Kucing Item Dengan Berbagai Mitos dan Faktanya

Diposting pada 10 views

Kucing item – Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang mandiri. Meskipun beberapa ada yang manja dan bukan berarti mereka tidak mampu menunjukkan perhatian pada pemiliknya.

kucing item
Kucing Item

Contohnya jenis kucing item atau kucing yang seluruh anggota badannya berwarna hitam. Meskipun begitu, Kucing tetaplah seekor kucing yang merupakan salah satu hewan peliharaan favorit para pencinta hewan.

Salah satu alasannya adalah karena kelucuan dan tingkah laku mereka yang manja menjadi salah satu daya tarik kucing bagi para penyukanya.

Mitos Kucing Item

Literasi sejarah sering mengaitkan kucing item dengan berbagai hal yang berbau kepercayaan. Hampir semua ras kucing terkadang memiliki warna hitam pekat pada bulunya.

Hal tersebut termasuk ke dalam ras- ras kucing mahal. Contohnya kucing bulu pendek Britania pun terdapat jenis yang memiliki warna hitam solid.

Sudah pasti bahwa jenis kucing item sangat erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat. Sejarah pandangan terhadap kucing berbulu hitam pekat dapat berbeda- beda sesuai daerahnya masing- masing.

Saat zaman Babylonia kuno, kucing item sering dianggap sebagai persembahan ritual atau tumbal. Terkadang beberapa individu menganggap kehadiran kucing item ini selalu dikaitkan dengan penampakan hantu.

Di Jerman saja kucing berwarna hitam bisa dikaitkan dengan kematian. Mitosnya, bila kucing ini menjadi penanda malaikat maut saat mereka melompat di atas tempat tidur seseorang yang sedang sakit.

Namun berbeda negara berbeda pula mitosnya. Terkadang kucing hitam sudah dijadikan sebagai simbol keberuntungan. Hal itu sudah tercatat pula pada peradaban Mesir kuno 3000 tahun sebelum masehi.

Cerita-cerita mitos memang kerap menjadi cerita yang sangat seru. Sebab itu penyebaran akan stigma yang terjadi selalu dapat terjangkau dengan maksimal. Sehingga orang- orang kadang mengedepankan sifat paranoidnya.

Mitos Kucing Hitam Di Indonesia

Di antara sejumlah karakter unik kucing ada beberapa anggapan yang beredar di masyarakat bahwa kucing merupakan hewan yang memiliki kemampuan melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Apalagi kucing hitam yang sudah banyak habitatnya di seluruh dunia.

Seperti hantu contohnya, dalam sejumlah kebudayaan di dunia kucing merupakan hewan yang dianggap sakral dan memiliki keistimewaan bahkan dikaitkan dengan hal mistis.

Namun, benarkah kucing dapat melihat hantu? Berikut ulasannya:

Berdasarkan Mitos dan Ilmiah

Di balik perilakunya yang menggemaskan ternyata kucing item merupakan salah satu hewan yang dianggap keramat. Pada beberapa negara bahkan kucing juga dianggap sebagai hewan yang memiliki indera ke-enam.

Banyak orang yang percaya bahwa kucing item memiliki kemampuan melihat makhluk halus atau hantu. Sebenarnya kucing dan anjing memiliki kemampuan untuk merasakan frekuensi yang tidak bisa dirasakan oleh manusia.

Karena itulah banyak yang beranggapan bahwa kucing dapat melihat roh atau dunia gaib. Untuk membuktikan hal ini, beberapa ahli biologi dari Universitas London Inggris melakukan penelitian dan dengan mengumpulkan data untuk melihat perbedaan penglihatan pada kucing dan anjing.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Karena ternyata kedua objek tersebut memiliki kemampuan untuk melihat sinar ultraviolet. Kemampuan untuk melihat cahaya itu jelas sangat berbeda dengan manusia.

Sinar ultraviolet sendiri memiliki panjang gelombang cahaya yang berada di luar jangkauan spektrum manusia. Warna spektral bersih ini biasa disebut dengan VIBGYOR atau violet indigo  blue green yellow orange and red color.

Hal ini dibenarkan oleh seorang dokter hewan yaitu Rachel Barrack dari Animal Acupuncture. Menurutnya manusia memiliki lensa di mata yang menghalangi Sinar di luar spektrum tersebut. Hal inilah yang menyebabkan manusia tidak dapat melihat sinar ultraviolet selayaknya kucing dan anjing.

Perbedaan dengan Pandangan Anjing

Meskipun memiliki kemampuan yang sama dengan anjing, ternyata kucing merespon sinar tersebut dengan cara yang berbeda. Karena kucing memiliki rasa penasaran yang sangat besar secara alamiah.

Dokter Barrack menjelaskan, kemungkinan kepribadian alami itulah yang membuat para kucing mampu menunjukkan perilaku yang tidak menentu. Memang tidak aneh bila sering dikaitkan dengan hal mitos.

Terkadang beberapa mitos tersebut selalu membumbui seperti arti kucing hitam masuk rumah malam hari yang dianggapnya membawa kabar duka. Padahal bisa saja masuk ke rumah kamu karena mungkin sedang memburu tikus atau mencium aroma makanan.

Memiliki Indra yang Banyak

Di samping itu, kucing memiliki enam hingga delapan kali lebih banyak batang penginderaan pada bola mata mereka. Hal itu membuat kemungkinan besar bagi kucing untuk melihat dalam kondisi yang gelap.

Meskipun terdapat penjelasan ilmiah bahwa kucing mampu melihat spektrum cahaya yang lebih kompleks dari manusia, ada saja orang yang mengaitkannya dengan hal-hal metafisika dan Paranormal.

Misalnya saja seperti kucing yang mulai melihat ke ruangan kosong atau mulai menoleh aneh ke udara seolah melacak sesuatu.

Melihat Hantu Tidak Dapat Dibuktikan

Kesimpulan hasil penelitian dari London University, bahwa sinar ultraviolet yang tidak dapat dilihat manusia sangat dipandang berbeda oleh kucing. Secara ilmiah kemampuan kucing dalam melihat sosok hantu memang tidak bisa dibuktikan validitasnya.

Namun apabila ditilik dari kacamata budaya dan kepercayaan, hal ini mungkin saja terjadi. Rasanya sejumlah kebudayaan menganggap kucing merupakan hewan yang memiliki hubungan dengan alam lain.

Seperti bangsa Mesir kuno yang menganggap kucing merupakan jelmaan Dewa. Sama halnya dengan di Jepang, bahwa kucing dianggap sebagai hewan kesayangan Dewa Amaterasu atau dewa matahari.

Apalagi kucing hitam yang selalu dikaitkan dengan kesialan. Hal itu jelas tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Namun jika kucing kerap menunjukkan tingkah yang aneh atau tidak biasa, maka Jangan langsung mengambil kesimpulan. Bisa saja faktor kesehatan atau kucing tersebut hanya ingin bermain.

Mudahnya Merawat Kucing Hitam

Bagi sebagian pencinta kucing, kucing hitam merupakan kucing yang eksotis. Karena dianggap sebagai “Panther Mini”. Warnanya yang khas membuat kucing hitam selalu mencolok dibandingkan kucing- kucing lainnya.

Sehingga bisa dengan mudah untuk menemukan kucing ini, bila mereka sedang bermain keluar rumah. Badan Nasional Geografi menjelaskan bila kucing dapat berwarna atau berbulu hitam karena mengalami kondisi tertentu yang disebut melanism.

Namun kucing hitam ternyata memiliki kekuatan daya tahan hidup yang baik. Sehingga kekebalan imunnya cukup bagus jika terkena oleh beberapa penyakit.

Oleh karena itu bagi sebagian penyuka kucing berbulu hitam ini, tidak direpotkan dalam hal perawatannya. Terlebih merawat bulu- bulu yang biasanya menjadi tanggung jawab yang cukup besar bagi para pemilik.

Semua itu sebenarnya tergantung jenis kucing hitam itu sendiri. Banyak juga kucing hitam yang memiliki bulu panjang. Sehingga cara merawat bulu kucing hitam dapat di klasifikasikan sesuai jenis rasnya sendiri.

Kucing memang hewan yang terbilang unik serta mengundang pertanyaan dari pemiliknya, akan tetapi mereka punya cara tersendiri untuk mengekspresikan sesuatu dari hal yang mereka lihat ataupun mereka rasakan. Sehingga tidak semuanya yang negatif disematkan kepada kucing item atau kucing hitam yang tidak berdosa ini.