Mengenal Kucing Bulu Pendek Britania yang Menggemaskan

Diposting pada 23 views

Kucing bulu pendek Britania (British Shorthair) yang biasa dikenal dengan nama Kucing BSH, merupakan salah satu ras kucing yang memiliki karakteristik unik. Kucing yang satu ini mudah sekali gemuk karena ia tidak terlalu aktif dan hobinya hanya rebahan.

kucing british shorthair
Kucing Bulu Pendek Britania / British Shorthair

Sama seperti ras kucing lain, kucing bulu pendek ini memiliki harga yang cukup tinggi ditambah dengan biaya perawatan yang tidak sedikit. Meski begitu, kucing bulu pendek ini tetap menjadi primadona di kalangan pencinta kucing karena gemas dengan tingkah lakunya.

Sejarah Kucing Bulu Pendek Britania

Di lihat dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebak, bahwa kucing ini berasal dari Inggris. Hal tersebut memang benar adanya, karena kucing bulu pendek Britania ini berasal dari Inggris yang sudah terkenal dengan karakteristiknya yang menggemaskan dan memiliki umur panjang.

Menurut para ahli yang mempelajari sejarah tentang kucing bulu pendek Britania, kucing ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Kucing bulu pendek dipercaya memiliki nenek moyang ras yang berkaitan dengan bangsa Romawi.

Kala itu bangsa Romawi menyerang dan menguasai Inggris. Sektor pertanian Inggris pun mulai dikembangkan. Sejak saat itu, kucing bulu pendek ini dijadikan sebagai pengusir hama di pertanian-pertanian tersebut.

Kucing bulu pendek tersebut hanya dipelihara untuk menjaga beberapa hasil pertanian milik bangsa Romawi. Mereka bertahan hidup dengan mencari makan sendiri. Meski begitu, populasi dari kucing bulu pendek ini sangat pesat.

Sejarah mengatakan, bahwa lama kelamaan para pencinta kucing di Inggris mulai menyadari keunikan kucing bulu pendek tersebut. Pada tahun 1800-an, satu persatu pencinta kucing mulai memelihara kucing bulu pendek ini di rumah, bukan untuk dipekerjakan di pertanian.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1871 di London, pertama kalinya diadakan kontes untuk ras kucing bulu pendek Britania ini. Dalam kontes itu ras kucing bulu pendek Britania mulai mendapat perhatian dan mulai mendapatkan banyak penghargaan.

Sejak saat itu, kucing ras British shorthair menjadi peliharaan rumah yang paling digemari siapa saja. Bahkan hingga saat ini.

Ciri-Ciri Kucing Ras British Shorthair

Di zaman sekarang ras British shorthair termasuk ke dalam salah satu peliharaan paling banyak diminati. Bahkan, tidak sedikit pula yang tertarik memeliharanya meski terkendala pada budget.

Apabila kamu salah satu penyuka kucing ras British shorthair ini, sangat penting mengetahui ciri-ciri utamanya. Berikut beberapa ciri-ciri dari kucing ras British shorthair yang harus kamu ketahui:

Memiliki Berat Badan Ideal

Ras British shorthair jantan memiliki berat badan mencapai 6 – 10 kg, sedangkan untuk yang betina mencapai 4 – 7 kg. Berat badan rata-rata kucing ini umumnya ideal, terlihat gemuk karena bulunya pendek dan lebat. Namun, kucing ini bisa lebih berat dan gemuk lagi, tergantung dari pola makan yang kamu terapkan.

Memiliki Umur yang Panjang

Ras British shorthair mampu bertahan hidup hingga 12 sampai dengan 20 tahun lamanya. Bahkan, ia bisa lebih lama menemani kamu, jika kamu mampu merawatnya dengan sangat baik dan benar.

Memiliki Bentuk Fisik yang Menggemaskan

Kucing bulu pendek ini memiliki bentuk kepala yang bulat, dilengkapi dengan pipi yang terlihat chubby atau sangat penuh. Ras bulu pendek ini pun kerapkali dikira sama dengan kucing ras Russian blue.

Matanya bundar dan memiliki warna berbeda-beda. Memiliki bentuk hidung yang pesek, dan paling unik bagian lehernya memiliki lekukan yang cukup lebar dan lurus sehingga bisa mengenai dagu bulatnya.

Membuatnya terlihat semakin lucu dan menggemaskan. Kakinya berbentuk bulat panjang, kukunya kuat, postur tubuhnya padat dan lumayan pendek serta memiliki otot yang kuat di bagian dada.

Memiliki Ciri Khas Tersendiri Pada Bulunya

Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki bulu pendek yang varian warnanya cukup banyak seperti; biru abu – abu, putih, hitam, keemasan, krim, hingga varian color point.

Cara Paling Tepat Merawat Kucing Ras British Shorthair

Mengetahui cara merawat kucing yang satu ini, bisa menjadi wawasan penting untuk kamu pencinta kucing bulu pendek. Sebab kucing bulu pendek ini dinilai cukup butuh effort dalam perawatannya.

Simak cara tepat merawat kucing ras British shorthair yang ada di bawah ini:

Pilih Makanan yang Tepat

Kucing jenis ini kerapkali dijuluki kucing boneka karena memang malas bergerak serta hobinya rebahan. Agar si bulu pendek ini terhindar dari obesitas, pilihlah makanan yang tepat dengan kandungan gizi yang seimbang untuknya.

Pilih Dokter Hewan yang Tepat

Kamu bisa dengan rutin membawa ras bulu pendek ini untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dari dokter hewan yang tepat. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter hewan tersebut mengenai kesehatan kucing agar kesehatannya bisa senantiasa terpantau.

Menjaga Kesehatan Mulut si Kucing

Kebersihan mulut terutama giginya bisa kamu perhatikan lebih dalam lagi, dengan cara rutin menggosok giginya menggunakan pasta gigi khusus kucing.

Menyediakan Tempat Buang Air yang Tepat

Kucing sudah terbiasa mengeluarkan kotoran di satu tempat yang sama, seperti pasir yang kamu sediakan. Sediakan tempat BAB yang tepat, sesuaikan dengan ukuran kucing kamu. Pastikan meletakkan tempat BAB jauh dari tempat makan dan minum kucing kamu.

Menjaga Kebersihan Kucing

Kamu bisa secara rutin memandikannya agar kucing bulu pendek Britania ini dapat terhindar dari serangan kutu maupun tungau. Jangan lupa untuk memotong kukunya juga.

Harga Kucing Bulu Pendek Britania

Dapat dipastikan biaya perawatan jenis kucing yang satu ini memang tidak sedikit alias mahal. Dapat diperkirakan kamu membutuhkan budget sekitar Rp. 1.700.000 per bulannya untuk pemeliharaan saja.

Kucing ras bulu pendek dari Inggris ini memang memiliki nilai sangat mahal. Sehingga tidak sembarang orang yang mampu membelinya, seperti halnya bengal dan jenis kucing mahal lainnya. Bisa dibilang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Selain membeli, kamu pun bisa mengadopsi kucing yang umumnya biaya adopsi tidak begitu berat. Mungkin saja adopsi kucing bulu pendek Britania, bisa menjadi solusi bagi kamu yang memang sedang minim budget.

Sedangkan untuk harga anak kucing bulu pendek Britania saja saat ini bisa mencapai lebih dari 20 juta rupiah. Bisa dibilang saat ini harganya sekitar Rp. 25.000.000,- untuk usia antara 2,5 bulan. Harga yang dibanderol bisa saja berubah-ubah setiap waktu.

Sedangkan untuk kucing British shorthair yang dewasa memiliki lebih banyak variasi harga. Misalnya saja yang sudah cukup umur, rata-rata harga yang ditawarkan mencapai Rp. 20.000.000,- saja.

Bagi penggemar kucing jenis ini, mengeluarkan uang sebanyak itu mungkin tidak menjadi masalah. Lain halnya dengan yang terkendala di budget, mungkin hanya bisa menikmati kegemasannya di YouTube atau melalui akun-akun Instagram kucing populer seperti Hosico Cat dan lainnya.         

Pesona si Kucing Primadona

Itulah penjelasan lengkap mengenai kucing bulu pendek Britania yang wajib kamu ketahui sebelum membelinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pesona kucing yang jadi primadona ini sangat kuat, dengan harga mahal tidak sedikit orang yang membelinya karena gemas. Jika kamu salah satu yang mengincar kucing ini, persiapkan segala hal yang dibutuhkan termasuk budget yang mencukupi.