Sifat dan Karakter Kucing Birman yang Wajib Diketahui!

  84 views
Bagikan artikel ini

Kucing adalah hewan lucu yang memiliki banyak ras salah satunya Kucing Birman atau bisa juga disebut kucing birma. Kucing yang cukup bersahabat dengan manusia dan menggemaskan ini memiliki banyak peminat. Sekilas kucing ini hampir terlihat sama dengan ras kucing balinese dan siamese, namun yang membedakan yakni pada warna mata dan warna bulu di tubuhnya.

Warna yang terdapat pada bagian ujung tubuh kucing birman adalah warna dominan yang sesugguhnya. Bagian ujung yang dimaksud yaitu meliputi kaki, ekor serta telinganya. Kucing tersebut memiliki legenda dan sejarah yang unik yang belum banyak diketahui. Berikut ini adalah ulasan tentang kucing ras birman mulai dari legenda, sejarah, sifat, karakter dan cara merawat kucing lucu tersebut.

Kucing Birman
Kucing Birman

Legenda Tentang Kucing Birman

Sekian abad lalu, rakyat Khmer, Birma membangun sebuah kuil yang diberi nama Lao-Tsun. Kemudian kuil tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan dewi bernama Tsun-Kyan-Tse yang mempunyai mata unik berwarna biru safir.

Legenda kucing birman ini bermula saat seorang pendeta bernama Mun-Ha yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sikapnya yang rajin memuja dan bersemedi di depan patung dewi Tsun-Kyan-Tse bersama dengan seekor kucing. Kucing berbulu putih tersebut diberi nama Sinh.

Suatu ketika saat sang pendeta bersemedi, muncullah segerombolan perampok yang ingin menyerang kuil. Namun naas, nyawa sang pendeta tak tertolong sehingga ia meninggal. Ketika Mun-Ha meninggal, Sinh tiba-tiba naik dan meletakkan kaki-kakinya ke atas tubuh sang tuan. Sambil menumpu kakinya, Sihn menghadap ke arah patung Tsun-Kyan-Tse.

Tak berselang lama, tiba-tiba warna kakinya berubah menjadi coklat tanah, namun warna cakarnya tak berubah dan tetap putih. Warna putih pada cakar tersebut konon, memiliki arti kesucian. Sehari setelah Mun-Ha meninggal, semua kucing yang berada di sekitar kuil Lao-Tsun memiliki rupa yang sama seperti Sihn.

Baca juga:  Kucing Peterbald, Ciri-ciri, Karakter dan Cara Merawatnya

Setelah sang tuan Mun-Ha meninggal, Sinh tidak pernah sedikitpun meninggalkan altar pemujaan. Tujuh hari setelah Mun-Ha tiada, Sinh turut meninggal. Para masyarakat terdahulu percaya bahwa arwah kucing tersebut  turut serta membawa arwah Mun-Ha ke surga. Dan pada saat itulah banyak yang percaya jika ada kucing yang meninggal di kuil, akan ada arwah pendeta yang mengiringinya menuju ke akhirat.

Sejarah Kucing Birman

Dahulu sekitar tahun 1919, terdapat dua orang yang datang ke sebuah kuil dan berkomitmen untuk membantu para pendeta. Mereka ialah Gordon Russel dan Auguste Pavie, dua orang kebangsaan Perancis. Sebagai ungkapan rasa terima kasih, Vanderbilt seorang pendeta kebangsaan Amerika memberikan hadiah berupa sepasang kucing birman.

Beruntungnya sang birman betina yang diberi nama Sita tersebut sedang mengandung. Hal yang sangat disayangkan yaitu sang jantan meninggal ketika dalam perjalanan. Setelah melahirkan anak yang dikandungnya, anak kucing birman tersebut dinamain Poupee de Madalpour.

Federation Feline Fransais sebuah organisasi tempat pedaftaran kucing, mengakui bahwa kucing ras birman dengan nama Sacre De Barmanie sebagai ras kejuaraan pada tahun 1925. Pada tahun yang sama muncul keraguan karena diketahui bahwa ras awal birman berasal dari sepasang birman jantan yang bernama Orloff de Kaabaa dan sang betina bernama Xenia de Kaabaa.

Akibat resesi dan krisis Perang Dunia ke 2 ras ini mengalami pengurangan dan hanya terdapat satu pasang birman yang dapat selamat dan melewati masa kritis tersebut. Setelah sekian lama antara tahun 1966-an, untuk pertama kalinya Inggris mengakui ras birman ini. Satu tahun berselang tepatnya tahun 1967 Cat Fancier’s Assosiation yang berada di Amerika Serikat mengakui ras ini untuk kedua kalinya.

Kucing Birman
Kucing Birman

Ciri-Ciri Kucing Birman

  1. Kucing birman memiliki tubuh yang berukuran sedang dengan bobot mencapai 4-6kg. Meskipun badannya berukuran sedang ia memiliki kaki yang panjang dan kuat.
  2. Bentuk kepala kucing ini cenderung lebar dan bulat dengan hidung yang sedikit menekuk. Telinga kucing ini sedikit melengkung pada bagian ujung serta bentuk mata lebar bulat yang mendekati oval. Uniknya kucing ras birman mempunyai satu jenis warna mata yaitu warna biru.
  3. Warna bulunya colorpoint, maksudnya warna gelap hanya pada bagian tertentu saja seperti bagian telinga, kaki, ekor dan wajahnya. Sedangkan pada bagian lainnya warnanya cenderung lebih cerah seperti putih keabu-abuan.
  4. Berbeda dengan bagian lainnya, pada bagian leher dan ekor bulunya akan lebih panjang. Selain itu, bulunya juga lebih halus sehingga sangat nyaman jika dielus.
  5. Tampilan kucing ini cukup unik layaknya memakai sarung tangan pada bagian kakinya. Hal tersebut disebabkan pada bagian kaki dan cakarnya tetap berwarna putih meskipun bagian lainnya memiliki warna yang gelap.
Baca juga:  Mengenal Kucing LaPerm Berbulu Keriting

Sifat dan Karakter Kucing Birman

Setia

Kucing birman adalah jenis kucing yang setia kepada pemiliknya. Ia tak akan segan menunggu pemiliknya mulai pagi hingga sore. Kesetiaannya inilah yang membuat para peminat kucing tak segan untuk memeliharanya.

Cerdas

Birman adalah ras kucing yang cerdas dan memiliki sifat ingin tahu yang tinggi. Rasa penasaran inilah yang membuat kucing ini senang berjelajah tempat baru baginya. Melatihnya dengan metode yang tepat akan lebih mudah baginya untuk menangkap hal baru yang diajarkan.

Riang

Periang dan jinak adalah sifat yang melekat pada kucing lucu ini. Ia sangat senang bermain baik itu dengan ekornya atau dengan beberapa mainan kecil. Suaranya yang lembut akan membuat kucing ini terlihat lebih anggun. Selain itu, ia juga aman jika bermain dengan anak kecil karena kepribadiannya yang jinak.

Manja

Selain suaranya yang lembut, kucing ini sangat senang dipeluk dan dielus. Ia akan merasa nyaman jika berada dalam gendongan serta perlakuan yang penuh kasih sayang. Menjatuhkan pilihan pada kucing ini adalah keputusan yang tepat.

Cara Merawat Kucing Birman

Bermain dan berolahraga

Agar kucing birman sehat dan tidak mudah terserang penyakit, ajak sesekali ia bermain atau berolahraga. Berikan ia beberapa mainan kecil agar tak bosan dan bisa menikmati waktunya. Agar lebih sehat ajak ia berolahraga ringan. Tak sulit mengajarinya berolahraga, cukup ajak berjalan-jalan santai di sekeliling rumah setiap pagi atau sore.

Membersihkan bagian muka dan telinga

Bersihkan muka dengan menggunakan kain basah lalu lap pada permukaan wajahnya. Selain wajah, bagian telinga juga penting untuk dibersihkan. Gunakan air hangat dan kain  atau dengan cottonbud untuk membersihkannya.

Merawat bulu juga kuku

Sisir bulu kucing birman ini secara berkala agar tidak kusut atau gimbal. Sebelum menyisir alangkah baiknya membersihkannya dengan shampoo terlebih dahulu. Selain bulu, kuku juga menjadi bagian yang cukup penting. Gunting kuku seminggu sekali agar terhindar dari cakarannya yang cukup tajam.

Baca juga:  Kucing American Shorthair: Kenali Sejarah, Ciri hingga Harganya!

Daftar Kucing Birman Harga Terkini

Setelah mengetahui seluk beluk tentang kucing ini, kamu mungkin ingin mengetahui daftar kucing Birman harga terkini. Ras kucing satu ini dapat dikatakan menjadi primadona karena tampilan fisiknya yang indah dan merupakan kucing yang aktif bermain. Untuk memelihara kucing satu ini, kamu dapat melihat harga kucing Birman yang dijual di pasaran. Berikut penjelasan tentang harga kucing Birman terkini untuk kamu.

Kucing Birman Harga Terkini Tahun 2021

Permintaan terhadap kucing Birman hampir selalu sama setiap tahunnya. Kucing menggemaskan satu ini selalu ingin dipelihara terutama oleh para pencinta kucing. Di tahun 2021, semakin banyak masyarakat yang ingin menjadikan kucing Birman sebagai hewan peliharaannya. Adapun harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Mulai dari kucing Birman betina, jantan, anakan, dewasa, dan masih banyak lagi. Di bawah ini adalah rincian harga kucing Birman tahun 2021.

Jenis KelaminHarga
BetinaRp. 10.000.000 – Rp. 10.500.000
JantanRp. 11.000.000 – Rp. 12.000.000

Harga Kucing Birman di Cattery Resmi

Jika kamu ingin membeli kucing ini langsung dari pihak terpercaya, kamu dapat membeli kucing Birman di cattery resmi. Yang dimaksud cattery resmi sendiri adalah mereka yang secara resmi mendapat izin untuk mengembangbiakkan jenis ras kucing tertentu. Lewat cattery resmi, kamu bisa memilih untuk membeli kucing Birman dengan sertifikasi keaslian keturunannya atau tidak. Selain itu, perawatan kucing Birman di cattery resmi sangat dijaga.

UsiaHarga
AnakanRp. 6.000.000 – Rp. 8.000.000
Remaja atau Dewasa TanggungRp. 8.000.000 – Rp. 10.000.000
DewasaRp. 10.000.000 – Rp. 12.000.000

Kucing Birman Harga Paling Mahal

Secara umum kucing ini hanya memiliki satu warna bulu, yaitu berwarna coklat hitam di hidung (seal point) dan putih di bagian tubuh. Namun, ada juga kucing Birman yang di bagian hidungnya berwarna abu-abu (blue point), abu-abu kecoklatan (lilac point), dan masih banyak lagi. Perbedaan yang terdapat di antara kucing ini membuat harga masing-masing warna bulu kucing bervariasi sesuai dengan minat pasar.

JenisHarga
Jenis Seal PointRp. 8.500.000 – Rp. 9.000.000
Jenis Blue PointRp. 11.000.000 – Rp. 12.000.000
Jenis Lilac PointRp. 10.000.000 – Rp. 11.000.000

Itulah beberapa informasi menarik tentang kucing birman. Banyak yang mengatakan kucing tersebut berasal dari Birma (Myanmar), namun tak sedikit pula yang bilang jika ia berasal dari Perancis. Meskipun asalnya yang masih diperdebatkan, kucing imut ini sudah diakui bahwa ia adalah ras yang alami.