Mengenal Kucing LaPerm Berbulu Keriting

  30 views
Bagikan artikel ini

Mengenal kucing LaPerm berbulu keriting – Bagi sebagian pecinta hewan tentu saja ada yang sudah mengenal jenis kucing LaPerm. Kucing selalu menjadi hewan yang menggemaskan. Termasuk jenis kucing ini yang memiliki tampilan lebih unik dari kucing- kucing lainnya.

Sayangnya bagi pecinta kucing, jenis kucing ini memang kurang diminati karena masih jarang ditemui. Maka bagi Kamu yang hendak membeli kucing ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal penting tentang kucing unik yang lucu ini.

Kucing Laperm
Kucing Laperm

Mengenal Kucing LaPerm

Bila Kamu terbiasa dengan jenis kucing Amerika, tentu saja sudah tidak asing mendengar jenis kucing Rex. Kucing-kucing Amerika memang terkenal lucu dan menggemaskan. Bagi pecinta hewan berbulu, sudah pasti mengetahui bahwa jenis kucing Amerika sering sekali dijadikan kompetisi.

Kucing LaPerm sendiri merupakan kucing yang lahir di Amerika dengan keunikan pada bulunya yang ikal. Bulu yang unik tersebut tentu dilahirkan dari keturunan kucing Rex yang saat ini bisa dijumpai di belahan dunia lainnya.

Bila berbicara secara genetika, kucing ini memiliki keunikan tersendiri. Karena kucing ini ternyata tidak memiliki ikatan genetik dengan kucing lain atau ras lain. Hal tersebutlah yang biasanya membuat kucing ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Sejarah Kucing LaPerm

Sekitar tahun 1982 tepatnya di kota Dalles, Oregon Amerika Serikat merupakan tempat bersejarah di mana jenis kucing ini dilahirkan. Di tempat itu juga kucing ini mulai dikembangbiakan.

Jenis LaPerm sendiri bermula dari sepasang suami istri yang memiliki kucing betina bernama Speedy. Ternyata kucing betina tersebut memiliki anak yang cukup banyak. Namun salah satu anaknya yang berjenis kelamin jantan memiliki kelainan yang berbeda.

Baca juga:  Kucing Telinga Ikal Amerika, Kucing Unik Yang Menggemaskan

Sempat dianggap cacat, namun keluarga Linda Koehl selaku pemiliknya merawat dengan kasih sayang. Ketika beranjak besar, nyatanya bulu anak kucing botak tersebut tumbuh menjadi ikal. Sontak hal tersebut sangat mengejutkan pemiliknya.

Seiring berjalannya waktu dan kucing keriting tersebut memiliki anak, ternyata anak- anaknya pun mewarisi gen dari orang tua kucing tersebut. Tentunya sebagai kucing jantan yang aktif, masa kawinnya pun teratur dengan jenis kucing atau ras lainnya.

Yang membuat semakin unik adalah ketika kucing ikal tersebut kawin dengan jenis kucing beda ras. Maka ras apapun yang ia kawini maka sebagian besar mewarisi gen ayah kucing. Sehingga anak- anaknya akan menjadi ikal atau berbulu ikal.

Ciri- Ciri Kucing Jenis LaPerm

Bagi Kamu yang berminat lebih jauh tentang kucing ini, maka simak ciri- ciri kucing LaPerm di bawah ini:

  • Kucing pejantan memiliki bobot maksimal lebih dari 8 kilogram.
  • Sedangkan kucing betina memiliki ukuran di bawah 8 kilogram.
  • Mata dari kucing biasanya berwarna hijau atau kuning.
  • Lama atau rentang hidup kucing ini berkisar antara 9 sampai 15 tahun.
  • Perhatian atau perawatan untuk kucing ini hampir mirip dengan kucing bulu panjang.
  • Rata- rata kucing ini memiliki ukuran bulu yang sedang.
  • Organisasi yang menaungi lisensi kucing ini antara lain yaitu: TICA, GCCF, CFA, FIFe.

Karakteristik dan Keunikan Kucing Jenis LaPerm

Meskipun berbulu unik dan volumenya mirip kucing Persia, namun kucing ini bukan kucing yang pemalas. Sehingga kucing ini memiliki tingkah kelucuan yang mungkin membuat Kamu tidak bosan dengan tingkah lakunya.

Saking aktifnya terkadang para penggemar kucing ini menyebutnya dengan kucing badut. Tentunya aktifitas para warga Amerika yang terkenal padat, selalu terbantu dengan rileksasi oleh kucing ini.

Baca juga:  Kucing Balinese: Sejarah, Ciri, Sifat, Karakter dan Cara Merawat

Karena tingkahnya yang lucu tentu membuat pemiliknya bisa mengurangi penat dan stress. Namun terkadang sifat-sifat kucing Persia pun muncul darinya. Contohnya ia lebih sering berbaring dan jarang bersuara. Hal itu tentu sangat wajar bila melihat iklim yang ada di Amerika.

Kucing Laperm

Cara Merawat Kucing LaPerm

Meskipun memiliki bulu keriting dan ikal, nyatanya merawat kucing jenis ini tidak sesulit yang dibayangkan. Meskipun ikal tetapi LaPerm memiliki bulu yang halus yang memudahkan Kamu untuk menyisirnya.

Namun, tetap saja beberapa perhatian yang umum harus dilakukan agar kucing ini tetap terjaga kesehatannya. Contohnya memeriksa gigi dan kukunya agar terhindar dari bakteri. Layaknya manusia, kucing terkadang memiliki karang gigi. Oleh karena itu Kamu harus mempersiapkan sikat gigi khusus kucing.

Harga Kucing LaPerm di Pasaran

Berikut tabel kisaran harga dari jenis kucing ini:

JenisHarga
Laperm PejantanRp. 5.500.00 – 7.950.000
Laperm BetinaRp. 5.200.00 – 7.250.000
Laperm Anakan PejantanRp. 4.500.00 – 5.150.000
Anakan BetinaRp. 3.500.00 – 4.950.000

Secara genetik kucing ini terbilang unik karena memiliki anti alergi. Maksudnya bagi Kamu yang mungkin memiliki alergi terhadap bulu kucing, maka harus mencoba dengan ras kucing yang satu ini.

Gen hypoallergic yang dimilikinya bisa menurunkan kadar alergi terhadap manusia. Hal tersebut sudah banyak terbukti bagi sebagian orang yang memiliki alergi bulu. Sehingga kucing LaPerm bisa menjadi primadona bagi siapapun hingga orang pengidap alergi.