Bikin Gemas! Mari Mengenal Kucing Havana Kucing Super Lucu dari Thailand

  27 views
Bagikan artikel ini

Bikin gemas! Mari mengenal kucing havana kucing super lucu dari Thailand. Kucing Havana adalah ras kucing yang berasal dari negara Thailand. Kucing jenis ini dapat hidup hingga mencapai umur 12 tahun dan pertama kali dikembangbiakkan di negara Inggris. Kucing ini juga biasa disebut Kucing Havana Brown karena warnanya yang coklat atau dengan nama kucing cokelat havana.

Sejarah dari kucing ini sendiri terbilang cukup panjang namun sangatlah menarik. Kucing jenis ini pertama kali dikembangbiakkan tahun 1890 di negara Inggris. Ras Havana terabaikan selama terjadinya perang dunia I dan II. Akhirnya pada tahun 1950, ada beberapa peternak kucing yang juga termasuk dalam pecinta kucing di negara Inggris yang memulai melakukan program pembiakan kembali pada ras Havana. Berikut nama-nama dari beberapa orang yang ikut dalam program pembiakan tersebut:

  • Mrs. Armitage Hargreaves dari Laurentide Cattery
  • Mrs. Munroe-Smith dari Elmtower Cattery
  • The Baronessvon Ullman dari Roofspringer Cattery
  • Mrs. Elsie Fisher dari Praha Cattery
  • Mrs. Judd dari Crossways Cattery

Alasan kenapa kucing jenis ini dinamakan Havana Brown adalah karena warna bulunya yang coklat dan mirip dengan cerutu yang berasal dari Havana, Kuba. Selain itu, juga terdapat alasan lain kenapa kucing jenis ini dinamakan Havana, karena motifnya mirip dengan kelinci yang juga dinamakan Havana dan berwarna coklat.

Kucing havana
Kucing havana

Ciri dan karakteristik Kucing Havana Brown

Kucing dengan ras Havana termasuk dalam salah satu jenis kucing yang langka karena jumlah kucing ini di dunia terbilang tidak terlalu banyak dan belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Seperti jenis kucing lainnya, kucing jenis ini juga memiliki beberapa ciri dan karakteristik yang berbeda dengan kucing jenis lainnya. Ciri-ciri dari kucing jenis ini adalah:

Baca juga:  Kucing Sphynx: Sejarah, Ciri Fisik, Karakteristik, Cara Merawat dan Harga
  • Memiliki berat tubuh 4 kg sampai dengan 6 kg
  • Kepalanya berbentuk segitiga dengan dagu agak persegi
  • Telinganya besar dengan ujung yang berbentuk bulat dan terdapat sedikit rambut pada bagian dalam telinganya
  • Bulunya berwarna coklat
  • Pola bulunya solid atau pendek, halus, dan berkilau
  • Warna matanya hijau kekuningan dan berbentuk oval
  • Dua kaki belakangnya sedikit lebih panjang dibanding dua kaki depannya dan memiliki cakar berbentuk oval dengan lima jari di masing-masing kaki depannya dan empat jari di masing-masing kaki belakangnya
  • Memiliki ekor yang ramping dengan ujung yang tajam dan panjang ekor yang proporsional dengan panjang tubuhnya

Untuk karakteristik atau kepribadian kucing jenis ini, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan kucing-kucing jenis lainnya, hanya saja ada beberapa yang membuatnya berbeda, yaitu:

Manja dan suka bermain

Meskipun termasuk dalam kucing yang pendiam, kucing jenis ini memiliki karakteristik yang manja dan suka bermain.

Setia

Karakteristik satu ini memang tidak terlalu berbeda dengan karakteristik kucing-kucing jenis lainnya, tapi kucing dengan jenis ini memiliki kesetiaan yang tinggi sehingga cocok untuk kamu yang menginginkan kucing yang memiliki karakteristik setia dan terikat kepada pemiliknya.

Adaptasi yang baik

Kucing jenis ini dikenal memiliki adaptasi yang baik. Mereka mudah beradaptasi di lingkungan baru dan memiliki kecerdasan yang cukup tinggi sehingga kamu bisa melatihnya untuk memahami perintah-perintah yang kamu berikan.

Senang mendapatkan perhatian

Karakteristik ini juga tidak cukup berbeda dengan kucing-kucing jenis lainnya, kucing jenis ini suka menuntut perhatian dari pemiliknya, kalau sang pemilik mengabaikannya, mereka akan ngambek atau merajuk dengan selalu mendekati dan mengikuti ke mana pun pemiliknya berada.

Karakteristik atau kepribadian dari masing-masing kucing memang berbeda-beda, tapi kepribadian ini telah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka, maka itulah yang membuat sifat dan ciri kucing satu dengan kucing lainnya berbeda-beda.

Baca juga:  Kenali Kucing Bengal Mix Kampung Wajib Diketahui! Seperti Harimau

Cara merawat Kucing Havana Brown

Merawat kucing jenis satu ini terbilang mudah karena memiliki bulu yang pendek. Selain itu, perawatan yang harus dilakukan untuk kucing jenis ini juga sama saja dengan perawatan kucing jenis lainnya, yaitu:

  • Menyikat dan menyisir bulunya serta mengangkat bulu-bulu matinya
  • Menyikat giginya secara rutin
  • Membersihkan kedua matanya dengan teliti
  • Memotong kukunya juga secara rutin
  • Membersihkan kedua telinganya juga tidak kalah penting untuk dilakukan guna menghindari terjadi penumpukan kotoran di kedua telinga kucing.
Kucing havana
Kucing havana

Harga Kucing Havana Brown

Harga dari kucing havana sendiri terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan kucing-kucing jenis lainnya, apalagi jika melihat tingginya tingkat kelangkaan dari kucing ini. Untuk menentukan harga dari kucing jenis ini, itu tergantung dengan usia, kualitas, dan kondisi kucing tersebut, tapi untuk saat ini kucing jenis satu ini memiliki harga kisaran Rp. 8.000.000 sampai Rp. 16.000.000. Namun, karena tingkat kelangkaannya yang tinggi, kamu membutuhkan upaya keras untuk mencari kucing jenis Havana ini.

Nah, sampai disini pembahasan kita mengenai Kucing Havana Brown. Jangan lupa untuk selalu merawat kucing peliharaan kamu jika kamu memang berniat untuk mengadopsinya, karena seperti halnya manusia, kucing juga memiliki perasaan yang akan sakit jika kamu tidak merawatnya dengan baik.