Fakta dan Mitos Menarik tentang Kucing Hitam Putih

  811 views
Bagikan artikel ini

Kucing hitam putih – Kebanyakan orang lebih memilih kucing dengan perpaduan warna hitam putih daripada kucing berwarna hitam polos saja atau putih saja. Kucing berwarna putih polos cenderung mudah terlihat kotor, sedangkan kucing berwarna hitam di seluruh badannya dianggap menakutkan, pembawa sial, atau bahkan jelmaan setan. Karena itulah orang lebih memilih memelihara kucing dua warna ini. 

Nama lain dari kucing black and white ini adalah kucing Tuxedo. Dalam bahasa Indonesia, tuxedo berarti setelan jas hitam dan kemeja putih yang sering dikenakan saat menghadiri acara formal. Kucing Tuxedo terlihat seperti memakai setelan tersebut karena punggungnya yang berwarna hitam (seperti memakai jas hitam dan leher serta perutnya berwarna putih (seperti memakai kemeja putih). Beberapa pemilik bahkan mendandani kucing mereka dengan mengikatkan dasi kupu-kupu hitam di leher kucing sehingga benar-benar seperti mengenakan black tie dress code

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang kucing Tuxedo. Berikut ini adalah mitos dan sekaligus fakta-fakta menarik tentang kucing dengan kombinasi warna hitam putih. 

Kucing Hitam Putih
Anak Kucing Hitam Putih

Mitos kucing hitam putih

Sama seperti mitos tentang kucing hitam yang sering dianggap sebagai kucing pembawa sial atau kucing berkekuatan spiritual, beberapa mitos tentang si kucing hitam putih pun berkembang di masyarakat. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

Pembawa keberuntungan

Sebagian orang meyakini bahwa kucing hitam putih merupakan salah satu hewan pembawa rezeki. Warna hitam pada bulu kucing dianggap memiliki arti memberi perlindungan sedangkan warna putih adalah simbol kebaikan. Jika digabungkan, kedua warna ini memiliki makna positif sehingga sering dikaitkan sebagai pembawa hoki. Banyak yang percaya bahwa jika kucing belang hitam putih tiba-tiba melintas di depan kita, keberuntungan yang tak disangka-sangka akan segera datang. 

Baca juga:  Mengenal Karakteristik Kucing dan Perilakunya

Memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi daripada kucing lainnya

Hanya karena Beethoven, Shakespeare  dan Newtoon dikabarkan pernah memelihara kucing belang hitam putih, tak sedikit orang percaya bahwa kucing dua warna ini secerdas ketiga tokoh tersebut. Beberapa pemilik bahkan melaporkan kucing putih hitam mereka lebih aktif dan pintar dibandingkan kucing kebanyakan. 

Padahal, kucing belang ini sebenarnya hanyalah kucing hitam biasa yang mempunyai corak warna putih di beberapa bagian badannya. Jika memang mereka lebih aktif dan pintar, hal ini kemungkinan disebabkan oleh kesehatan yang kebetulan lebih prima dan bagaimana pemiliknya merawat dan memperlakukan kucing tersebut. 

Anggapan bahwa black-and-white cats memiliki tingkat inteligensi lebih tinggi daripada kucing warna lain bisa dipastikan hanya sebuah mitos belaka. Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal itu. Warna bulu tidak bisa dijadikan sebuah patokan untuk menilai kecerdasan kucing. 

Memiliki kekuatan magis

Mitos lain yang tak kalah populer adalah kekuatan magis yang dimiliki oleh kucing putih hitam. Kepercayaan ini timbul bukan tanpa alasan. Dahulu kala kucing Tuxedo banyak disembah oleh bangsa Mesir Kuno karena dianggap sebagai dewa. Tak heran jika pada makam kerajaan Mesir Kuno sering terdapat ukiran kucing.

Bahkan orang-orang kaya pada masa itu memperlakukan kucing layaknya dewi. Mereka diberi makanan enak dan dipakaikan perhiasan mahal. Ketika mati pun, kucing peliharaan mereka dijadikan mumi. Walaupun sekarang sudah tidak ada yang melakukan hal tersebut, kucing tetap dianggap sebagai hewan sakral di Mesir seperti sapi bagi masyarakat Bali.  

Kucing Hitam Putih
Kucing Hitam Putih Tiduran

Fakta kucing hitam putih 

Daripada memikirkan mitos kucing belang hitam putih yang belum jelas kebenarannya, sebaiknya kita beralih pada fakta-fakta menarik tentang kucing ini. 

Penyebab pola tuxedo adalah genetika

Seperti kucing belang lainnya, penyebab warna alami bulu hitam putih pada kucing tuxedo adalah murni karena genetika. Perpaduan dua warna ini disebabkan karena pada lambannya sel pigmen mencapai semua bagian embrio kucing. Ada juga ahli yang berpendapat bahwa sel-sel progment bergerak dan berilipat ganda saat proses perkembangan embrio secara acak. Hasilnya warna bulu yang dihasilkan belang.

Baca juga:  Kucing Garfield: Wajib Diketahui Sejarah, Sifat, Karakter dan 5 Cara Merawatnya!

Kucing tuxedo bukan ras

Tuxedo bukanlah ras kucing tertentu. Nama tersebut murni didapat karena marking khas dua warna (bi-color) pada bulunya. Karena itu, kucing berbulu hitam putih dapat ditemukan di hampir semua ras seperti ras Angora, British Shorthair, American Shorthair, Scottish Fold, atau Maine Coon. Bulunya bisa panjang, pendek, atau halus.

Banyak dijadikan karakter fiksi di film dan serial

Kucing adalah hewan lucu dan unik. Tak heran jika kucing banyak dijadikan sebagai karakter film atau serial sebut saja Hello Kitty atau Doraemon. Selain dua karakter terkenal tersebut, ternyata kucing belang hitam putih tak kalah populer.

Siapa yang tak kenal dengan Sylvester? Karakter kucing iconic ini muncul dalam serial Looney Tunes. Kucing berwarna hitam putih ini bernama lengkap Sylvester J. Pussycat. Dalam serial tersebut, ia diceritakan selalu mengincar Tweety, burung kecil lucu berwarna kuning. Namun usaha untuk mendapatkan Tweety selalu berakhir gagal karena Tweety mempunyai karakter cerdik.

Karakter kucing berwarna hitam putih lain yang terkenal adalah Figaro. Kucing ini muncul di film Pinocchio. Ia merupakan hewan peliharaan Gappetto, kakek Pinocchio. Jika Sylvester digambarkan memiliki wajah garang (karena merupakan kucing bandel), Figaro digambarkan sebagai anak kucing yang lucu dengan polah jenaka. Selain muncul pada film Pinocchio, karakter ini juga muncul dalam serial kartun Mickey Mouse.

Jauh sebelum kemunculan Sylvester dan Figaro, karakter kucing belang hitam putih bernama Felix lebih dahulu muncul. Felix the Cat adalah seekor kucing penjaga stasiun yang pandai berpatroli, menjaga keamanan kereta.

Terkenal di dunia nyata

Selain menjadi karakter iconic film dan serial kartun, beberapa kucing dua warna hitam putih juga terkenal dalam dunia nyata. Tahukah Kamu bahwa satu-satunya kucing yang berhasil mendaki puncak Gunung Everest adalah seekor kucing tuxedo? Tentu saja pemiliknya yang membawa kucing tersebut. Tetapi tetap sangat mengesankan, bukan?

Kucing hitam putih ini juga pernah sangat terkenal di Gedung Putih yaitu saat Bill Clinton menjabat sebagai presiden. Ia memelihara kucing berbulu hitam putih selama menjabat sebagai presiden dan kucing peliharaan sering terlihat bermain dan berkeliaran di Gedung Putih.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Hutan Jawa yang Wajib Diketahui!

Satu lagi tentang kucing hitam putih yang fenomenal adalah seekor kucing Inggris bernama Simon. Simon patut diberi gelar pahlawan karena jasanya selama Perang Dunia II. Ia mungkin satu-satunya kucing yang mendapat medali penghargaan karena menjaga persediaan makanan tentara Inggris dari serangan tikus dan hama.

Kucing Hitam Putih
Kucing Hitam Putih

FAQ Kucing Hitam Putih

Menjawab dari yang biasa ditanyakan oleh kebanyakan orang tentang kucing hitam putih.

Apa arti kucing hitam putih?

Sebagian orang meyakini bahwa kucing hitam putih merupakan salah satu hewan pembawa rezeki. Warna hitam pada bulu kucing dianggap memiliki arti memberi perlindungan sedangkan warna putih adalah simbol kebaikan.

Kucing hitam putih jenis apa?

Kucing dua warna hitam dan putih ialah kucing yang mempunyai warna hitam dan putih yang sudah biasa dikenal dengan nama “kucing tuksedo”. Kucing kucing tuksedo harus mempunyai warna hitam yang solid diseluruh badannya pada bagian tubuh, dengan tambahan warna putih pada bagian area wajah, dagu, leher (tenggorokan), dada, perut, dan juga kaki.

Kenapa kaki kucing warna putih?

Warna pada bulu kaki kucing memang berbeda dengan bulu lainnya yang berada diseluruh bagian tubuh kucing yang akan membuat si kucing terlihat seperti sedang memakai kaus kaki dengan warna putih. Ternyata perbedaan warna bulu pada kaki ini disebabkan karena adanya mutasi genetik yang terjadi di dalam tubuh kucing.

Benarkah memelihara kucing membawa keberuntungan?

Kucing memang merupakan hewan yang paling disayangi oleh Rasulullah SAW. Maka dari itu, tidak mengherankan jika si pemelihara kucing dapat dibukakan pintu rezeki selebar-lebarnya. Selain hal tersebut, dengan memelihara kucing, kamu akan mendapatkan ampunan dan juga rahmat dari Allah SWT.

Penutup

Itulah beberapa fakta sekaligus mitos unik tentang kucing berwarna hitam putih. Terlepas dari fakta dan mitos tersebut, kucing hitam putih memang terlihat sangat menggemaskan. Untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulu kucing, mandikan dengan shampoo khusus untuk bulu gelap atau hitam. Selain itu, beri perhatian khusus pada bagian tubuh yang berwarna putih (muka, dagu, dan perut) karena area tersebut cenderung mudah terlihat kucel dan kotor.