Mengenal Lebih Dalam Kucing Bulu Dawai Amerika, Kucing yang Menggemaskan!

  35 views
Bagikan artikel ini

Kucing Bulu Dawai Amerika menjadi salah satu kucing ras domestik yang banyak disukai orang para pecinta kucing. Bulu yang lebat serta ekspresinya yang menggemaskan menjadi daya tarik kucing ini.

Kucing yang merupakan kucing ras domestik yang berasal dari New York ini menjadi salah satu kucing yang tergolong langka, apalagi di Indonesia. Ingin mengenal lebih dalam tentang kucing satu ini? Kita simak ulasan lengkapnya berikut

Kucing bulu dawai amerika

Sejarah Kucing Bulu Dawai Amerika

Kucing ini pertama kali ditemukan pada tahun 1996 oleh Joan O’seha yaitu seorang peternak kucing yang berasal dari pertanian Vermon, New York, Amerika Serikat. Joan O’seha pertama kali mengadopsi sebuah kucing yang memiliki bulu dawai.

Setelah itu ia memutuskan untuk membeli dua anak kucing yang sejenis dengan kucing sebelumnya pada tetangganya. Kedua kucing tersebut sepasang dan ia beri nama Amy dan Abby.

Kemudian, ia menjual Amy kepada peternak kucing ras lainnya dengan alasan untuk dikembangbiakan secara baik. Setelah dirawat oleh seorang peternak kucing bernama Madeline dan Bill, Amy melahirkan lebih dari 2 anak kucing.

Dari situlah lahir untuk pertama kalinya kucing ras American Wirehair Homogizot. Tahun 1967, tahun ini Madeline membuat petis untuk CFA, di mana isinya pengakuan ras kucing American Wirehair Homogizot. Tidak lama kemudian, kucing ini pun diakui jenis rasnya sebagai kucing ras percobaan.

Beberapa bulan setelahnya, populasi kucing jenis ini semakin banyak. Joan kemudian merubah sedikit standar kucing jenis American wirehair. Lebih spesifik, ia merubah standar bulu kucing-kucing agar lebih menggambarkan jenis kucing tersebut.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Scottish Fold

Ketika Joan, Madeline dan Bill sudah tidak menjadi peternak kucing lagi, beberapa peternak lainnya mengembangkan ras kucing American wirehair. Mereka mengawin silangkan kucing jenis ini dengan kucing ras shorthair.

Pada tahun 1978, CFA merubah status jenis kucing ras percobaan menjadi ras kucing kejuaraan. Karena tidak hanya peternak, juri lomba kompetisi dan peserta kompitisi mulai mengembangkan jenis kucing ini.

Sampai dengan 1995, jenis kucing American Wirehair ini didaftarkan di CFA, dengan total jumlah cuma 74 ekor saja.

Keunikan Kucing Bulu Dawai Amerika

Kucing bulu dawai amerika

Warna Tubuh Beragam

Keunikan pertama dari kucing ini adalah warna tubuh yang bermacam-macam. Jika kamu bertemu dengan kucing dawai amerika, kamu akan menemukan mereka dengan berbagai macam warna mulai dari Merah, putih, biru, perak, platinum, coklat, emas, biru krem, chinchilla, dan lain sebagainya.

Bentuk Tubuh Kuat dan Tangguh

Siapa sangka, dibalik ekspresinya yang menggemaskan, kucing ini memiliki tubuh yang kuat dan tangguh loh. Berat rata-rata kucing jantan jenis kucing ini bisa mencapai 5 kg. Sedangkan kucing betinanya 3,5 sampai 5 kg.

Kucing ini juga memiliki bulu yang tebal seperti domba, memang tidak terlalu halus. Tubuhnya memiliki tulang yang tebal serta ototnya yang kuat.

Mereka juga dapat bertahan hidup selama 7 sampai 14 tahun. Cukup kuat dan tangguh bukan?

Sifat yang Menyenangkan

Keunikan yang ketiga dari kucing ini adalah sifatnya yang sangat menyenangkan. Mereka bisa menjadi sangat aktif dan mudah bergaul. Tetapi bisa juga menjadi sosok yang pendiam saat saat tertentu.

Tidak Perlu Disisir Sering

Jika kucing-kucing ras lain dalam perawatannya mengharuskan pemilik untuk menyisirnya sering agar tidak kusut, berbeda dengan kucing dawai amerika satu ini. Kucing yang memiliki bulu tebal dan keras cenderung akan rusak jika terlalu sering disisir.

Baca juga:  Kucing Terlucu Di Dunia Ini Harus Jadi Koleksi Pecinta Kucing

Jangan juga terlalu sering mengikat bulu mereka karena akan menyebabkan kerontokan. Menyisir bulu terlalu sering justru akan memperparah kerontokan dan kerusakan bulu dari kucing kamu.

Cara Merawat Kucing Bulu Dawai Amerika

Setelah mengetahui ciri dan keunikan kucing ini, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara merawat kucing bulu dawai amerika. Bagi kamu yang tertarik untuk merawat jenis kucing satu ini, tidak perlu khawatir karena perawatannya cukup mudah.

Hampir mirip dengan perawatan kucing ras pada umumnya, kucing ini perlu dimandikan atau di grooming minimal 2 minggu sekali. Untuk menyisirnya, kamu tidak perlu repot terlalu sering melakukannya, karena bulunya yang tidak terlalu lebat.

Sisir bulu kucing cukup satu minggu satu kali untuk mencegah kerontokan bulu di segala tempat. Jangan lupa juga untuk memberinya vitamin dan vaksin ya.

Harga Kucing Bulu Dawai Amerika

Keunikan bulu yang mengkerut serta sifat aktifnya membuat kucing yang berasal dari New York Amerika ini dipasang harga yang cukup tinggi. Jika kamu ingin mengadopsi kucing ini, kamu perlu menyiapkan budget sekitar 1.000 – 1.200 US Dollar atau jika dirupiahkan sekitar 14 – 17 juta rupiah.

Nah, itu tadi informasi seputar kucing bulu dawai amerika mulai dari sejarah sampai dengan harganya. Bagaimana, sudah tertarik untuk memelihara kucing jenis ini?