Fakta Kucing British Shorthair yang Menggemaskan Jarang Orang Tahu!

  115 views
Bagikan artikel ini

Fakta kucing british shorthair yang menggemaskan jarang orang tahu! Apakah kamu mengenal ras kucing British Shorthair? Jika tidak, mungkin kamu bisa membaca artikel ini untuk mengenal ras kucing satu ini!

Kucing British
Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair yang lucu

Cobalah lihat kucing British Shorthair dan kamu pasti langsung tertarik dengan ekspresi ramah di wajahnya. Ras ini adalah salah satu ras kucing Inggris tertua, dan kucing yang tenang dan pendiam ini telah mendapatkan tempat di rumah tangga dan hati di Inggris dan sekitarnya karena sikapnya yang santai.

Hampir semua kriteria yang ada di kucing British Shorthair lucu ini berbentuk bulat – kucing ini memiliki kepala bulat, mata bulat cerah, pipi tembem, cakar bulat, dan ekor dengan ujung membulat. Jenis warna kucing British Shorthair ada banyak tetapi warna biru yang mencolok adalah salah satu yang paling populer.

Faktanya, jenis ini kadang-kadang disebut sebagai Blue British. British Longhair mempertahankan semua fitur yang sama tetapi memiliki bulu yang lebih panjang. Sangat sedikit peminat kucing yang mengenali British Longhair sebagai ras terpisah.

Sejarah Kucing British

Salah satu ras kucing tertua di Inggris, British Shorthair sebenarnya memiliki turunan Romawi. Tentara Romawi yang menyerbu Inggris selama periode ekspansi kerajaan tampaknya membawa serta kucing untuk melindungi pasokan makanan mereka dari hewan pengerat. Kucing-kucing itu menjajah daerah itu dan menjadi kucing jalanan yang umum selama berabad-abad.

Pada akhir tahun 1800-an, seorang pria Inggris bernama Harrison Wier dikenal sebagai peternak kucing pertama. Dia bertanggung jawab untuk memelihara kucing jalanan Inggris biasa dan melalui program pengembangbiakan dan pembiakan selektif, menciptakan kucing yang kita kenal sekarang sebagai British Shorthair.

Baca juga:  Jenis, Fakta, dan Cara Menjinakkan Kucing Liar yang Harus Kamu Ketahui!

Cara Merawat Kucing British

Kucing ras ini memang mudah bergaul, suka bermain, dan mudah dipelihara. Ras ini tidak terlalu menuntut dalam hal perawatan maupun perhatian, dan mereka bukan pula jenis yang sangat blak-blakan.

Bulu yang dimiliki oleh ras ini lebat dan pendek dibanding kucing ras lainnya. Namun tetap saja untuk mencegah hairball, kamu bisa menyisirnya sekali seminggu. Di musim semi, bulunya akan rontok lebih banyak sehingga perlu menyikatnya lebih sering selama periode ini.

Kebanyakan orang menganggap British Shorthair memiliki perangai dewasa, anggun, dan ramah. Namun, British Shorthair lambat untuk menjadi dewasa; rata-rata, kucing ini mencapai ukuran penuh pada usia sekitar tiga tahun, tetapi beberapa tidak sepenuhnya dewasa hingga usia lima tahun. Kucing ini tidak mungkin melompat ke pangkuan kamu dan tidak terlalu suka digendong, tetapi mereka sering menikmati kebersamaan dengan anggota keluarga manusia dan sering menghabiskan waktu bermain atau tidur siang di ruangan yang sama.

British Shorthairs memiliki kebutuhan energi yang relatif rendah memiliki kecenderungan untuk tidak begitu aktif seperti ras lainnya. Namun, kemampuan mereka untuk merasa puas juga berarti bahwa mereka dapat mentolerir ditinggal sendirian di rumah dalam waktu yang lama tanpa menderita kecemasan akan perpisahan.

Jika kamu memiliki anak atau hewan peliharaan lain di rumah, kucing ini cenderung toleran dan menerima – selama mereka dapat memiliki ruang pribadi. Ajari anak kamu untuk tidak secara paksa memegang atau memeluk kucing kamu, dan tidak mengizinkan hewan peliharaan lain melecehkan kucing ras ini.

Kucing British
Kucing British Shorthair

Masalah Kesehatan yang Umum Dialaminya

British Shorthair terkenal sebagai ras sehat dan tidak banyak menderita masalah genetik, kecuali resiko terhadap Hemofilia B. Tes DNA sederhana sudah cukup untuk dapat menyaring kucing mana yang membawa penyakit tersebut.

Baca juga:  Kucing Tonkin: Mengenal Ras Kucing Langka dan Pintar!

Hati-hati pula dalam menjaga British Shorthair agar tidak sampai menjadi gemuk karena banyak masalah kesehatan lain yang mungkin akan timbul. Masalah kegemukan dapat diatasi dengan mendorong mereka untuk berolahraga dengan menyediakan mainan interaktif serta bermain langsung bersamanya.

Perbedaan kucing Russian Blue dan British Shorthair

British Shorthair dianggap ras yang sehat dan diperkirakan hidup antara 14 dan 20 tahun. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi pada trah ini. Meskipun dapat menyerang hampir semua kucing, baik gingivitis dan HCM umum terjadi pada kucing British Shorthair.

Di sisi lain, Russian Blue adalah jenis yang sangat sehat. Tidak ada masalah kesehatan yang umum pada kucing-kucing ini. Bukannya mereka tidak akan pernah sakit, jadi tetap harus waspada. Meskipun lebih sehat daripada rata-rata kucing British Shorthair, mereka diperkirakan hanya hidup antara 10 dan 20 tahun.

Kucing British Shorthair dewasa lebih lambat dari ras lain. Hanya setelah 3 tahun, Kamu dapat mengatakan bahwa mereka sepenuhnya dewasa dalam hal perkembangan fisik. Trah ini merupakan kucing berukuran sedang, dengan proporsi berat badan yang normal. Jantan biasanya memiliki berat antara 9lbs (atau 4.1 kg) dan 17 lbs (atau 7.7 kg) dan betina antara 7 (atau 3.2 kg) dan 12 (atau 5.4 kg).

The Russian Blue, bagaimanapun, dianggap sebagai kucing berukuran kecil hingga sedang. Jantan lebih besar dari betina, tentu saja, dan juga lebih dewasa. Berat rata-rata kucing jenis ini adalah antara 5 lbs (atau 2,27 kg) hingga 12 lbs (atau 5,45 kg). Betina memiliki berat antara 7,7 lbs (atau 3,5 kg) dan 10 lbs (atau 4,5 kg) sedangkan jantan memiliki berat sedikit dari 10 lbs (atau 4,5 kg) hingga 13,2 lbs (atau 6 kg).

Baca juga:  Kucing Cymric: Kucing Hasil Mutasi Genetik Alami Tertua Asal Inggris

Dalam hal ukuran, kami pasti dapat membedakan mana yang lebih besar dari statistik ini. British Shorthair umumnya kucing yang lebih besar. Adapun dari segi keaktifan, British Shorthair tidak terlalu aktif. Kucing jenis Russian Blue, bagaimanapun, cenderung sangat energik dan membutuhkan banyak mainan untuk aspek ini.

Jika Kamu pernah melihat kucing British Shorthair, Kamu dapat mengamati beberapa hal. Mereka tampak kuat, memiliki dada lebar dan beberapa kaki sangat tebal. Kelucuan mereka berasal dari bulunya yang pendek dan tebal, dipadukan dengan kepala dan pipi bulat. Selain itu, matanya yang besar dan tubuhnya yang besar mungkin membuat Kamu ingin membelainya saat Kamu melihatnya. Ekor mereka juga sangat indah, tebal dan panjang sedang.

Kucing ini sering disebut British Blue karena suatu alasan. Warna bulu paling populer di antara mereka adalah biru. Namun kucing ini bisa memiliki banyak warna aneh dan langka yang akan membuatnya semakin cantik.

Dari sudut pandang ini, British Shorthair sering disamakan dengan kucing Russian Blue. Mereka terlihat sangat mirip. Mereka adalah jenis yang kuat juga; mereka mungkin tampak lebih besar karena lapisan ganda. Inilah salah satu perbedaan besar antara kedua ras tersebut. Kucing Russian Blue memiliki bulu yang tebal dan sangat lembut.

Lagi-lagi warna biasa dari kucing jenis ini masih biru. Mata mereka sudah kuning saat masih kecil. Seiring waktu, warna kuning berubah menjadi hijau tua.

Itulah ulasan tentang kucing British shorthair. Semoga bermanfaat!