5 Sifat dan Karakter Kucing Hitam yang Kamu Harus Tahu!

  133 views
Bagikan artikel ini

Sifat dan karakter kucing hitam yang kamu harus tahu! Kucing berwarna hitam biasanya identik dengan hal-hal mistis dan sihir. Di beberapa tempat bahkan terdapat mitos mengenai kucing tersebut dan menganggapnya sebagai pembawa nasib buruk. Bagi beberapa orang yang mempercayainya masih enggan dan berpikir dua kali untuk memeliharanya. Berbeda dengan pendapat tersebut, di Scotlandia justru menganggap kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan dan nasib baik.

Dibalik mitos-mitos yang beredar di masyarakat, kucing unik ini memiliki sifat yang lucu dan menggemaskan seperti jenis kucing pada umumnya. Warnanya yang gelap dan mencolok itulah justru yang membuat kucing hitam ini populer dan banyak diminati karena warna uniknya. Meskipun terlihat menyeramkan, ternyata kucing ini cukup bersahabat dengan pemiliknya. Agar tidak penasaran tentang kucing tersebut simak penjelasannya di bawah ini.

Kucing Hitam
Kucing Hitam

Sejarah Kucing Hitam

Kucing hitam bukanlah sesuatu ras kucing melainkan kucing yang dibedakan berdasarkan warnanya saja. Kucing tersebut merupakan kucing domestik yang seluruh tubuhnya ditutupi mantel bulu berwarna hitam polos. Cat Fancier’s Association (CFA) sebagai organisasi pendaftaran kucing mengakui bahwa kucing yang bisa memiliki bulu hitam polos ada 22 ras.

Ras Bombay adalah salah satu contoh kucing yang hanya mempunyai bulu berwarna hitam. Kucing tersebut terkenal karena mempunyai bulu berwarna hitam indah yang berkilau dan mengkilap. Pada kucing jantan kadar pigmentasi warna hitam jauh lebih dominan daripada sang betina. Kucing berwarna hitam juga terkenal dengan kandungan pigmen melamin yang tinggi sehingga berpengaruh pada iris mata yang memiliki warna keemasan.

Baca juga:  Kucing Peterbald, Ciri-ciri, Karakter dan Cara Merawatnya

Beredarnya mitos-mitos mengenai kucing hitam berawal pada masa Babilonia Kuno. Kala itu kucing yang berwarna hitam digunakan sebagai persembahan untuk ritual-ritual yang kerap mereka selenggarakan. Kucing tersebut dipersembahkan dengan cara dibakar bersama dengan sesajian lainnya.

Alasan dibalik digunakannya kucing tersebut sebagai persembahan adalah saat itu terdapat seekor kucing berwarna hitam legam yang pulas tertidur di tengah-tengah ular. Pada masa itu masyarakat Babilonia Kuno percaya bahwa ular merupakan lambang kejahatan.

Kucing Hitam
Kucing Hitam

Mitos-Mitos Kucing Hitam

Sudah tak heran lagi jika kucing berwarna hitam ini identik dengan mitos dan takhayul. Mitos yang paling melekat pada dirinya yaitu pembawa kesialan dan nasib buruk. Namun, tak sedikit pula yang mempercayai bahwa kucing ini adalah hewan pembawa keberuntungan.

Membawa nasib yang buruk

Masyarakat Amerika Serikat mempercayai bahwa setiap melihat kucing berwarna hitam ini di persimpangan jalan akan tertimpa sesuatu yang buruk. Pendapat tersebut diketahui berdasarkan data survei dan sebanyak 13% orang menyetujuinya.

Pada 2013 The Animals and Society Institute dalam penelitian Journal of Applied Animal Welfare Science memaparkan bahwa kucing hitam merupakan hewan yang paling sedikit diadopsi. Banyak yang menelantarkannya lantaran mereka percaya bahwa kucing tersebut pembawa sial. Bahkan tak jarang beberapa toko hewan memberikan harga adopsi miring dan perawatan gratis bagi yang mengadopsinya.

Berbeda dengan Amerika, masyarakat Italia dan Jerman percaya orang akan segera meninggal apabila ada seekor kucing berwarna hitam melompat di atas tempat tidur seseorang yang sedang sakit. Lain cerita di Normandia, kucing tersebut dipercaya akan membawa penyakit apabila saat bulan purnama ada seseorang yang menyebrang jalan melihatnya.

Di Indonesia mitos mistis melekat pada kucing ini. Mitos yang paling populer tentangnya yaitu apabila mayat yang dilangkahi oleh seekor kucing berwarna hitam, mayat tersebut bisa hidup dan bangkit kembali dengan aura roh jahat yang menguasainya. Sedangkan di Finlandia kucing tersebut dianggap sebagai hewan pendamping manusia menuju alam baka.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Blacan! Wajib Diketahui!

Pembawa keberuntungan

Masyarakat Scotlandia percaya jika kedatangan kucing berwarna hitam di seluruh tubuhnya akan mendapatkan kemakmuran. Sedangkan petani bangsa Latvia percaya bahwa kucing tersebut merupakan titisan dewa panen atau Rungis apabila mendapati kucing tersebut bermain di ladang atau sawah mereka.

Mitos unik datang dari Jepang, Mesir dan Inggris. Di Jepang kucing warna hitam banyak dicari oleh wanita lajang karena ia dipelihara maka akan banyak pelamar yang datang ke wanita itu. Kucing hitam di Mesir dianggap sebagai jelmaan Dewi Bast atau dewi perlindungan. Sedangkan di Inggris, setiap pengantin baru yang mendapatkan hadiah kucing warna hitam akan mendapatkan nasib yang mujur dan beruntung.

Banyaknya mitos dan kepercayaan mengenai kucing ini membuat masyarakat mempunyai pendapat dan penilaian tersendiri tentang kucing tersebut. Namun para ahli berpendapat bahwa warna mantel bulu kucing tidak berpengaruh pada nasib beruntung dan tidaknya seseorang.

Sifat dan Karakter Kucing Hitam

Kucing Hitam
Kucing Hitam

Cerdas

Kucing berwarna gelap ini ternyata hewan yang sangat cerdas. Belum banyak orang yang mengetahui kucing yang memiliki tatapan tajam ini sangat pintar menangkap sesuatu yang diajarkan. Ia juga memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi.

Aktif dan pandai berburu mangsa

Kucing berbadan tegap ini sangat senang bergerak dan aktif jika mendapatkan permainan yang baru baginya. Selain itu, kucing ini juga pandai berburu dan tak jarang mendapatkan mangsa yang besar.

Ramah

Meskipun tampilannya terlihat menyeramkan kucing ini ternyata sangat ramah dan sangat supel. Berdasarkan penelitian yang diambil di Universitas California Davis dan diikuti oleh para pemilik kucing berjumlah 1,274 orang. Mereka berpendapat bahwa kucing hitam merupakan kucing yang ramah bahkan tak ragu mengeluarkan suara lembutnya untuk mendapatkan perhatian dan sapaan orang lain.

Baca juga:  8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

Tenang

Selaras dengan tatapan dan tampilannya yang elegan, kucing ini memiliki kepribadian yang tenang. Rupanya yang misterius sangat cocok dengan pembawaan tenangnya. Selain itu, kelebihan kucing ini mudah dirawat dan tidak rewel.

Setia

Kucing merupakan hewan peliharaan yang setia kepada tuannya. Begitu pula dengan kucing berwarna hitam legam ini. Ia akan mengekor kemana saja pemiliknya pergi bahkan tak jarang ia duduk sambil menunggu dan menyambut sang pemilik datang.

Cara Merawat Kucing Hitam

Kucing Hitam
Kucing Hitam

Membersihkan dan menyisir bulu

Kegiatan penting ketika mempunyai kucing yaitu memastikan bulunya tidak rontok serta tetap halus berkilau. Mandikan kucing dengan shampoo paling tidak seminggu sekali agar bulunya tetap sehat dan terhindar dari kutu. Meskipun bulu kucing hitam tak sepanjang kucing ras Persia dan Anggora tetap harus disisir agar terlihat rapi dan halus.

Tidak terlalu sering dijemur

Agar warna bulunya tetap terjaga jangan terlalu sering menjemur atau membuatnya berada di bawah matahari terlalu lama. Hal tersebut untuk menghindari perubahan warna bulu yang semula hitam menjadi agak berkarat.

Makanan sehat dan rutin cek kesehatan

Makanan sehat, vitamin dan vaksin adalah cara merawat kucing yang tak boleh terlewatkan. Meskipun menurut penelitian kucing hitam jauh lebih kebal terhadap penyakit, pemberian vitamin, vaksin dan juga cek kesehatan tetap harus diberikan agar ia tetap sehat.

Itulah informasi tentang kucing hitam beserta mitos-mitos yang melekat pada dirinya. Di balik aura mistis yang dibawanya, sifat dan karakter yang dimilikinya sangat cocok untuk menjadikannya hewan peliharaan.