Kucing Burmilla: Sejarah, Ciri, Cara Merawat, dan Harga

  34 views
Bagikan artikel ini

Kucing burmilla: Sejarah, ciri, cara merawat, dan harga. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan kesayangan banyak orang karena bentuk serta tingkahnya yang lucu dan terdapat banyak sekali jenis kucing salah satunya adalah kucing Burmilla. Kucing jenis ini merupakan salah kucing manis yang langka. Ingin tahu sejarah, ciri, cara merawat, dan harganya? Kalau penasaran baca artikel ini sampai selesai yuk!

Kucing burmilla

Sejarah Kucing Burmilla

Kucing Burmilla merupakan kucing yang diciptakan secara tidak direncanakan. Pada tahun 1981, terdapat seorang peternak bernama Baroness Miranda von Kirchberg yang secara bersamaan mempunyai kucing Burma dan Chinchilla Persia. Dikarenakan ada di dalam satu ruangan yang sama menjadikan dua kucing berbeda jenis tersebut berkawin.

Perkawinan tersebut menghasilkan empat ekor anak kucing yang berbeda. Ada tiga kucing betina berwarna hitam serta berbulu pendek tebal dan satu kucing berbulu putih serta bermata hijau. Melihat dari hasil persilangan yang indah, memang menjadikan Baroness terus mengembangkan ras yang satu ini, dan menamainya Burmilla yang merupakan kombinasi dari Burma dan Chinchilla. Di Australia kucing jenis ini lebih sering disebut dengan nama Australian Tiffanie.

Ras kucing ini akhirnya diresmikan atau diakui sebagai ras baru pada tahun 1984 oleh organisasi Giving Cats Care Forever (GCCF) dan pada tahun 2011 oleh Federation Internationale Feline (FIFe).

Ciri Fisik dan Kepribadian

Sebagai hasil persilangan menjadikan kucing Burmilla mempunyai tubuh Burma dan bulu Chinchilla. Bulunya pendek dan sangat halus. Seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu yang panjangnya sama. Biasanya kucing ini mempunyai latar belakang warna bulu putih dan perak dengan banyak kombinasi warna seperti cokelat, hitam, ungu, krem, biru, dan merah.

Baca juga:  13 Ciri-ciri Kucing Keracunan yang Bisa Menyebabkan Kematian

Kucing ini tubuhnya berukuran sedang, berotot, kepala bulat, serta mata berwarna kuning emas dan hijau. Kaki bagian depannya lebih pendek daripada kaki bagian belakang. Daya tarik utama jenis kucing ini adalah matanya yang seolah-olah menggunakan eyeliner.

Telinganya berbentuk ujung bulat dengan ukuran sedang. Tubuh kucing Burmilla betina berukuran lebih kecil daripada tubuh jantan. Warna bulu pada kucing betina pun akan lebih pucat daripada kucing jantan. Ketik dewasa berat badan kucing ini bisa mencapai 3 kg sampai 7 kg.

Untuk kepribadian, mereka merupakan jenis kucing yang senang dimanja, sayang terhadap pemilik, suka diperhatikan, dan enerjik. Meskipun enerjik mereka juga suka ketenangan. Bahkan, terkadang kucing ini butuh waktu sendiri dan tidak ingin diganggu.

Kucing Burmilla bisa beradaptasi dengan baik dan menerima hadirnya orang asing. Kepribadian inilah yang menjadikan kucing ini sesuai untuk bermain dengan hewan lain seperti kucing dan anjing atau anak-anak.

Kucing yang hobi melompat dan memanjat menjadikan mereka cocok untuk dijadikan sebagai teman bicara. Memang mereka tidak bisa memberikan solusi atas segala masalah yang kamu ceritakan tetapi mereka akan menunjukkan sikap seolah-olah mengerti dengan apa yang dibicarakan.

Jika kondisi kesehatannya baik dan mendapatkan perawatan yang tepat maka kucing Burmilla bisa bertahan hidup selama 12 sampai 15 tahun.

Kucing burmilla

Cara Merawat Kucing Burmilla

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kucing Burmilla mempunyai bulu yang pendek sehingga perawatannya pun tidak jauh berbeda dengan kucing berbulu pendek lainnya. Kamu hanya cukup menyisir bulunya sebanyak dua minggu satu kali. Untuk menyisir, disarankan memakai sisir magnet agar bulu yang rontok bisa dihilangkan dengan mudah.

Disarankan untuk menggosok gigi kucing rutin satu kali dalam seminggu guna mencegah penyakit gigi seperti radang gusi dan lain-lain.

Baca juga:  Mengenal Kucing LaPerm Berbulu Keriting

Kucing ini juga tidak memiliki belek yang perlu dibersihkan setiap saat tetapi kamu  harus benar-benar memperhatikan kebersihan telinganya. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kasa yang direndam air hangat atau cuka apel. Kotak kotoran atau litterbox kucing juga harus sering dibersihkan karena jika tidak maka kesehatan kucing bisa saja menurun.

Kucing Burmilla merupakan jenis kucing yang cukup sensitif dengan panas sehingga disarankan untuk meletakkan mereka di dalam ruangan saja agar tidak terkena paparan sinar matahari.

Mereka juga rawan terkena sejumlah penyakit kulit misalnya seperti kurap. Kurap sendiri merupakan penyakit kulit yang diakibatkan adanya jamur dermatofit. Jagalah kesehatan kulit kucing dengan memandikannya dan jangan sampai terkena penyakit ini karena bisa menular ke manusia.

Kucing dengan ras Persia kebanyakan bisa menderita penyakit ginjal polikistik yang merupakan penyakit keturunan dan kucing Burmilla mempunyai masalah ini dari garis darah kucing Burma. Untuk pencegahan, kamu perlu memperhatikan pemberian makanan dan minuman.

Selain itu, masalah kesehatan yang juga dialami kucing lain adalah adanya serangan virus seperti virus Calici. Virus ini bisa saja sangat berbahaya bagi kucing karena menyerang mulut dan saluran pernapasan atas. Untuk pencegahan, kamu perlu memberikan vaksin secara rutin.

Harga Kucing Burmilla

Kucing Burmilla ada di kisaran harga Rp 7.000.000 sampai Rp 16.000.000 tergantung dengan kualitasnya. Demikian informasi mengenai kucing Burmilla. Semoga membantu dan bermanfaat untuk kamu yang berencana ingin memelihara kucing jenis ini. Terima kasih!