulu macan tutul.

Akan tetapi ras bengal sendiri memiliki beberapa macam warna pada bulunya yang menjadi semakin digemari. Misalnya saja warna cokelat, abu-abu, merah, hitam, rosetted hingga berawan atau gradasi.

Nah, pola atau corak pada ras bengal tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu Rosetted Spotted dan juga Marble.

5. Pola Rosetted Spotted

Dari kedua pola tersebut, dibagi kembali menjadi beberapa jenis yang berbeda. Untuk pola Rosetted Spotted dibagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini:

  1. Pola Arrow Rossetted
  2. Pola Pawprint Rosetted
  3. Pola Donuts Rosetted

6. Pola Marble

Sedangkan untuk pola Marble, dibagi menjadi beberapa jenis lainnya seperti berikut ini:

  1. Pola Horizontal Flowing Marble
  2. Pola Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble
  3. Pola Chaos Pattern Marble

Ras bengal dengan pola marble, banyak digemari dan dicari oleh para pencinta kucing bengal karena memang terkesan unik. Sehingga kamu bisa menemukan kucing bengal marble untuk dijual di beberapa tempat, yang memiliki karakteristik dan keistimewaannya masing-masing.

Baca juga:  Cara Mengenali Kucing Bombay berdasarkan Karakter dan Ciri-cirinya

Nah, kucing ras bengal tersebut termasuk ke dalam salah satu kucing eksotis, yang memiliki karakteristik unik tersendiri. Bagi kamu pencinta ras bengal ini, penting mengetahui ciri-ciri bengal yang asli dan bagus agar tidak salah mengeluarkan budget.

Harga Kucing Bengal
Harga Kucing Bengal

Harga Kucing Bengal di Indonesia

Pada umumnya harga kucing ras bengal yang ada di Indonesia berbeda-beda, mulai dari paling murah hingga harganya paling mahal. Umur dari kucing itu sendiri menjadi tolak ukur penting dalam penentuan harga.

Seperti halnya ras bengal yang murni, wajib memiliki sertifikat Pedigree yang jelas. Sertifikat Pedigree tersebut umumnya dikeluarkan oleh organisasi yang kompeten di bidangnya, contohnya organisasi ICA (Indonesia Cat Association).

Namun, tidak ada salahnya juga apabila kamu menginginkan ras bengal tanpa sertifikat apabila terkendala pada budget. Meski begitu, ras bengal tanpa sertifikat tersebut tidak bisa kamu silangkan dengan sembarangan untuk menghindari cacat.

Berikut ini adalah daftar harga kucing bengal tanpa sertifikat yang bisa kamu ketahui:

Jenis Ras BengalUmurKisaran Harga
Ras Bengal Silver Marble Campuran Oriental Siam7 BulanRp. 2.550.000
Ras Bengal Versi Anakan2,5 bulanRp. 5.100.000
Ras Bengal Warna Putih7 BulanRp. 15.100.000
Ras Bengal yang Asli3-6 BulanRp. 10.100.000 – Rp. 40.100.000
Ras Bengal Versi Import (Bersertifikat) Jumbo3 BulanRp. 10.100.000 – Rp. 15.100.000

Biaya yang telah disebutkan, belum termasuk dengan biaya pemberian vaksin. Kalian harus mempersiapkan biaya perawatan kesehatan kucing, serta biaya perawatan kehidupan sehari-hari. Pastikan juga perlengkapan di rumah kamu terbuat dari bahan yang aman bagi kucing untuk dapat bermain dengan bebas.

Bagi kalian yang sangat senang melihat macan tutul versi mini, sangat direkomendasikan untuk memelihara kucing bengal asli. Tapi, buat kamu yang memiliki keterbatasan biaya bisa menggantinya dengan memelihara ras kucing campuran yang di dalam tubuhnya masih terdapat gen dari ras bengal asli. Biasanya, ras campuran ini memiliki bulu yang persis sama dengan kucing bengal, hanya saja bentuk fisiknya cukup berbeda.

Memang terbilang cukup mahal untuk harga kucing bengal ini. Selain mahal, kamu juga harus memperhatian bagaimana cara merawat kucing ini. Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Bagaimana cara merawat kucing bengal?

Periksakan ke dokter hewan

Kucing bengal pada dasarnya memiliki bentuk tubuh yang kuat dan kekar sehingga terlihat sangat sehat. Akan tetapi, setiap kucing bisa saja terserang oleh penyakit.  Membawanya ke dokter hewan untuk sekedar diberikan vaksin atau mendapatkan obat-obat tertentu karena penyakit ringannya, bisa membuat pemilik merasa aman dan tidak khawatir.

Kalian juga bisa mengunjungi dokter hewan jika terlihat ada perilaku kucing kamu yang cukup aneh. Mungkin saja itu adalah pertanda yang diberikan oleh kucing kepada pemiliknya. Oleh sebab itu, kalian harus sigap saat menemukan adanya kejanggalan dari sikapnya.

Ajari cara bersikap yang baik

Biasakan peliharaan kamu untuk bertingkah layaknya kucing yang terawat. Marahi bila kucing kamu mengeluarkan kotorannya di sembarang tempat. Ajari pula cara dia menunggu waktunya diberikan makan.

Baca juga:  Kucing Garfield: Wajib Diketahui Sejarah, Sifat, Karakter dan 5 Cara Merawatnya!

Hal-hal kecil seperti ini, bila tidak dibiasakan sejak peliharaan kalian masih berusia anak-anak, bisa-bisa mereka jadi bersikap semaunya. Kucing yang tidak diajari bagaimana cara dia berperilaku saat berada di dalam rumah tuannya, insting bebasnya dapat mengambil alih menjadikannya kucing liar. Karena, pada hakekatnya kucing bengal memang berasal dari alam bebas yang diketahui sebagai hewan liar.

Berikan makanan kucing khusus

Beberapa produk makanan hewan meluncurkan berbagai macam makanan kucing yang sesuai dengan ras serta usia dari kucing tersebut. Makanan siap saji ini, tentu lebih praktis dibandingkan kalian sendiri yang harus membuatnya dari nol sebelum memberikannya ke kucing. Akan tetapi, konsekuensinya kalian harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk memenuhi kebutuhan makanan kucing tersebut.

Ajak jalan-jalan

Cara merawat kucing bengal agar mereka tidak merasa dikurung dan dapat menikmati udara bebas, salah satunya dengan cara mengajak kucing berjalan-jalan. Kalian bisa memasangkan tali pengekang di lehernya supaya kucing tidak berlari jauh dari tempat kamu berdiri. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai terapi emosional baik untuk kucing maupun sang pemilik, sehingga mood keduanya kembali menjadi ceria saat pulang ke rumah.

Bawa ke salon hewan

Bulu kucing bengal memang tidak selebat ras kucing angora atau Siberia. Akan tetapi, bulunya yang tipis ini jika tidak dirawat sesekali akan tampak tidak indah lagi. Membawanya ke salon hewan, tidak perlu juga dilakukan setiap hari.

Frekuensi perawatan yang biasanya disarankan oleh salon hewan sebanyak 2 atau 3 kali dalam kurun waktu 1 bulan. Namun, jika dilakukan terlalu sering dampaknya juga tidak terlalu baik. Misalnya, kucing jadi semakin manja dan perubahan emosinya semakin menjadi jadi jika dirinya belum mendapatkan perawatan lagi.

Kucing Bengal
Kucing Bengal

Tanya Jawab Seputar Kucing Bengal

Membantu menjawab dari beberapa pertanyaan yang biasa dicari orang tentang kucing ini.

Berapa harga kucing bengal?

Harga kucing bengal yang ada dipasaran sangat relatif tergantung dari jenis ras, umur dan warnanya. Harga kucing bengal dimulai dari 2,5 juta hingga 40 juta. Untuk info lebih lengkap bisa baca penjelasannya diatas atau klik link ini: Harga kucing bengal di Indonesia.

Kenapa kucing Bengal mahal?

Harga kucing bengal mahal karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu dari keturunan, usia, dan kualitas gen indukannya. Tahukah kamu kalau kucing bengal ini merupakan generasi ke 4 dari Asian Leopard Cat. Itu lah penyebab dari kenapa kucing bengal mempunyai harga yang cukup mahal.

Kucing apa yang paling mahal?

Kucing yang paling mahal di dunia adalah kucing ashera. Harganya bisa mencapai hingga Rp. 1,7 Miliar. Kucing Ashera mempunyai bentuk tubuh seperti leopard dan hanya dapat menghasilkan 5 anak saja untuk pertahunnya. Itu lah mengapa kucing ashera ini mendapatkan urutan pertama paling mahal di dunia.

Apakah kucing bengal berbahaya?

Kucing bengal tidak berbahaya sama sekali. Fakta yang sebenarnya kucing ini sama halnya dengan kucing-kucing yang ada di rumahan pada umumnya. Kucing bengal tidak mempunyai sisi liar yang berbahaya seperti indukan pertamanya.

Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan penting terkait kucing bengal yang bisa kamu ketahui. Jika kamu tertarik untuk memelihara ras bengal tersebut, pastikan agar kamu benar-benar siap merawatnya. Karena ras bengal memiliki karakteristiknya tersendiri yang berbeda jika dibandingkan dengan kucing pada umumnya.