Sifat dan Karakter Kucing Hutan Norwegia yang Harus Diketahui!

 
Bagikan artikel ini

Sifat dan karakter kucing hutan Norwegia yang harus diketahui! Berbicara soal kucing sebagai hewan peliharaan memang selalu menarik. Sebab ada berbagai jenis satwa ini yang ada di berbagai belahan dunia. Salah satu jenis yang terkenal akan tampilan gagah serta mempesona ialah kucing hutan Norwegia. Ras kucing ini memiliki karakteristik yang berbeda dari yang lain. Di lihat dari ukuran saja bisa di bilang kucing Norwegia yang paling besar. Meski tergolong sebagai kucing hutan akan tetapi kucing ini dapat begitu manja dan aktif. Tak ayal beberapa orang memilih untuk memeliharanya.

Kucing Hutan Norwegia
Kucing Hutan Norwegia

Sejarah Kucing Hutan Norwegia

Kucing ras Norwegia terbilang memiliki catatan sejarah yang sangat panjang. Sesuai namanya kucing jenis ini dipercaya sudah dari ratusan tahun lalu datang ke negara Norwey. Fakta tersebut juga di dukung dengan beberapa anggapan mengenai bangsa Romawi yang dianggap sebagai awal mula kedatangan satwa menggemaskan ini. Bila di kisarkan dalam tahun maka berada di sekitar tahun 800 hingga 1200 sebelum masehi. Aktivitas perdagangan antar negara dipercaya menjadi penyebab migrasi dari kucing hutan Norwegia ini.

Menurut beberapa bukti yang telah ditemukan, dahulu kucing ini memiliki tampilan bulu yang pendek. Mengingat cuaca di negara Eropa seperti Norwegia yang terkenal dingin maka evolusi dari bulunya terjadi. Layaknya kucing hutan yang gagah, kucing Norwegia dipercaya berevolusi menjadi berbulu panjang mengikuti suhu udara tempat yang di tinggali. Hal lain pula berpengaruh dari daya tahan hidup kucing hutan ini jadi lebih kuat, fisik mumpuni serta daya tahan hidup yang luar biasa.

Dari tahun 1930 sebetulnya kucing hutan Norwegia sudah berusaha untuk di kembang biakan. Kesadaran akan bentuk serta ciri fisik yang gagah dan keren membuat beberapa orang begitu tertarik. Sayangnya halangan terjadi akibat perang dunia 2 yang kebetulan meletus saat itu. Meski begitu upaya pelestarian kucing hutan ini tidak pernah padam hingga tahun 1970 mulai banyak yang mengembang biakan. Lalu popularitasnya kian meningkat sampai ke negara-negara lain hingga tahun 1993 secara resmi kucing ini dianggap sebagai ras baru tanpa adanya proses perkawinan silang.

Baca juga:  Mengenal Kucing Siam, Ras Asli Dari Negara Thailand

Sifat dan Karakter Kucing Hutan Norwegia

Karakter dari satwa berupa kucing kadang kala tidak terlihat seperti pada tampilannya. Seperti halnya pada kucing hutan Norwegia yang dapat begitu manja dan bersahabat terhadap pemilik. Kucing ini bahkan memiliki sifat yang ramah dan juga cerdas. Kemampuan adaptasi yang cepat juga menjadi alasan banyak orang ingin memeliharanya. Apabila Kamu pintar dalam memberi perawatan maka bukan tak mungkin satwa ini akan begitu manja. Kucing yang juga bersifat sangat aktif ini juga begitu senang untuk diajak main serta di perhatikan. Jadi bila Catlovers memeliharanya pastikan selalu memberikan perhatian yang lebih.

Pandai berburu

Meski termasuk sebagai ras kucing paling besar bukan berarti kucing ini suka bermalas-malasan. Tergolong sebagai kucing hutan membuat kemampuan alaminya begitu menakjubkan. Satwa ini kerap berlari dengan kencang untuk mengincar mangsanya. Dengan kuku yang memiliki cakar tajam membuat kemampuan berburu di alam bebas begitu liar. Kucing hutan Norwegia yang berbadan kekar dan gahar ini juga mampu memanjat pohon dengan mudah. Kemampuan alami ini memang banyak mengundang decak kagum banyak orang.

Gahar tapi menggemaskan

Lebih jauh mengenai ciri fisik sebetulnya kucing ras ini begitu menggemaskan. Di lihat dari tampilan saja sudah terlihat sangat gahar dan mempesona. Tampilan bulu dan tubuh  yang panjang membuat siapa pun akan gemas melihatnya. Bulu kucing yang lebat juga memberikan daya tahan kuat terhadap cuaca dingin yang menghinggap. Lebih jauh, bagian pada bulunya sebetulnya terbagi menjadi dua lapisan. Kamu dapat mengamati yang mana  bagian luar bulu lebih panjang dibanding bagian bawah yang lebih tebal. Akibatnya ketika musim dingin tiba bulu kucing ras ini akan bertambah makin lebat.

Baca juga:  Kenali Kucing Bengal Mix Kampung Wajib Diketahui! Seperti Harimau

Postur kepala berbentuk segitiga sama sisi disertai hidung lurus dengan dagu sejarah kokoh membuat tampilannya begitu nampak berkarisma. Apalagi tubuhnya besar dan kekar maka akan terlihat begitu gahar namun menggemaskan. Uniknya lagi ukuran keempat kaki tidaklah sama. Kaki bagian belakang akan terlihat lebih panjang dibanding di depan. Ciri ini pula yang menjadi penyebab kemampuan lari dan memanjatnya begitu tangkas. Tampilan mata kucing hutan Norwegia berbentuk besar dengan warna dapat berupa hijau, kuning, hingga emas. Bagaimana pun dengan ciri yang demikian membuat banyak orang amat tertarik untuk memeliharanya.

Mudah Beradaptasi

Kemampuan adaptasi kucing ini terbilang cepat.  Kucing ini mampu hidup dengan mudah di segala situasi dan mudah bersahabat dengan manusia. Satu lagi fakta bahwa kucing hutan ini juga tidak banyak rewel dengan mengeong. Ada sifat manja bila sudah nyaman dengan pemilik. Namun dengan hewan lain seperti anjing akan lebih sensitif dan akan mengerang keras.

Kucing Hutan Norwegia
Kucing Hutan Norwegia

Cara Merawat Kucing Hutan Norwegia

Rajin memotong kuku kucing

Kucing hutan Norwegia memiliki keahlian berburu tingkat tinggi. Hal itu ditunjang dari segi fisik yang kekar serta cakar kuku yang tajam. Melihat kondisi cakar yang demikian maka bila di asuh sebagai peliharaan tentu Kamu harus rajin dalam pemotongan kuku kucing. Pastikan lakukan poin ini dengan benar tanpa mengganggu kenyamanan hewan menggemaskan ini.

Rutin menyisir bulu

Bulu kucing ras Norwegia memiliki ciri khas yang panjang dan lebat. Maka dari itu penting untuk Kamu dengan rajin melakukan penyisiran secara perlahan. Gunakan sisir yang nyaman agar tidak membuat ketenangannya tidak terganggu. Menyisir kucing hutan Norwegia juga membantu menjaga kedekatan dengan hewan peliharaan.

Baca juga:  Kucing Bengal: Asal Mula, Karakteristik, Harga dan Cara Merawatnya

Pemberian makanan yang tepat

Konsumsi makanan kucing berperan penting dalam tumbuh kembangnya. Catlovers harus bisa memperhatikan dengan baik mengenai pola pakan yang sesuai dengan kucing jenis ini. Kucing Norwegia juga memiliki bulu yang lebat sehingga pemberian makan dengan kaya nutrisi akan menjaga kualitas bulu. Kamu wajib memberi daging sebagai makanan utama. Diselingi pula dengan vitamin, sereal, produk susu dan lain-lain.

Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang harus diperhatikan betul kebersihannya. Terutama dalam tempat kotoran yang disediakan. Usahakan jangan dibiarkan menumpuk agar kebersihan tempat tinggal kucing terjaga dengan baik. Kucing hutan Norwegia harus diberi perhatian ekstra agar tidak mudah terkena virus dan bakteri dari kotornya kandang.

Menjaga kebersihan kucing

Menjaga kebersihan kucing memberi Kamu kedekatan lebih dengan hewan peliharaan. Lagi pula dengan menjamin kebersihan maka secara otomatis juga menjaga kesehatannya. Catlovers sebisa mungkin harus secara rutin memberikan perhatian ekstra dalam merawat kebersihan kucing Norwegia. Kamu dapat memeriksa kebersihan mata, membuang kotoran hidung, telinga, menyikatkan gigi, serta memandikan selama beberapa bulan sekali.

Harga Kucing Norwegian Forest

Kucing norwegian forest membutuhkan banyak makanan dan gizi yang tercukupi, oleh karena itu kucing ini memiliki tenaga yang sangat kuat. Karena porsi makannya yang banyak ini membuat banyak cattery memberikan harga yang cukup tinggi untuk kucing norwegian forest. Di negara kita pun sangat langka keberadaannya karena cuaca tropis dan membutuhkan adaptasi yang lebih.

Namun masih ada pedagang disini yang menawarkan kucing norwegian forest secara online. Berikut adalah daftar kisaran dari harga kucing norwegian forest:

Jenis Norwegian ForestHarga
Kucing Norwegian Forest betinaRp. 1.500.000
Kucing Norwegian Forest jantanRp. 2.500.000
Kucing Norwegian Forest kittenRp. 1.500.000
Kucing Norwegian Forest mix PersiaRp. 900.000

Penutup

Itulah berbagai informasi penting mengenai kucing hutan Norwegia. Kucing ras terbesar ini dikenal begitu gahar akan tampilannya. Dari segi fisik memang terlihat akan pesonanya yang memikat. Apalagi ras ini mudah bersahabat dengan manusia. Berbagai alasan demikian membuat banyak orang tertarik untuk memelihara. Namun pastikan memberikan perhatian khusus selama memelihara kucing hutan Norwegia.