10 Fakta Menarik Kucing Caracal yang Jarang Diketahui

Diposting pada 12 views

Kucing Caracal atau biasa disebut Kucing Karakal merupakan jenis kucing liar yang hidup di alam benua Asia dan Afrika, namun lebih banyak habitatnya di Afrika. Kucing ini termasuk dalam family felida, yang berarti jenis kucing dengan tampilan anggun dan ramping.

Kucing Caracal
Kucing Caracal

Kucing ini termasuk jenis kucing yang berotot dan juga tangguh. Karakal diklasifikasikan sebagai kucing terberat dan tercepat dari seluruh jenis kucing kecil. Pemilik kucing caracal di Indonesia ini cukup banyak, contohnya para selebriti seperti Baim Paula, Fardhan dan Faricha.

10 Fakta Kucing Caracal yang Harus Diketahui Pencinta Kucing

Tampilannya yang eksotis membuat para pencinta kucing ingin mempunyai kucing caracal ini. Terlebih tampilannya yang “gagah” seperti memberikan suatu wibawa kepada yang memiliki kucing ini.

Kucing caracal yang kamu lihat sekilas saja, dapat disimpulkan sebagai kucing dengan karakter yang gagah dan pemberani. Lain lagi dengan kucing munchkin yang memiliki karakter dan sifat yang terbalik 180 derajat dengan kucing caracal.

Selain itu, ada beberapa fakta kucing caracal yang nyatanya belum banyak diketahui. Maka dari itu, simak faktanya sebagai berikut:

1. Memiliki Telinga yang Menyerupai Antena

Ciri khas dari kucing jenis caracal adalah telinga hitam berumbai dengan bentuk agak meruncing. Bentuk telinga inilah yang kemudian diambil sebagai asal namanya dari bahasa Turki yaitu karakulak yang berarti telinga hitam.

Telinga mereka berguna untuk mekanisme pertahanan hidup dan juga mencari mangsa di alam liar. Hal tersebut dikarenakan telinga dari kucing ini dikendalikan oleh 29 otot yang berbeda dan saling berhubungan.

Jumlah otot dan syaraf inilah yang membantu mereka mengetahui di mana mangsa bersembunyi. Jumbai di telinga mereka merupakan penguat sehingga menjadi keuntungan tambahan bagi mereka.

2. Memiliki Umur yang Panjang

Kucing jenis caracal memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis kucing kecil pada umumnya. Jika kucing lainnya memiliki umur harapan hidup sekitar 10 -15 tahun, maka seekor karakal mampu bertahan hidup di alam liar selama 12 tahun.

Bahkan jika hidup di penangkaran atau dipelihara dengan baik, mereka bisa berumur 18 hingga 20 tahun. Memiliki umur panjang ternyata tidak membuat mereka banyak hidup di alam bebas.

Hal ini terjadi karena dalam satu musim kawin induk kucing karakal hanya mampu melahirkan satu hingga enam anak kucing saja. Alhasil jumlahnya sangat terbatas dan menjadikannya langka.

3. Merupakan Pemburu yang Handal

Sama halnya dengan kucing jenis lain, kucing karakal pun merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Tentu saja mereka dikenal ahli dalam berburu seperti memanjat pohon dan berenang.

Mereka cenderung akan mengintai mangsanya dalam radius lima meter lalu berlari kencang untuk melompat. Tidak jarang jika mangsa lebih besar mereka akan menyembunyikan bangkainya di balik pohon.

Nah, selain dikenal sebagai ahli berburu kucing karakal ini diketahui dapat bertahan hidup tanpa minum dalam waktu yang cukup panjang. Apalagi ia terbiasa dari habitat padang Afrika yang panas.

Hal tersebut diakibatkan karena mereka dapat memenuhi kebutuhan airnya dengan memanfaatkan cairan tubuh mangsanya. Terlebih mereka tidak mencerna bulu mangsanya saat makan.

4. Kucing Caracal Memiliki Kaki yang Kuat

Harga kucing caracal dewasa yang dapat dibanderol lebih dari 100 juta rupiah ini, memiliki kaki yang hampir mirip seperti singa. Karakal bukan hanya mengandalkan kekuatannya saat mencari makan, kecepatan saat mengejar mangsa lebih ia utamakan.

Karakal bahkan tergolong sebagai yang tercepat. Selain sangat cepat, kucing ini mempunyai kemampuan untuk melompat setinggi tiga meter untuk menangkap burung yang sedang terbang.

Kecepatan dan kelincahan caracal yang mengesankan, membuatnya menjadi predator yang menakutkan apalagi mereka bahkan mampu melumpuhkan mangsa sebesar 3 kali ukuran tubuhnya.

5. Jenis Betina Lebih Agresif

Bila kamu melihat channel YouTube Irfan Hakim yang sedang melihat kucing karakal, tentu kamu akan sangat paham dengan karakteristik kucing ini. Di situ Fardhan selaku pemilik, menunjukkan bahwa ternyata kucing karakal jenis betina yang paling Agresif.

Padahal dari segi ukuran, kucing karakal betina lebih memiliki bobot yang kecil bila dibandingkan karakal pejantan. Hal itu tentu mengingatkan kita terhadap kawanan Singa bukan?.

Karena sang Singa betinalah yang paling aktif memburu dan berkoloni untuk mencari makanan. Kucing ini memiliki perilaku serupa karena merupakan hewan soliter yang memiliki wilayah. Mereka tipe hewan yang selalu menjaga teritori mereka layaknya Singa.

Karakal jantan umumnya memiliki wilayah kekuasaan yang lebih luas dibandingkan wilayah betinanya. Uniknya, karakal jantan cenderung bersikap lebih toleran terhadap kucing karakal lain tanpa memandang jenis kelamin.

6. Suaka Unik Khas Karakal

Jika biasanya kamu mendengar kucing jenis lain berkomunikasi dengan mengeong, berbeda dengan apa yang dilakukan jenis kucing karakal. Karakal justru berkomunikasi dengan cara menggeram, mendesis dan mendengkur.

7. Di banderol dengan Harga Ratusan Juta Rupiah

Beberapa macam karakal telah berpindah status. Di mana dulunya statusnya predator liar sekarang jadi hewan peliharaan ekslusif, dengan harga mahal. Hal tersebut mengingat hewan yang mudah dijinakkan ini sudah sangat langka.

Sehingga melestarikannya sangat sah – sah saja bila dipelihara dengan baik. Karenanya, harga kucing caracal di Indonesia sangat mahal. Ada beberapa yang menyebutkan bahwa anak kucing karakal saja bisa dibanderol hingga 7 ribu dolar sampai 10 ribu dolar.

8. Ternyata Karakal Dianggap Hama

Di daerahnya kucing karakal ini, memiliki populasi yang tidak terkontrol. Sehingga kucing karakal ini terkadang memakan hewan ternak dari masyarakat Afrika.

Oleh karenanya kucing ini terkadang diburu dan dibunuh oleh warga setempat karena sifatnya yang liar dan mengganggu. Mereka juga diburu untuk diambil daging dan bulunya atau juga untuk diperjualbelikan secara ilegal.

9. Spesies yang Langka

Kucing karakal memang dianggap cukup umum di wilayah Afrika akan tetapi sulit untuk membuat estimasi atau perkiraan jumlah populasinya karena digolongkan sebagai spesies terancam. Wilayah persebaran karakal pun sangat luas.

Ternyata tidak hanya di Benua Afrika saja, melainkan sampai ke semenanjung Arab sampai Asia Barat Daya. Karakal akan banyak kamu temukan di tempat tertentu kecuali di gurun sahara.

10. Memiliki Lebih dari Satu Pasangan

Namun, kucing ini termasuk kucing yang kuat karena beberapa kondisi habitat yang berbeda- beda. Kucing karakal sama seperti jenis kucing hutan lainnya, ia memiliki sifat polygynandrous yang berarti memiliki lebih dari satu pasangan.

Layaknya kucing pada umumnya, karakal mampu kawin setiap saat sepanjang tahun saat musim kawin. Menurut penelitian, musim kawin kucing ini antara bulan Agustus sampai Desember.

Seperti kucing- kucing liar perkotaan, induk kucing karakal ini akan terus memindahkan anak-anaknya dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga anak-anak mereka dari predator lain.

Riset Sebelum Memelihara Kucing Caracal

Bila kamu memang tertarik dengan kucing caracal ini, maka alangkah baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Karena pada umumnya kucing liar yang tergolong superior di alam liar, akan cenderung berbeda dengan kucing kampung atau kucing liar perkotaan. Dengan mengetahui karakteristik hewan peliharaan tentunya akan membantu proses perkembangan dari hewan tersebut.