Kucing Bulu Pendek Oriental: Deskripsi, Sejarah, Ciri, Cara Merawat, serta Harganya

  34 views
Bagikan artikel ini

Kucing bulu pendek oriental memiliki nama oriental shorthair ini adalah salah satu ras kucing domestik yang sangat menarik untuk dibahas. Kali ini, Kita akan mengupas tuntas tentang kucing ini mulai dari deskripsinya hingga harganya. Bagaimanakah pembahasannya? Langsung saja baca artikel di bawah ini untuk mengetahui tentang jenis kucing ini.

Kucing bulu pendek oriental
Kucing bulu pendek oriental

Deskripsi Kucing Bulu Pendek Oriental

Oriental shorthair atau kucing bulu pendek oriental ini adalah kucing yang merupakan hasil persilangan. Persilangan itu terjadi antara ras siam dengan ras lain. Secara tipe tubuh, kucing ini memiliki gen dominan dari kucing siam sehingga bentuknya agak serupa. Kucing ini dapat dikatakan tidak terlalu suka berkomunikasi, tetapi suka mendampingi Kamu sebagai pemiliknya.

Sejarah Kucing Bulu Pendek Oriental

Yang menyilangkan kucing ini awalnya adalah peternak kucing di sekitar 1950-an. Awalnya peternak kucing di negara Inggris menyilangkan ras siam dengan ras biru Rusia dan bulu pendek Britania. Berbeda lagi di negara AS, kucing ini disilangkan antara ras siam dan juga ras abisinia. Faktanya, pada awal perkembangannya banyak pihak yang menentang persilangan ras shorthair oriental ini.

Tetapi kemudian, organisasi resmi yang meregristrasikan kucing yakni CFA akhirnya mengakui keberadaan oriental shorthair ini. Semenjak diresmikan tadi, kemudian kucing ini amat populer di kalangan pecinta kucing.

Ciri Kucing Bulu Pendek Oriental

Setiap kucing memiliki cirinya tersendiri, bukan? Sebenarnya, dari namanya sendiri sudah sedikit ada gambaran tentang ciri dari kucing yang satu ini. Tetapi secara lebih mendetail, ciri dan karakteristik kucing ini antara lain adalah sebagai berikut:

Baca juga:  10 Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia, Simak Ulasan Berikut Ini!
  1. Tubuh yang dimiliki shorthair oriental adalah ramping dan panjang. Selain itu badannya cukup lentur atau dengan kata lain cukup fleksibel.
  2. Bentuk telinganya sangat khas yakni berbentuk besar
  3. Memiliki bentuk mata indah yakni bermata almond
  4. Bentuk bulunya pendek seperti namanya
  5. Ada banyak sekali warna yang ada pada bulunya, ada sekitar 300 varian warna.
  6. Meskipun ada sangat banyak, tetapi ada beberapa warna yang populer. Warna populer untuk kucing bulu pendek oriental ini adalah putih, biru, kayu hitam, dan juga coklat, dan masih banyak lainnya.
  7. Kucing ini sangat suka akan perhatian, bahkan jika kurang perhatian, dia akan menjadi sensitif dan agak agresif
  8. Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi sehingga suka pergi kesana kemari. Dapat dikatakan ia sangat aktif atas apa yang Kamu lakukan
  9. Bunyi mengeongnya cukup lembut, yang mana bahkan lebih lembut dibandingkan ras persilangannya yakni ras siam
  10. Suka berkomunikasi, ia tidak akan sungkan untuk mengeong dan menyambut orang terlebih dahulu.

Ciri dan keunikan tersebut sangat khas di shorthair oriental ini. Tetapi dengan berbagai ciri dan keunikan di atas, itulah yang menjadikannya sebagai kucing shorthair oriental.

Kucing bulu pendek oriental
Kucing bulu pendek oriental

Cara Merawat Kucing Oriental Shorthair

Jika Kamu sudah mengadopsi kucing ini, maka merawat adalah kewajiban Kamu sebagai pemiliknya. Ini juga merupakan tanggungjawab humanisme yang tidak boleh terlewatkan. Bagaimana cara merawatnya? Tidak terlalu susah kok, antara lain:

  1. Dikarenakan bulunya yang pendek dan juga kuat, Kamu tidak membutuhkan perlakuan ekstra terhadap bulunya. Cukup sisir minimal 2 minggu sekali saja.
  2. Tidak disarankan untuk mandi sering, karena kucing ini takut air dan karena bulunya pendek tidak akan cepat kotor. Cukup mandikan sekitar 2 minggu sekali saja.
  3. Jangan lupa memotong kukunya secara rutin karena kucing ini sangat aktif. Apabila tak kamu potong, yang ditakutkan dapat menyebabkan kucing terluka, bahkan resiko kamu juga terluka.
  4. Jangan lupa membersihkan kandangnya dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit potensial yang mungkin bisa menjangkitinya
  5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin pada klinik hewan atau dokter hewan langganan supaya kesehatan kucing oriental shorthair dapat terjaga
  6. Sebaiknya memberikan makanan khusus kucing untuk menghindari kebiasaan makan sembarangan dan juga untuk mencukupi nutrisinya
  7. Berikan vaksin jika belum divaksin dan berikanlah vitamin secara rutin agar angka harapan hidupnya jauh lebih lama.
Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Blacan! Wajib Diketahui!

Harga Kucing Oriental Shorthair

Kira-kira, berapa ya kisaran harga oriental shorthair ini? Berikut adalah daftar harganya!

JenisHarga
Oriental shorthair impor non-breederRp. 6.000.000 hingga Rp. 8.000.000
Oriental shorthair impor breeder asliRp. 8.000.000 hingga Rp. 21.000.000
Daftar harga kucing oriental shorthair

Harga di atas sifatnya masih kisaran, jadi bisa saja lebih mahal atau lebih murah tergantung dari berbagai faktor yang tidak bisa diprediksi secara mendetail. Tetapi setidaknya, Kamu sudah mendapatkan gambaran harganya.

Mengadopsi kucing bisa menjadi hal yang menyenangkan, sekaligus memberikan Kita sebuah tanggungjawab untuk merawat makhluk hidup. Tetapi, dengan mengenali berbagai hal tentang kucing itu dengan baik, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang berarti. Sekian artikel tentang kucing bulu pendek oriental semoga bermanfaat!