Kucing Korat: Si Kucing Pembawa Keberuntungan!

  23 views
Bagikan artikel ini

Kucing korat merupakan salah satu kucing ras yang berasal dari Thailand. Kucing ini banyak diminati oleh para pecinta kucing karena dipercaya dapat memberi keberuntungan bagi pemiliknya.

Warna tubuhnya yang abu-abu dengan mata hijau bercaya juga telinga yang tajam membuat kucing ini memiliki daya tarik tersendiri. Walaupun ekspresi wajahnya terlihat garang, kucing ini memiliki sifat yang manja dan energik.

Penasaran tentang kucing ras korat yang menjadi simbol keburuntungan ini? Kita simak ulasannya dibawah ini

Kucing korat

Sejarah Kucing Korat

Kucing ini sudah ada sejak abad ke 14 dan berasal dari Thailand. Pada mulanya kucing ini bukan merupakan kucing yang dijual seperti sekarang, Kucing ini pada saat itu populer sebagai hadiah untuk pengantin baru.

Kucing ini selalu diberikan sebagai hadiah secara sepasang karena dipercaya dapat membawa keburuntungan dalam rumah tangga. Sepasang kucing pertama yang tiba di Amerika Serikat adalah milik sepasang pensiunan dari Thailand. Nama kucing tersebut adalah Darra dan Nara.

Karakteristik Kucing

Kucing korat

Ciri Fisik Kucing Korat

Seperti yang sudah terlihat, kucing ini hanya memiliki  2 jenis warna. Yang paling sering ditemui adalah abu-abu. Menurut beberapa orang warna kedua yang termasuk dalam jenis kucing ini adalah biru lavender. Namun secara keseluruhan, kedua warna tersebut hampir mirip jika dlihat sekilas

Ujung bulu biasanya berwarna perak sehingga menarik perhatian. Walaupun bulu pada kucing ini tidak lebat, namun warnanya yang rata dan gelap dan tanpa pola ini akan menarik perhatian para pecinta kucing.

Baca juga:  Kucing Bengal: Asal Mula, Karakteristik, Harga dan Cara Merawatnya

Tubuh kucing ini rata-rata tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Namun kebanyakan kucing ini terlihat besar dan berat karena banyaknya otot pada tubuh kucing sehingga lebih kuat dibandingkan kucing lainnya.

Satu lagi ciri khas kucing ini adalah matanya yang hijau cerah menyala. Namun tahukan kamu mata kucing koret ini berubah warna seiring dengan bertambahnya usia mereka?

Mata kucing jenis ini pada saat berusia 0-1 tahun akan terlihat berwarna biru. Kemudian ketika memasuki usia 2-3 tahun akan berubah menjadi kuning. Selanjutnya, mata akan berubah menjadi hijau cerah ketika memasuki usia dewasa antara sekitar usia 3-4 tahun.

Ciri Sifat Kucing Korat

Salah satu daya tarik kucing ini selain fisiknya yang unik adalah sifat dan kepribadian kucing. Kucing korat memiliki sifat seperti manusia kepada pasangannya, yaitu posesif. Mereka akan terus-terusan berada di dekat kamu sebagai pemiliknya.

Apabila ada orang lain yang sedang berada dekat dengan kamu sebagai pemilik misalnya teman, pacar ataupun tamu, mereka akan semakin agresif. Mereka juga mempunyai sifat iri hati bila kamu memberikan perhatian kepada orang atau kucing lain.

Kucing ini juga sangat tidak suka jika kamu meninggalkan mereka apalagi dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, jika kamu berminat mengadopsi kucing ini kamu harus terbiasa jika mereka sering mengikuti kemana pun kamu pergi.

Karena sifatnya yang posesif dan ageresif, jenis kucing ini akan sangat setia dan kesulitan jika harus beradaptasi dengan pemilik baru. Mereka juga sering mengalami kecemasan bila ditinggal sendirian di rumah.

Dibalik ke posesifan dan keagresifannya, mereka juga memiliki energi yang sangat bagus, sehingga sangat menyenangkan untuk diajak bermain. Selain itu, mereka termasuk jenis kucing yang cepat belajar. Kamu bisa mengajari beberapa trik sederhana seperti berlari, kode saat dipanggil ataupun duduk.

Baca juga:  Menjawab Pertanyaan: Kucing Tanpa Bulu Namanya Apa? Inilah 8 Jenis-Jenisnya

Tips Merawat Kucing Korat

Setelah mengetahui berbagai keunikan kucing ini, ada baiknya kita mengetahui cara merawat kucing korat. Berikut tipsnya :

  • Siapkan litter box kucing untuk tempat buang air
  • Siapkan pula pasir khusus agar kucing dapat mengubur kotorannya. Lebih baik jika menggunakan pasir harum, agar kotoran dapat menggumpal sehingga memudahkan untuk pembersihanya
  • Beri makanan yang cocok untuk kucing dengan bulu yang pendek. Karna kucing ini menyukai aktivitas di luar rumah, pilih juga makanan dengan nutrisi yang seimbang
  • Walaupun termasuk kucing jenis shorthair, jangan lupa untuk memandikan kucing agar terhindar dari kutu
  • Sisir bulu kucing minimal 2 minggu sekali untuk menghindari kerontokan pada bulu
  • Telinga kucing yang lebar agar tidak kotor, sehingga perlu sering dibersihkan menggunakan kain atau kapas yang dicelupkan pada air dan sari cuka apel

Harga Kucing Korat

Untuk kamu yang ingin memelihara kucing korat, kamu perlu menyiapkan budget sekitar 9 jutaan untuk mendapatkan 1 ekor kucing ini. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs-situs penjual kucing atau pet shop.

Nah, demikian lah beberapa penjelasan mengenai kucing korat. Walaupun warnanya abu-abu dan matanya hijau menyala terlihat seperti galak, kucing ini sangat jarang melukai manusia loh, karena sifatnya yang setia dan penyayang.

Demikian pembahasan tentang kucing korat. Semoga informasi ini dapat membantu kamu yang ingin mengadopsi kucing ya.