Cara Mengenali Kucing Bombay berdasarkan Karakter dan Ciri-cirinya

 
Bagikan artikel ini

Kucing Bombay merupakan ras kucing dengan warna hitam legam pada seluruh bagian tubuh yang dimiliki. Ia adalah jenis domestik yang menyerupai macan kumbang kecil. Menilik sejarahnya, kucing Bombay adalah hasil perkawinan silang Burma dan kucing bulu pendek asal Amerika.

Untuk lebih mengenal mengenai kucing Bombay, artikel ini akan membantu menjelaskan kepada kamu mengenai sejarah, karakter juga ciri-ciri yang mudah dikenali.

Kucing bombay

Sejarah Penemuan Kucing Bombay

Karakternya tak seganas julukan atau kemiripannya dengan macan. Sejarahnya dimulai dari eksperimen yang dilakukan beberapa peternak yang mengawinkan sejumlah ras kucing untuk menghasilkan pola atau warna baru.

Nama Bombay sendiri diambil dari salah satu pelabuhan eksotis di India meski negara tersebut sama sekali tak memiliki kaitan dengannya. Nama Bombay yang ikoniklah yang menjadi dasar pemberian nama tersebut.

Bombay lahir dari hasil persilangan kucing Burma serta American Shorthair berwarna hitam. Hal inilah yang membuat Bombay berwarna hitam legam dengan tubuh pendek yang menggemaskan. Peternak kala itu bernama Nikki Horner yang telah mengembangkan ras ini sejak tahun 1950-an.

Meski pengakuannya sebagai ras kucing baru didapatkan pada 1978 di Cat Fanciers Association sesaat setelah melakukan pendaftaran. Pengakuan inilah yang membuat Bombay kemudian diakui oleh seluruh organisasi internasional.

Kucing bombay

Mengenal Kucing Bombay dari Tampilan

Untuk mengenali kucing Bombay lebih akurat, salah satunya dengan memperhatikan ciri-ciri berikut ini:

Baca juga:  8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

Bulu Hitam Mengkilap

Bulu kucing Bombay berwarna hitam legam namun mengkilat dan pendek, membuatnya terlihat elegan dan menarik. Tujuan pembiakannya sendiri, memang ditujukan agar mendapat kemiripan dengan macan kumbang namun dengan bulu yang lebih halus.

Bola Mata Emas/Perunggu

Ciri lain yang dapat dibedakan adalah warna keemasan atau perunggu pada bola matanya. Kucing jenis ini juga sengaja dikembangbiakkan agar memiliki jenis mata tersebut. Sehingga, jika Anda menemukan jenis kucing hitam mengkilat namun tidak memiliki warna mata seperti kedua warna tersebut maka bisa dipastikan Ia bukan ras murni.

Perawakan Bulat

Berikutnya adalah perawakan kucing yang bulat. Kucing jenis ini cenderung memiliki perawakan yang bulat baik dari segi kepala, maupun hidung yang pendek. Bagian tubuh lain juga serupa, macam kaki, ekor, mata hingga telinga seluruhnya memiliki ujung yang membulat.

Berotot tapi Tidak Kekar

Hal lain yang bisa diperhatikan adalah tubuhnya yang berotot namun tidak kekar. Kucing jenis ini biasanya cenderung sedang dengan bobot 2,5 kg sampai 5,5 kg. Ukuran jantan sendiri juga lebih besar jika dibandingkan dengan betina.

Meski tak sebesar kucing Burma, namun Anda bisa melihat otot yang dimiliki dari perawakan kucing Bombay. Ia akan terlihat lebih berisi dan berotot meski saat disentuh sangat berbeda.

Cara Berjalan

Cara berjalan kucing ini cukup khas, yakni dengan melenggok dan terlihat lebih cepat. Ini dikarenakan bobot tubuh ras tersebut yang terbilang ringan. Ciri tersebut serupa dengan jenis macan kumbang saat berjalan, karena memang terinspirasi dari perkembangan rasnya.

Mengenal Kucing Bombay dari Sifatnya

Perihal sifat, kucing Bombay memiliki karakter yang cukup bisa dikenali seperti berikut ini.

Baca juga:  Kucing Terlucu Di Dunia Ini Harus Jadi Koleksi Pecinta Kucing

Berisik

Kucing Bombay memiliki karakter yang aktif dan berisik. Ia cenderung cerewet dan senang mengeong terus menerus ketika menginginkan sesuatu atau sekadar ingin diperhatikan.  Kucing Bombay tidak akan bersuara kencang ketika sendirian melainkan ketika ada majikan orang di sekitarnya.

Selain itu, suara eongannya terbilang khas dan sedikit berbeda dengan kucing lainnya. Kucing Bombay adalah ras yang cukup senang mendapat perhatian sebagai karakteristik utamanya.

Pintar

Kucing Bombay juga merupakan ras kucing yang pintar sehingga memungkinkannya melakukan banyak hal. Misal saja, cara membuka pintu kamar atau mengambil sendiri makanan yang disenangi di tempat tinggi. Mainan yang paling disenangi adalah lempar tangkap atau puzzle serta ragam mainan lain khusus kucing yang bisa menarik perhatian.

Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Sifat alamiah kucing Bombay adalah rasa ingin tahunya yang besar, hal ini dengan sangat mudah ditunjukkan ketika Ia melihat sesuatu yang baru atau menarik. Dia akan dengan cepat berada di tengah-tengah kerumunan atau situasi yang baru baginya, untuk melihatnya secara langsung.

Ramah dan Mudah Didekati

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, kucing Bombay adalah kucing keluarga yang ramah dan mudah didekati. Kemampuannya beradaptasi akan sangat cocok untuk menemani anak-anak bermain. Meski ramah terhadap manusia, Ia cenderung mendominasi jika bertemu dengan binatang lain terutama kucing.

Ini adalah sifat dasar sebagian besar hewan, dimana mereka cenderung menganggap dirinya alpha atau pemimpin yang seharusnya lebih berkuasa. Meski begitu, di hadapan manusia Ia akan mudah bermanja dan duduk di pangkuan majikannya.

Itulah beberapa penjelasan ringkas mengenai kucing Bombay, ciri-ciri, karakteristik serta hal penting lainnya untuk diketahui sebelum memilih memelihara ras ini.