Fakta Unik Kucing Himalaya, Generasi Persilangan Kucing Siam Dan Persia

Diposting pada 10 views

Kucing Persia dan Anggora umumnya menjadi pilihan peliharaan bagi sebagian besar. Tak terkecuali dengan kucing Himalaya yang merupakan generasi dari persilangan kucing Persia dengan Siam. Tak heran jika dari penampilan si Himalaya mirip-mirip dengan indukannya tersebut. Tapi kucing ini sering disebut sebagai Persia Himalaya dan menjadi salah satu jenis dari kucing Persia.

Kucing Himalaya
Jenis Kucing Himalaya

Lalu seperti apakah penampilan dari si Himalaya? Apakah persamaan dan perbedaannya dari ras induknya itu? Tentu saja ada yang sama dan ada pula yang beda.

Perbedaan Kucing Himalaya Dan Siam

Buat kamu yang masih bingung membedakan kucing Persia Himalaya dengan Siam, kamu bisa mengecek dari beberapa perbedaan berikut ini:

  • Sebagian besar Persia Himalaya punya bentuk tubuh yang gemuk dan besar, sementara Siam memiliki postur yang ramping. Jadi sangat berbeda jauh. Bahkan sampai bagian ekornya saja terlihat gemuk karena dipenuhi bulu-bulu lembut dan panjang. Tetapi kucing Siamese tidak begitu karena ekornya pun tidak kalah ramping dari badannya.
  • Ukuran kaki Himalaya cenderung pendek dan lebih pendek dari kucing Siamese. Hal tersebut membuat si kucing ini tidak suka melompat. Sedangkan Siam termasuk kucing yang suka melompat-lompat.
  • Bentuk wajah khususnya bagian hidung si Himalaya kebanyakan pesek dan kecil. Sementara Siam memiliki ukuran hidung yang tidak terlalu pesek maupun mancung. Bentuk wajahnya pun mungil, sedangkan bagian wajah si Himalaya cenderung bulat dan lebar.

Antara Siam dan Himalaya sangat beda jauh bukan? Sekalipun Himalaya adalah garis keturunan dari Siam, tapi tidak semuanya samaan. Sisi yang tampak begitu mirip dari Siam yang ada pada Himalaya adalah warna bola matanya yang biru. Dimana tidak semua warna mata dari kucing Persia itu biru.

Fakta Unik Dari Persia Himalaya, Generasi Dari Persilangan Kucing Persia Dan Siam

Untuk menjawab lebih detailnya, berikut ini ada beberapa fakta unik dari kucing Persia Himalaya yang wajib kamu ketahui. Berikut selengkapnya:

  1. Tahukah kamu kalau kucing Persia dan Siam itu sama-sama ras natural? Sementara itu, Persia sengaja disilangkan dengan Siam agar mendapatkan keturunan dengan warna mata juga bulu seperti Siam dan ukuran bulu yang lebat panjang seperti kucing Persia.
  2. Sifatnya pun dominan mirip dengan Persia yakni tenang, santai dan suka sekali diusap-usap. Biasanya si kucing akan lebih nyaman jika berada di tempat yang tenang ataupun di dekat orang-orang yang sering dilihatnya. Selain itu, Himalaya termasuk kucing yang tidak suka melompat ke sana dan kemari. Sebab ia memiliki badan gemuk dan kaki pendek yang menyulitkannya untuk melompat.
  3. Memiliki bentuk mata bulat dan berwarna biru. Terlihat indah sama seperti induknya yakni kucing Siam. Tidak hanya itu saja, beberapa Persia Himalaya punya warna bulu seperti yang dimiliki oleh Siam.
  4. Persia Himalaya terbagi menjadi dua jenis yaitu Himalaya wajah boneka dan Himalaya wajah datar. Perbedaan keduanya sangat jelas dimana Himalaya wajah datar jika diperhatikan dari samping bagian hidung tampak sangat-sangat pesek atau terlihat datar. Sementara Himalaya wajah boneka bagian hidungnya tidak begitu pesek. Jadi intinya dibedakan dari bentuk hidung yang dilihat dari sisi samping.
  5. Himalaya termasuk jenis kucing yang punya kesehatan bagus. Hanya saja ia memiliki penyakit turunan yang berasal dari Persia yakni PDK atau penyakit kista pada ginjal atau ginjal polikistik dengan kemungkinan terjadi 36-49%.

Sama seperti kucing-kucing lainnya, Himalaya punya keistimewaan tersendiri. Beberapa diantaranya seperti yang telah disebutkan di atas. Dari fakta unik tersebut, mungkin kamu akan lekas berburu kucing ini untuk dipelihara di rumah. Tapi pastikan itu Himalaya asli bukan yang palsu ya. Pasalnya ada kucing Himalaya asli dan palsu di luar sana. Jadi harus hati-hati.

Terlebih ketika kamu mendapatkan harga yang sangat murah, kamu harus hati-hati bisa jadi itu palsu. Sebab harga kucing Himalaya mata biru dibanderol dengan angka yang cukup mahal. Bahkan untuk anakan sekalipun bisa tembus di nominal jutaan rupiah. Belum lagi jika kucing tersebut punya keunggulan lain pasti akan ditawarkan dengan harga lebih tinggi lagi.

Cara paling aman dan mudah untuk membeli kucing persilangan dari ras Siam dan Persia adalah di toko hewan yang telah dipercaya. Biasanya mereka memiliki penawaran harga yang beragam. Jadinya bisa dipilih sesuai keinginan dan juga anggaran.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Persia Himalaya

Wajar saja jika harga Persia Himalaya itu berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi, contohnya adalah:

  1. Kesehatan dari si Himalaya itu sendiri. Karena itu perhatikan kesehatan si kucing sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan sampai membeli kucing yang sakit-sakitan ya. Karena pengobatannya tidak mudah dan harga obatnya belum tentu murah.
  2. Umur yang biasanya kucing anakan akan dibanderol lebih murah jika dibandingkan dengan indukan atau kucing dewasa.
  3. Vaksinasi kucing turut mempengaruhi mahal tidaknya harga Persia Himalaya itu sendiri. Sebab vaksin sangat dibutuhkan si kucing untuk kesehatannya. Biasanya Himalaya yang sudah divaksin lebih mahal daripada yang belum.

Dari ketiga faktor tersebut sebetulnya bisa dijadikan acuan dalam membeli Persia Himalaya. Secara tidak langsung menggambarkan kriteria kucing berkualitas bagus dan layak untuk dipilih. Artinya ketika akan membeli harus melihat dan memperhatikan kondisi si kucing secara langsung. Jangan sampai tertipu oleh bentuk gambar ataupun video karena belum tentu sesuai dengan aslinya.

Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Bagi Pemula

Buat kamu yang sebelumnya pernah memelihara kucing mungkin tidak bingung-bingung lagi perihal bagaimana cara merawat binatang peliharaan satu ini. Tapi lain halnya dengan pemula yang belum pernah memelihara kucing sebelumnya. Nah, kamu tidak perlu bingung karena bisa memulainya dari:

  • Mandikan atau Grooming minimal satu bulan sekali untuk menyapu segala bentuk kotoran dan kuman yang menempel. Pakailah shampoo khusus kucing agar menjaga kesehatan bulu dan tidak mudah rontok.
  • Potongi bagian kuku seperlunya atau jika sudah panjang.
  • Berikan nutrisi makanan yang seimbang baik itu makanan kering ataupun basah.
  • Beri air bersih untuk minum setiap harinya.
  • Sediakan pasir khusus kucing di dalam kandangnya. Kemudian ganti minimal tiga hari sekali agar kuman dan bau tidak menempel pada kucing.
  • Berikan kandang yang nyaman dan tempat di ruang atau lokasi yang nyaman. Tidak lembab namun mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Tapi jika harus di indoor, kamu bisa mengajak si kucing untuk menikmati cahaya mentari pagi.
  • Bersihkan kandang secara berkala agar tampak bersih bebas bau dan mengurangi resiko penyakit akibat kandang yang kumuh.
  • Rapikan atau sisir bulu-bulu kucing setiap hari pakai sisir khusus.

Tidak sulit tetapi diperlukan ketelatenan dalam memelihara kucing setiap harinya. Mungkin di awal-awal kamu akan merasa berat tapi kalau sudah terbiasa pasti menjadi aktivitas sehari-hari yang tidak memberatkan. Apalagi si kucing Himalaya ini sangat menyukai kebersihan. Jadi memang cocok tinggal di dalam ruang maupun di luar.