Sebelum Putuskan Pelihara Kucing Eksotis, Kenali Dulu Karakternya

Diposting pada 10 views

Tahukah kamu, kucing eksotis merupakan ras dari hasil persilangan antara ras bulu pendek Amerika dengan Persia. Kucing satu ini juga dikenal dengan sebutan kucing berbulu pendek eksotis karena memang bulu yang dimilikinya sangat pendek. Secara karakter, ciri fisik, kepribadian sampai gangguan kesehatan sama persis seperti kucing Persia. Bedanya hanya pada sifatnya dan ukuran bulunya yang sangat pendek.

kucing eksotis
Jenis Kucing Eksotis (kucing exotic shorthair)

Sebetulnya kucing exotic shorthair ada banyak macamnya, tapi yang paling populer adalah kucing berbulu pendek. Dimana kucing ini mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2005 lalu. Sampai sekarang, kucing tersebut banyak diminati. Salah satu alasannya karena perawatannya yang mudah.

Ciri-Ciri Kucing Eksotis Yang Wajib Kamu Ketahui

Selain dari bentuk bulunya yang pendek, kucing satu ini pun punya ciri fisik yang menarik. Apa saja ya? Simak berikut:

  1. Bentuk kepala oval dengan hidung mungil nan pesek seperti induknya yaitu ras Persia.
  2. Dari ukurannya yang kecil beratnya pun hanya sekitar 4-6 kilogram saja dan itu pun untuk kategori kucing yang dewasa.
  3. Pola warna kucing exotic shorthair umumnya punya efek smoked dan shaded.
  4. Sebagian besar pola warnanya adalah corak yang bergaris-garis dan terlihat besar. Untuk warnanya pun beragam ada yang abu-abu, putih, hitam, cokelat, keemasan, kebiruan dan lainnya.
  5. Dapat dikatakan kalau kucing exotic shorthair ini secara fisik mirip sekali dengan Persia hanya saja dalam versi mini. Pastinya sangat menggemaskan sekali, bukan? Ukurannya kecil dan mungil cocok untuk dipelihara di rumah maupun apartemen.

Sifat Kucing Exotic shorthair

Telah disebutkan sebelumnya kalau sifat si eksotis ini jauh berbeda dengan ras Persia. Lalu, seperti apakah sifat yang dimilikinya? Simak berikut ini:

  • Sifatnya yang tenang menjadikan kucing berbulu pendek ini cocok tinggal di kawasan mana saja.
  • Lincah, aktif dan anggun.
  • Selalu ingin tahu dan suka sekali bermain.
  • Suka berada di dekat si pemilik dan tidak suka menyendiri.
  • Merupakan kucing yang mandiri dan menyenangkan.
  • Kepribadian yang sangat menyenangkan dari si kucing berbulu pendek tentunya bisa dijadikan hewan peliharaan terbaik di rumah bukan? Tapi sebelum itu, kamu juga harus tahu seperti apa dan bagaimana perawatannya.

Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair

Exotic Shorthair
Kucing Exotic Shorthair

Dengan ukuran bulu-bulunya yang pendek, kucing ini cenderung lebih mudah dari segi perawatannya, seperti:

  • Sisir bulu lembutnya minimal dua kali dalam sehari
  • Sediakan sisir khusus untuk si kucing untuk merapikan bulu-bulunya setiap hari agar tidak kusam atau kusut. Selain itu, hal ini juga meminimalisir resiko stres pada si eksotis.
  • Bersihkan kandang secara rutin karena rentan kotor. Dengan kondisi tempat tinggal yang bersih bebas bau maka si kucing juga akan merasa nyaman.
  • Bila mungkin tidak sempat memandikan si kucing, kamu bisa menggunakan tisu bayi untuk membersihkan bulu-bulunya yang kotor. Tapi setelah itu segera mandikan akan bersih dan bebas bau.
  • Jangan lupa untuk menjemur si kucing di waktu pagi hari. Sama seperti manusia, kucing juga memerlukan cahaya mentari khususnya di waktu pagi.
  • Berikan nutrisi yang seimbang dan vitamin bila mungkin diperlukan. Atur asupan makanan dan minuman yang tepat agar si kucing tumbuh sehat.
  • Gunakan tisu kering untuk membersihkan air matanya. Soalnya jenis mata kucing ini sering berair karena mengalami masalah pada saluran mata airnya. Memang tidak semua menemui hal ini, tapi resiko tersebut sering kali ditemui.
  • Potong dan rapikan kukunya agar tidak panjang karena bisa membahayakan.
  • Mandikan si kucing dan pakailah shampoo khusus kucing yang aman untuk bulu-bulunya. Sekalipun berbulu pendek, si eksotis juga harus dijaga agar bulunya tidak rontok.
  • Bersihkan bagian yang sulit dijangkau seperti pada daun telinga menggunakan cotton bud. Apalagi memang telinga kucing tidak boleh kena air.
  • Berikan vaksinasi sesuai anjuran dokter karena sangat bagus untuk daya tahan tubuhnya.

Demikianlah deretan cara dalam merawat si kucing berbulu pendek yang hampir sama dengan perawatan kucing-kucing menggemaskan lainnya. Hanya saja karena bulunya yang tidak panjang, si eksotis disebut memiliki perawatan yang jauh lebih mudah.

Kisaran Harga Kucing Exotic Shorthair

Apakah kamu sudah mulai memikirkan untuk memelihara si kecil eksotis ini? Berapa ya bandrol yang ditawarkan? Untuk kisaran harganya ada di angka dua juta rupiah sampai dengan dua puluh juta rupiah. Harga yang sangat bervariasi dan cukup menguras isi dompet kan? Wajar saja karena si eksotis ini jarang ada yang punya. Kebanyakan orang memelihara Persia maupun anggora.

Sekalipun ukurannya mini dan beda jauh dengan kucing maine coon yang super besar, si kucing eksotis ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin memelihara kucing. Kenapa? Sebab perawatannya sangat mudah dan kucingnya juga sangat menggemaskan.

Cara Mengetahui Ras Kucing Exotic Yang Berkualitas

Ketika akan membeli si kucing eksotis ini, sangat penting untuk hati-hati agar tidak tertipu ataupun salah pilih. Mengingat harga kucing ras bulu pendek ini cukup mahal, jangan sampai asal-asal beli karena murah ya! Berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahui si kucing yang berkualitas. Sederhana yaitu dari melihat dan memperhatikan ciri-ciri fisiknya yang antara lain bagian mata, hidung, kepala dan tubuh si kucing itu sendiri. Berikut untuk selengkapnya:

Bagian kepala

Perhatikan bentuk kepala yang bulat atau cenderung bulat dengan ukuran yang besar. Selain itu, pastikan juga bagian leher tidak pendek tapi tebal. Jadi terlihat segaris antara jidat dagu dan hidung dari sisi samping. Kemudian rahang dan mulut kucing juga terlihat lebih lebar.

Bagian hidung

Hampir sama seperti induknya, namun kucing ini punya hidung pesek dan pendek tapi cenderung lebar. Dimana lekukan batang hidungnya sejajar dengan titik pusat tengah mata.

Bagian mata

Mata kucing eksotis yang bagus pada umumnya punya bola mata yang berkilau dan tidak juling juga tidak ada kelainan mata. Bentuknya bulat dan besar tanpa ada sudut di bagian kelopak matanya.

Bagian tubuh

Terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah bentuk tubuhnya. Si kucing eksotis yang bagus punya bentuk tubuh bagian dada yang cukup lebar. Bila dilihat dari samping, tengah dan belakang cenderung bulat. Ekornya juga termasuk pendek dan sangat sesuai dengan ukuran tubuh si kucing itu sendiri.

Sudah ada bayangkan kan ketika akan membeli kucing manis nan mungil ini? Dimana pun kamu membelinya, tetap harus selektif ya! Tapi direkomendasikan beli di tempat terpercaya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu yang baru pertama kali akan memilih hewan peliharaan, bisa memilih si eksotis ini. Kucing eksotis yang menggemaskan dan mudah dirawat. Sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang penurut di rumah. Selain itu, kucing ini juga lincah dan aktif. Kamu pun bisa membawanya ketiga berpergian ke luar menggunakan mobil, sepeda motor maupun sekedar jalan kaki. Tapi jangan lupa beri tali agar tidak pergi jauh-jauh.