Mengenal Kucing Ekor Bundel Jepang atau Kucing Japanese Bobtail

  42 views
Bagikan artikel ini

Kucing ekor bundel Jepang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya, Japanese bobtail cat atau yang biasa disebut dengan kucing ekor bundel jepang ini merupakan salah satu jenis kucing yang berasal dari negara Jepang. Nama kucing dari ras ini sering kali disebutkan dan digambarkan dalam beberapa dokumen kuno Jepang. Selain itu, kucing ini juga dipercayai sebagai wujud asli dari Maneki Neko.

Beribu-ribu tahun yang lalu, nenek moyang kucing dari ras ekor bundel Jepang pertama kali dipindahkan dari Asia Tenggara ke Jepang. Kucing-kucing tersebut digunakan oleh para petani untuk menghindari serangan tikus ataupun hama lainnya dari pertaniannya.

Pada bulan Agustus 1968, seorang peternak kucing yang bernama Elizabeth Freret mengimpor 3 ekor kucing dari ras ekor bundle Jepang dari negaranya, Jepang ke Amerika Serikat. Kemudian, itu menjadikan kucing jenis ini menjadi populasi utama di negara itu. Dan sejak tahun 1976, kucing dari ras ini mulai boleh berpartisipasi di kontes kucing.

Kucing ekor bundel jepang

Ciri dan karakteristik Kucing Ekor Bundel Jepang

Kucing ekor bundel Jepang memiliki ciri khasnya sendiri dari segi fisik maupun kepribadian atau sikapnya. Ciri khas utama dari kucing jenis ini adalah ekornya yang “bundel” atau bentuknya pendek seperti sehabis dipotong. Selain ciri khas dari ekornya tersebut adalah:

  • Badannya berukuran sedang namun berotot dengan berat sekitar 2,5 kg hingga 5 kg
  • Ekor kucing jenis ini dapat melingkar ataupun membengkok dengan ukuran panjangnya mencapai 4 inci (10,16 cm)
  • Matanya sipit dan memiliki tulang pipi yang menonjol, banyak orang menyebutkan bahwa kucing ini memiliki wajah dengan ciri khas yang sangat Asia
  • Telinganya lebar
  • Kaki kucing jenis cukup panjang
  • Bulunya ada yang panjang dan ada yang pendek, dengan pola dan warna yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan besar mereka memiliki warna bulu yang solid
  • Kucing ini memiliki masa hidup yang lama yaitu 15-18 tahun
Baca juga:  Kucing Balinese: Sejarah, Ciri, Sifat, Karakter dan Cara Merawat

Dari segi kepribadian atau sikapnya, kucing dari ras ekor bundel Jepang begitu menyenangkan dan menarik. Kepribadian yang dimiliki antara lain:

Penuh kasih sayang

Kucing jenis ini suka bermanja ke pemiliknya karena mereka membutuhkan perhatian yang melimpah. Mereka juga dapat sangat bersahabat dengan anak-anak di sekitarnya.

Gemar bersosialisasi

Kucing dari ras ekor bundel Jepang merupakan hewan peliharaan yang ideal. Sebab, mereka gemar bersosialisasi dan penuh dengan kejenakaan. Kucing ini juga sangat suka bermain, mereka dapat menemukan cara sendiri untuk menghibur dirinya sendiri.

Cerewet

Kucing jenis ini termasuk kucing yang sangat sering mengeong, mereka akan menyahuti perkataan pemiliknya dengan vokalisasi yang beragam.

Cara merawat Kucing Ekor Bundel Jepang

Cara perawatan kucing jenis ini tidak jauh berbeda dengan perawatan kucing dari ras lainnya. Perawatan-perawatan tersebut adalah:

  • Mandikan kucing kamu yang berjenis ekor bundel Jepang secara rutin supaya kotoran-kotoran yang ada di tubuhnya dapat menghilang.
  • Sisir bulunya selama 2 minggu sekali saja sudah cukup, karena kucing jenis ini memiliki bulu yang selembut sutra sehingga tingkat kerontokannya tidaklah setinggi kucing jenis lainnya.
  • Bersihkan telinga mereka secara rutin di pagi hari dengan menggunakan kapas dan air hangat untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran di telinga mereka.
  • Sikat gigi mereka juga secara rutin guna mengantisipasi munculnya karang gigi, karena gigi seekor kucing juga mudah terkena karang gigi jika tidak dirawat dengan baik.
  • Selalu sediakan makanan kucing dan jangan pernah biarkan kehabisan, kalau bisa cari makanan kucing yang paling didoyani kucing peliharaanmu itu, supaya nafsu makannya tidak pernah menurun.

Merawat kucing dari ras ekor bundel Jepang tidaklah rumit bukan? Hanya saja yang paling terpenting untuk diingat adalah karena mereka tipe kucing yang menginginkan perhatian yang tidak sedikit, maka kamu juga diharuskan untuk menghabiskan waktu sesering mungkin dengan mereka.

Baca juga:  Kucing Anggora: Sejarah, 5 Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya
Kucing ekor bundel jepang

Harga Kucing Ekor Bundel Jepang

Melihat banyaknya ciri khas yang dimiliki kucing jenis ini, harga kucing dari ras ekor bundel Jepang sendiri juga tidaklah murah. Kucing dibanderol harga dari kisaran Rp. 7.000.000 sampai Rp. 20.000.000. Harganya yang cukup mahallah yang membuat banyak orang mempertimbangkan kembali keinginannya untuk memelihara kucing jenis ini.

Satu fakta lainnya lagi dari kucing ras ekor bundel Jepang adalah mereka dipercayai sebagai wujud asli dari kucing terkenal yang bernama Maneki Neko. Maneki Neko sendiri adalah karakter kucing yang biasanya ditaruh di dasbor mobil sebagai hiasan oleh banyak orang. Patung kucing ini melambangkan “Keberuntungan” dan “Selamat Datang”. Mereka biasanya menggerak-gerakkan tangannya naik-turun sehingga seolah-olah mereka sedang melambaikan tangannya ke kamu.

Bagi kamu yang sedang mencari kucing yang aktif bergerak, kucing ekor bundel Jepang merupakan pilihan terbaik. Namun, jika kamu tidak ingin ikut bermain dengannya, jangan pernah berharap bisa merawat kucing ini dengan baik.