Kenali Kucing Himalaya Mix Kampung dan Cara Merawatnya

 
Bagikan artikel ini

Kenali kucing himalaya mix kampung dan cara merawatnya. Kucing Himalaya mix kampung merupakan kucing keturunan campuran antara kucing Persia Himalaya dengan kucing kampung. Seperti apakah kucing dari hasil perkawinan silang tersebut? Yuk, cari tahu lebih jauh pada ulasan di bawah ini!

Kucing himalaya mix kampung

Kucing Himalaya Mix Kampung

Kucing Persia Himalaya atau sering disebut juga Kucing Himalaya, merupakan kucing dari hasil perkawinan silang antara kucing Persia dengan kucing siam. Perkawinan silang ini melahirkan kucing dengan warna bulu dan warna mata seperti kucing siam, serta berbulu panjang seperti kucing Persia.

Kucing Himalaya mempunyai leher pendek, hidung pesek dan mata berwarna biru. Ditambah lagi dengan pipinya yang tembam, pasti kamu akan gemas melihatnya. Tubuhnya gemuk dan terlihat bulat. Kakinya yang pendek membuat kucing ini kesulitan untuk melompat tinggi. Meski begitu, telapak kakinya cukup lebar dan kuat.

Uniknya, warna bulu Kucing Himalaya terlihat seperti yang dimiliki kucing siam. Terdapat warna mencolok pada beberapa bagian tubuh, seperti telinga, muka, kaki, serta ekor. Warna mencolok ini disebut juga warna poin. Warna poin pada Kucing Himalaya bermacam-macam, antara lain seal, cokelat, lilac, cream, blue, dan red flame.

Sedangkan kucing kampung merupakan jenis kucing yang dijumpai di lingkungan sekitar kita. Kucing ini sering berkeliaran di jalan, gang, pasar, atau bahkan kamu kerap menemukan mereka di dapur rumahmu kepergok mencuri lauk ikan. Kucing ini memiliki bulu pendek dengan berbagai macam warna, seperti hitam, putih, oren, belang, serta warna campuran.

Baca juga:  Kenali Berapa Lama Kucing Hamil dan 10 Ciri Akan Melahirkan

Dengan berbagai variasi warna tersebut, kucing kampung memiliki karakter sifat yang berbeda-beda pula. Ada yang pintar aktif, ramah, dan suka berburu. Ada juga yang lebih suka tidur, penyendiri, agresif, dan tidak pandai berburu. Biasanya orang-orang lebih suka memelihara kucing yang suka berburu untuk mengusir tidur yang ada di rumah.

Saat ini banyak orang yang ingin mengawinkan kucing kampung dengan berbagai jenis kucing ras lainnya. Keturunan dari perkawinan silang ini akan melahirkan kucing yang memiliki perpaduan karakteristik dari kedua kucing tersebut. Serta nantinya diharapkan keturunan yang dilahirkan lebih mirip dengan kucing ras.

Sering kali keturunan dari perkawinan silang ini lebih dominan mirip kucing kampung ketimbang  kucing ras. Meski begitu, kucing ini dianggap lebih kuat dan tidak gampang terserang penyakit. Jika kamu ingin memeliharanya, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya memang tidaklah mahal.

Ciri-Ciri Kucing Himalaya Mix Kampung

Kucing Himalaya mix kampung melahirkan keturunan yang lebih mirip dengan kucing kampung. Tubuhnya panjang dan ramping dengan kaki-kaki yang kuat. Bentuk wajahnya seperti kucing kampung dengan hidung yang tidak pesek. Yang terlihat seperti Kucing Himalaya hanya ukuran ekornya saja yang panjang.

Kucing campuran ini mempunyai bulu pendek dengan warna mengikuti induk kucing kampung. Namun jika dikawinkan dengan kucing kampung berwarna putih, keturunannya bisa memiliki perawakan seperti kucing kampung dengan warna poin pada tubuhnya. Mungkin terlihat seperti kucing siam, namun wajahnya agak bulat dan memiliki warna poin yang tidak terlalu mencolok.

Kucing himalaya mix kampung

Karakteristik Merawat Kucing Himalaya Mix Kampung

Kucing Himalaya mix kampung sangat aktif dan pintar. Maka jangan heran jika kamu melihat kucing ini seperti tidak bisa diam. Kucing ini juga sangat suka berinteraksi dengan orang dan sangat ramah. Jika memeliharanya, kamu bisa mengajaknya beraktivitas dan bermain bersama. Selain itu, kucing ini akan merasa sangat senang saat kamu membelainya.

Baca juga:  Kenali Kucing Bengal Mix Kampung Wajib Diketahui! Seperti Harimau

Cara Merawat Kucing Himalaya Mix Kampung

Merawat Kucing Himalaya mix kampung sebenarnya sama dengan merawat kucing biasa lainnya. Perawatan ini dilakukan tentunya agar si kucing terjaga kebersihannya dan terhindar dari sakit. Tips merawat kucing campuran Himalaya kampung antara lain:

  • Meski berbulu pendek, mandikan si kucing secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu bulan.
  • Gunakan sampo khusus kucing pada saat memandikan si kucing.
  • Siapkan obat kutu khusus kucing untuk persiapan juga sewaktu-waktu si kucing mengalami kutuan.
  • Sisir si kucing secara teratur agar bulunya yang rontok tidak tertelan saat si kucing menjilati tubuhnya.
  • Gosok gigi si kucing agar kebersihan mulut tetap terjaga, setidaknya seminggu sekali.
  • Peliharalah kucing lain sebagai teman untuk si kucing.
  • Sediakan banyak mainan sebagai alat bermain kucing.
  • Sering-seringlah mengajak si kucing bermain.
  • Berikan si kucing makanan bernutrisi seimbang agar tidak mengalami obesitas.
  • Berikan makan si kucing dengan jadwal teratur.
  • Pastikan makanan dan tempat pakan dalam kondisi bersih.
  • Cucilah tempat pakan setelah si kucing menghabiskan makanannya.
  • Sediakan tempat khusus untuk mengasah kuku si kucing agar tidak menggaruk di sembarang tempat.
  • Sediakan tempat berisi pasir khusus yang bisa dipakai buang air si kucing.
  • Bawa si kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksinasi.
  • Jika si kucing mengalami tanda-tanda sedang sakit, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Penutup

Nah, itulah ulasan tentang Kucing Himalaya mix kampung. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis kucing. Sampai di sini dulu dan terima kasih.