Mengenal Kucing Maine Coon, Kucing Raksasa Yang Anggun

Diposting pada 6 views

Memelihara kucing jenis Persia, anggora maupun Himalaya mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan kucing Maine Coon si kucing berbadan super besar nan anggun. Dijuluki kucing raksasa dan tampak garang, namun kucing ini sangat lembut. Penasaran seperti apa? Barang kali nanti kamu tertarik untuk memeliharanya di rumah.

kucing maine coon
Jenis Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon, Si Kucing Raksasa Yang Lembut

Lebih besar dari kucing Ragdoll, Maine Coon memiliki ukuran yang betul-betul besar. Jika sudah dewasa, panjangnya bisa mencapai 40-120 cm. Super jumbo kan? Ukurannya tersebut diimbangi dengan bobotnya. Berat kucing betina sekitar 4-6 kilogram dan kucing jantannya punya bobot 6-9 kilogram. Bahkan dari kisaran berat tersebut bisa lebih lho.

Lalu apakah yang unik dari Maine Coon hanya dari segi ukurannya saja? Tentu tidak! Masih ada hal menarik lainnya tentang kucing berukuran super besar ini.

Fakta Menarik Tentang Si Kucing Maine Coon

Di kenal sebagai kucing rumahan raksasa, Kucing Maine Coon ini memiliki berbagai macam keunikan. Beberapa diantaranya mungkin bakal menjadi alasan buat kamu untuk memeliharanya di rumah. Kira-kira apa saja ya? Berikut deretan fakta unik dari si besar Maine Coon.

  1. Punya bulu yang panjang dan lebat hingga mencapai 7-10 sentimeter. Tampak menggemaskan sekali bukan?
  2. Suka air dan bisa berenang. Tidak seperti kebanyakan kucing rumahan, Maine Coon memang beda. Kucing ini suka sekali air dan bahkan bisa berenang. Salah satu alasannya karena memiliki bulu-bulu yang tahan air. Jadinya berperan sebagai mantel anti air.
  3. Memiliki kelainan sifat kelebihan jari atau yang disebut dengan nama polidaktili. Kucing ini punya jari yang lebih banyak dari kucing-kucing pada biasanya yakni berjumlah 6 jari.
  4. Punya riwayat mitos yang aneh dan unik. Seperti namanya, ras Maine Coon berasal dari negara Maine, Amerika Serikat. Ras ini tampak lebih berbeda dari kucing lainnya. Sehingga memunculkan cerita mitosnya tersendiri. Dimana banyak yang mempercayai bahwa ras Maine Coon bermula dari persilangan antara kucing setelah liar dengan rakun. Mitos ini muncul karena masyarakat setempat beranggapan bahwa bentuk juga warna ekor Maine Coon ini seperti rakun. Selain itu, ada pula versi lain yang mengemukakan kalau ras Maine Coon berasal dari seorang pelaut asal Inggris bernama Kapten Charles Coon. Ia memelihara beberapa kucing berbulu panjang dan tinggal di kapalnya. Setiap kali merapatkan kapalnya, ia pun mengawinkan kucing miliknya dengan kucing-kucing liar yang ada di sana. Sehingga hasil dari perkawinan sang tersebut dinamakan Maine Coon. Dari kisah tersebut, mana yang lebih kamu percayai?
  5. Suka sekali cari perhatian dan ia bisa melakukan hal apa pun untuk menarik perhatian sang pemiliknya. Misalkan saja ketika kamu sedang asik bermain ponsel, maka ia bisa saja bersandar di pundakmu untuk sekedar cari perhatian. Lucu sekali yah.
  6. Sebagian besar Kucing Maine Coon tidak suka dengan ketinggian. Mungkin kamu sering melihat kucing suka melompat ataupun menaiki pohon sampai-sampai tak bisa turun. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan Maine Coon. Pasalnya kucing satu ini banyak yang tidak menyukai ketinggian.

Dari sisi unik di atas, manakah yang menurut paling menarik? Lalu kira-kira berapa ya bandrol harganya? Umumnya kucing ini dibandrol di atas satu juta rupiah. Sedangkan harga kucing Maine Coon termahal bisa mencapai belasan juta rupiah. Wajar saja sebab kucing ini sangat langka di Indonesia.

Selain harga Maine yang relatif mahal, kamu bisa mencari alternatif lain. Misalnya saja anakan atau indukan dari persilangan Persia dengan Maine Coon. Pasalnya harga kucing Maine Coon mix Persia jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga Maine Coon murni.

Di pasaran Maine Coon murni maupun hasil persilangan dengan kucing Persia bisa kamu temui. Hanya saja, masing-masing penjual punya penawaran harga yang berbeda-beda. Berapa pun nominal tersebut, sebaiknya sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki. Lebih penting lagi, jangan sampai salah beli kucing jenis Maine Coon dengan lainnya. Terlebih secara sekilas kucing ras Ragdoll tampak sangat mirip dengan Maine Coon, tapi sebetulnya berbeda.

Perbedaan Kucing Ragdoll Dan Maine Coon

Sering kali Ragdoll dan Maine Coon dianggap sama atau sulit dibedakan. Hal ini tentu dapat mengecohkan dan bisa-bisa salah beli kucing kan? Untuk, kenali terlebih dulu beberapa perbedaan dari kedua kucing menggemaskan ini, seperti:

  • Sama-sama ras kucing berukuran besar, tapi Maine Coon jauh lebih panjang dengan bulu yang super lebat. Beratnya pun cukup berbobot.
  • Maine Coon punya jari kaki berjumlah enam karena ada kelainan, sedangkan Ragdoll tidak punya kelainan genetik.
  • Ketika dipegang atau diangkat, Maine Coon tampak biasa. Berbeda jauh dengan Ragdoll yang tampak lemas tak berdaya seperti kain sewaktu diangkat.
  • Maine Coon bervariasi ada biru, kehijauan, keemasan dan lainnya. Tapi Ragdoll murni punya warna mata biru, dan beberapa diantaranya ada yang punya dengan warna lain.
  • Maine Coon termasuk kucing yang suka air dan bisa berenang. Sedangkan Ragdoll tidak bisa berenang.
  • Maine Coon tidak suka ketinggian namun si Ragdoll sangat aktif dan suka melompat juga.

Sedikitnya itulah perbedaan antara Maine Coon dan Ragdoll. Sama-sama berukuran besar hingga membuat sebagian orang sulit untuk membedakannya. Malahan mungkin ada yang mengira keduanya adalah sama. Padahal Ragdoll dan Maine Coon sangatlah berbeda.

Cara Merawat Maine Coon

Cara Merawat Kucing Maine Coon
Cara Merawat Kucing Maine Coon

Setelah mengetahui karakteristik dari Kucing Maine Coon, kamu juga harus tahu seperti apa bentuk perawatan dari kucing bertubuh besar ini. Agar dalam memelihara nanti tidak menemui kesulitan. Berikut adalah bentuk perawatan dasar pada kucing raksasa ini:

  • Pemberian pakan yang bergizi dan bernutrisi yang diberikan secara teratur. Misalnya saja sehari tiga kali sesuai porsi yang dianjurkan
  • Sediakan pasokan air bersih untuk minum di wadah tersendiri.
  • Berikan kandang yang nyaman sebagai tempat istirahat si kucing. Jangan lupa untuk tambahkan pasir khusus yang dapat membantu mengurangi bau tak sedap di sekitar kandang. Pasir itu pun idealnya tiga kali sehari harus diganti dan setelah kotor kena air kencing atau lainnya segera dibuang agar tidak menimbulkan bau tak enak.
  • Atur jadwal kunjungan ke dokter hewan secara teratur.
  • Sesekali ajaklah si kucing bermain ke luar ruang.
  • Jangan biarkan Maine Coon sendirian agar tidak kesepian.
  • Mandikan setidaknya dua hari sekali atau sesuai kebutuhan. Tapi saat si kucing tengah kotor segera untuk mandikan.
  • Gunakan shampoo khusus kucing untuk membersihkan bulu-bulu lembutnya.
  • Sisir secara perlahan setelah dimandikan agar tidak merusak bulunya.
  • Potong bagian kukunya agar tampak rapi
  • Bersihkan bagian daun telinga memakai cottonbud.
  • Ajari atau sikat giginya menggunakan peralatan khusus agar kesehatan mulut dan gigi terjaga dengan baik.

Kucing Maine Coon sangat suka dengan kebersihan jadi pastikan tempat tinggalnya dalam keadaan bersih. Selain itu perawatan si kucing raksasa ini tidak sulit kok. Sebab si kucing suka dengan air jadinya ia akan dengan senang hati untuk dimandikan dan dibersihkan badannya. Atau kamu bisa sediakan kolam khusus untuk berenang si kucing. Kemudian setelah itu airnya bisa langsung di buang.