Sifat dan Karakter Kucing Burma yang Wajib Diketahui

 
Bagikan artikel ini

Kucing merupakan hewan dambaan bagi kebanyakan orang. Bentuknya yang menggemaskan kerap menjadi alasan beberapa dari kamu memilih untuk memeliharanya. Meski begitu, tidak semua kucing memiliki sifat yang lembut dan bersahabat dengan manusia. Jenis atau ras dari satwa ini yang banyak membuat kamu harus tahu kucing jenis apa yang hendak dipelihara. Bila Catlovers mengidamkan kucing dengan sifat lemah lembut serta ramah tapi tidak ribet dalam perawatan pantas untuk mempertimbangkan untuk adopsi kucing Burma.

Kucing Burma
Kucing Burma

Sejarah Kucing Burma

Kucing dengan ras Burma bisa dibilang memiliki sejarah yang panjang. Penemuan jenis ini dipercaya setelah beberapa penelitian yang panjang. Dr. Joseph Thompson ialah orang yang pertama mengimpor seekor kucing yang ternyata salah trah dari seorang pelaut. Kucing yang kemudian dibawa ke San Francisco tersebut kemudian diberi nama Wong Mau. Adaptasi di wilayah yang baru tak membuat Wong Mau terhambat. Setelah beberapa lama akhirnya kucing itu disilangkan dengan kucing jenis siam. Alasan perkawinan silang didasarkan terhadap fakta bahwa tidak adanya kucing Burma lain di Amerika Serikat waktu itu.

Namun, hasil dari persilangan justru melahirkan kucing jenis baru yakni siam. Fakta demikian memberi keyakinan kalau Wong Mau merupakan ras Tonkin bukanlah Burma. Bilamana kucing itu memiliki ras Burma maka akan mempengaruhi hasil persilangan yang mana berupa ras Tonkin dengan memiliki pola mink pada warnanya. Hingga beberapa lama setelahnya terus dilakukan persilangan antara pola mink dengan pola mink.

Baca juga:  Kucing Anggora: Sejarah, 5 Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya

Hasil dari beberapa kelanjutan proses tersebut ternyata memberikan hasil dengan warna dan tiga sifat yang berbeda. Pada tahun 1936 mulai diketahui bahwa kucing Burma dikenal di Amerika Serikat dan ada pula yang diimpor di Britania Raya. Meskipun pada awalnya kucing dengan ras demikian hanya baru ada yang berwarna stable. Perkembangan warna mulai terlihat pada tahun 1960-an yang mana mulai banyak jenis Burma dari berbagai warna bulu.

Sifat dan Karakter Kucing Burma

Kucing jenis Burma dipercaya merupakan ras yang istimewa. Dikatakan demikian sebab kebanyakan pemilik ras ini mengaku mudah dalam perawatan dan begitu loyal dengan pemilik. Apalagi bentuk kucing terlihat menggemaskan dengan mata cokelat serta ukuran badan sedang dengan bulu pendek yang menggemaskan. Berikut adalah sifat dan karakter dari kucing Burma:

Kucing indoor

Kucing jenis Burma bisa dibilang paling banyak yang pas untuk dirawat di rumah. Bagaimana tidak kucing ini akan bergantung erat dengan pemiliknya. Bila kamu memang seorang pengidam kucing tentu fakta ini menjadi kelebihan tersendiri. Kedekatan dengan satwa ini akan mudah dijalin selama memeliharanya. Usahakan jangan biarkan kucing tipe Burma berkeliaran sendirian di luar lingkungan kediaman sebab kemampuan hidup sendiri di alam terbilang rendah.

Penyayang

Kucing Burma dikenal lembut dan sangat penyayang. Tak ayal banyak pula yang beranggapan bahwa kucing ini begitu bersahabat dengan manusia. Hewan menggemaskan ini akan selalu berusaha di dekat pemilik dengan meminta dielus dan bisa duduk di pangkuan. Tipe kucing yang tidak suka sendirian akan membuat kamu sebagai pemilik akan terus diikuti dengan menggemaskan.

Periang dan ceria

Karakter khas dari kucing ras Burma ialah periang dan ceria. Hal itu bisa dilihat dengan segala tingkah lakunya untuk menarik perhatian pemilik. Tak mengherankan kucing ini akan berlatih entah itu mengambil sesuatu atau bermain dengan pola yang unik. Semua itu dilakukan agar kamu melihat serta memperhatikan tingkahnya. Namun, bila Catlovers tidak menanggapi pun tidak masalah untuknya.

Baca juga:  Kucing Bengal: Asal Mula, Karakteristik, Harga dan Cara Merawatnya

Cerdas dan berkemauan keras

Mau belajar sesuatu atau tindakan yang unik demi menarik perhatian menjadi bukti kalau kucing Burma begitu cerdas. Tetapi jenis ini juga mampu menjadi keras kepala dalam beberapa hal. Kamu dapat sulit untuk membujuknya untuk melakukan sesuatu. Sekali hewan ini menolak maka akan sulit untuk terus merayunya.

Ramah, lemah lembut dan manis

Selain memiliki kelebihan sebagai hewan yang sangat penyayang. Kucing ras Burma juga memiliki sifat dan karakter yang ramah dan lemah lembut. Kamu akan sering melihat tingkah lakunya yang begitu menggemaskan. Kucing ini pun tidak terlalu suka merengek. Semua tingkah lakunya merupakan bentuk ingin dekat dengan pemilik.

Penasaran dengan hewan lain

Sikap terakhir yang ada pada satwa ini ialah kerap penasaran dengan hewan lain. Penasaran dalam hal ini tidak membuat kucing Burma agresif melainkan sebagai wujud ingin mengenal. Dalam artian apakah hewan lain yang dilihat dapat dijadikan teman atau tidak. Karakter ini menjadikan satwa ini begitu istimewa.

Kucing Burma
Kucing Burma

Cara Merawat Kucing Burma

ada 4 cara untuk merawat jenis kucing burma yang bisa kamu lakukan. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Sikat atau sisir bulu tiap Minggu

Perawatan pada kucing jenis Burma sebetulnya sangatlah simpel. Apalagi kucing ini tidak memiliki bulu lebat seperti halnya kucing Persia. Meski begitu usahakan kamu tetap rajin dalam melakukan penyisiran bagian rambut kucing. Gunakan sisir kecil yang berbahan lembut agar hewan peliharaan merasa nyaman. Menyisir sangat penting agar bulu-bulu yang rontok mampu terjaring dengan baik. Tampilan kucing pun menjadi lebih rapi.

Tidak sering dimandikan

Berbeda dengan kucing jenis lain, kucing Burma tidak perlu sering untuk dimandikan. Ciri khasnya yang berbulu pendek tidak membuatnya nyaman untuk bermain air. Kamu dapat melakukan pembersihan secara rutin pada bagian lain seperti hidung dan telinga. Gunakan cutton bat serta tisu agar lebih mudah. Catlovers hanya perlu memandikan anabul ketika sudah dalam kondisi yang terlihat kotor.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Birman yang Wajib Diketahui!

Rajin menyikat gigi kucing

Meskipun tidak perlu sering dimandikan bukan berarti kamu membiarkan hewan peliharaan begitu saja. Berikan perawatan simpel seperti berupa menyikat gigi kucing beberapa Minggu sekali. Hal itu bukan tanpa tujuan melainkan agar kebersihan gigi terjaga. Kebersihan gigi demikian juga menyebabkan anabul tidak terkena karang gigi atau lebih dikenal dengan penyakit peridontal.

Pembersihan litter box dan kandang

Kandang merupakan fasilitas yang kerap ditempati kucing. Untuk itu pastikan kebersihan kandang dan segala perlengkapan lain tetap terjaga kebersihannya. Tujuan dari tindakan ini ialah agar tidak mempengaruhi kesehatan kucing  Burma. Bersihkan langsung bekas kotoran yang ada di sekitar, tak lupa pula perlengkapan seperti litter box. Bila kondisi kandang bersih lagi pula akan lebih nyaman untuk di lihat.

Pemberian makanan bernutrisi

Selain kebersihan yang harus dijaga, adapun kamu juga harus memperhatikan pakan yang diberikan. Usahakan terus beri makanan yang kaya akan nutrisi. Tujuannya adalah agar kucing tetap dalam keadaan bugar dan sehat. Pertumbuhannya pun tidak menjadi terhambat. kamu dapat memberikan beberapa pakan yang banyak disediakan di petshop.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kucing Burma. Intinya kucing jenis ini merupakan pilihan tepat untuk kamu yang mencari hewan peliharaan yang mudah bersahabat. Karakter dan sifat kucing ini yang begitu bagus membuat banyak orang memilih untuk memeliharanya. Tak lupa pula untuk selalu kontrol kesehatan anabul selagi memelihara dengan cek ke dokter hewan terdekat.