Kucing Garfield: Wajib Diketahui Sejarah, Sifat, Karakter dan 5 Cara Merawatnya!

  68 views
Bagikan artikel ini

Kucing garfield disebut juga dengan nama kucing kucing eksotis, kucing bulu pendek eksotis atau Exotic Shorthair Cat. Kucing ini diperoleh dari persilangan antara kucing ras bulu pendek dan kucing ras persia.

Meskipun kucing ini memiliki beberapa kesamaan seperti kucing persia, namun kucing ini memiliki sifat yang berbeda. Selain itu, perbedaan paling mencolok antara kucing ini dengan kucing persia adalah bulunya lebih pendek dari kucing ras persia dan hidungnya yang lebih pesek. Kucing ini memiliki ekspresi wajah datar, sehingga terkesan unik.

Kucing garfield

Sejarah Kucing Garfield

Ras bulu pendek amerika dan ras persia telah disilangkan sejak akhir tahun 1950-an. Pengembangan ini dilakukan secara rahasia. Selain itu, pernah dilakukan juga persilangan lainnya, yaitu burma dengan rusian blue. Persilangan ini bertujuan untuk mendapatkan kucing dengan bentuk yang eksotis.

Sejak tahun 1987, kucing garfield hanya boleh didapatkan dari persilangan kucing bulu pendek amerika dan kucing ras persia. Cat Fanciers’ Association (CFA) pertama kali mengakui kucing eksotis dengan bulu pendek di tahun 1966.

Sifat dan Karakter Kucing Garfield

Dibawah ini adalah sifat dan karakter dari jenis kucing garfield yang perlu Kamu ketahui:

Karakteristik Tubuh

Secara morfologi umum, kucing garfield memiliki otot yang kuat, badan pendek, bobot berkisar 3.5-6 kg. Dibandingkan dengan kucing berbulu pendek lainnya, kucing ini memiliki bulu yang sedikit lebih panjang dengan tekstur lembut, halus, dan berdiri. Kucing ini memiliki warna bulu beragam, diantaranya perak, orange, krem, dan hitam

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Hutan Norwegia yang Harus Diketahui!

Bagian kepala besar dan bulat, dahi lebar, pipi berisi, dan rahang kuat. Leher tebal dan pendek. Mata berwarna biru, keemasan, kuning, atau tembaga. Kaki besar, pendek, dan lurus. Kucing ini memiliki ekor pendek dan tebal, dengan ujung membulat dan melengkung ke bawah.

Kepribadian

Kucing garfield memiliki kepribadian yang aktif, lincah, tenang, dan anggun. Selain itu, kucing ini juga cenderung pendiam, namun gemar bermain. Tidak heran kucing ini memiliki banyak peminat.

Interaksi Sosial

Kucing ini merupakan kucing yang gemar bersosialisasi. Ia ramah dengan manusia, kucing, dan anjing. Kucing ini cenderung gelisah jika ia sendiri. Ia merupakan kucing yang suka berinteraksi dengan pemiliknya, sehingga termasuk kucing yang manja namun setia.

Keingintahuan

Kucing ini adalah kucing dengan keingintahuan yang besar. Karena keingintahuannya inilah yang membuat kucing ini menyenangkan untuk di ajak bermain.

Kucing garfield

Cara Merawat Kucing Garfield

Perawatan kucing garfield cenderung lebih mudah daripada perawatan kucing ras persia. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui dalam merawat kucing eksotis ini.

Makanan

Kucing garfield di rawat dengan memberi makanan khusus berupa makanan dengan tekstur lembut yang bergizi. Selain itu, sebaiknya makanannya lunak dan mudah di telan, karena umumnya kucing jenis ini sering mendapatkan masalah gigi. Yang perlu diperhatikan lagi, yaitu makanannya juga harus mudah di cerna, agar kucing tidak mengalami sembelit. Makanan basah juga perlu diberikan untuk mencegah batu ginjal.

Makanan kucing ini harus tinggi protein hewani, rendah karbohidrat, bebas gandum, tanpa pengawet serta perasa buatan. Jika makanan kucing ini tidak tepat, maka akan menyebabkan susah makan dan berat badan turun. Biasanya, makanan yang sering di makan kucing ini dapat ditanyakan pada toko hewan atau pemilik sebelumnya.

Membersihkan Bulu

Bulu yang pendek, pada kucing ini, membuatnya terlihat bersih dan rapi. Akan tetapi, perlu dibersihkan secara rutin. Pembersihan bulu secara rutin diperlukan untuk menjaga warna bulu agar tidak pudar dan menjaga kesehatan badannya. Dalam satu hari, minimal dilakukan penyisiran bulu sebanyak 2 kali, menggunakan sisir logam.

Baca juga:  10 Fakta Menarik Kucing Caracal yang Jarang Diketahui

Selain itu, membersihkan bulu akan mencegah bulu kucing menjadi rontok dan alur bulu akan semakin rapi serta lembut. Perawatan bulu kucing ini dapat dilakukan dengan menjemur atau menyisir bulunya. Kamu dapat memandikannya 1 kali dalam sehari dan dapat menambahkan sampo. Kucing di jemur sekitar pukul 7-9 pagi, dengan waktu selama 20 menit.

Membersihkan Kandang Dengan Rutin

Membersihkan kandang perlu dilakukan dengan rutin. Kandang yang jarang dibersihkan akan menjadi sumber penyakit bagi kucing. Kandang harus terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, seperti aluminium yang kuat, ringan, tidak berkarat, dan awet. Tujuan pemilihan kandang juga perlu diperhatikan, apakah untuk perkawinan atau ternak.

Selain itu alas kandang harus nyaman untuk kucing dan harus diperhatikan juga kemudahan kandang untuk dibersihkan. Kandang yang mudah dibersihkan akan mencegah kucing terkena penyakit.

Pemberian Vitamin Dengan Rutin

Kucing ini rentan terhadap penyakit, sehingga perlu asupan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika Kamu tidak tahu jenis vitamin yang harus diberikan, Kamu dapat bertanya ke dokter hewan atau toko hewan yang resmi. Pemberian vitamin dilakukan saat kucing masih sehat (tidak menunggu sakit terlebih dahulu).

Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin juga harus dilakukan secara rutin. Pemberian vaksin bertujuan agar kucing tidak rentan terhadap penyakit. Vaksin harus diberikan oleh dokter hewan dengan dosis tertentu.

Menjaga Kebersihan Saluran Air Mata

Kucing garfield terkadang mengeluarkan lebih banyak air mata. Oleh karena itu, saluran air mata pada kucing ini, harus dibersihkan menggunakan tisu khusus. Jika saluran ini tidak dibersihkan dikhawatirkan akan mengakibatkan infeksi dan rusaknya bulu di sekitar mata.

Kucing garfield

Harga Kucing Garfield

Dengan keunikannya, wajar jika kucing garfield menjadi incaran banyak orang. Dibandingkan kucing lokal, kucing ini memiliki harga lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp 2,000,000 – Rp 15,000,000. Meskipun begitu, harga kucing ini hampir mirip dengan harga anakan kucing anggora.

Baca juga:  Bikin Gemas! Mari Mengenal Kucing Havana Kucing Super Lucu dari Thailand

F.A.Q. yang Berkaitan dengan Kucing Garfield

Menjawab beberapa pertanyaan yang biasa orang cari tahu di penelusuran google.

Garfield itu jenis kucing apa?

Kucing Garfield sebenarnya adalah kucing exotic shorthair. Kucing ini merupakan jenis yang cukup banyak di gemari oleh para pecinta kucing di Indonesia. Garfield ada karena hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing bulu pendek Amerika yang untuk pertama kalinya di akui oleh CFA sekitar pada tahun 1966.

Berapa harga kucing Garfield?

Seperti yang sudah disebutkan diatas untuk kisaran harga kucing garfield ini dimulai dari 2 juta hingga 15 juta rupiah. dan untuk yang jenis championnya dimulai dari 17 juta hingga 20 juta rupiah.

Kucing apa yang paling mahal?

Jika berbicara tentang kucing paling mahal, tentu saja kucing ashera yang menduduki peringkat paling atas. Kucing ashera di banderol dengan harga sekitar $125.000 (Rp 1,7 M) dikarenakan kucing jenis ini sangat langka di dunia. Pengembangbiakkan dari jenis kucing ini hanya dapat memproduksi 5 anak kucing saja untuk tiap tahunnya yang bertempat di Los Angeles.

Kucing lucu jenis apa?

Ingin tahu tentang jenis kucing lucu? diantaranya ada American shorthair, Anggora, British shorthair, siamese, himalayan, Maine coon, Ragdoll, Persian dan masih banyak lagi. untuk mengetahui lebih banyak lagi kamu bisa klik disini: jenis kucing.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai sifat, karakteristik, cara merawat kucing garfield hingga membantu menjawab beberapa pertanyaan yang biasa dicari tahu orang melalui internet. Semoga informasi ini dapat membantu, dan terima kasih.