Kucing Maine Coon: Mengenal Kucing Raksasa yang Anggun

 
Bagikan artikel ini

Kucing Maine Coon: Mengenal kucing raksasa yang anggun. Memelihara kucing ras dengan jenis Persia, anggora maupun Himalaya mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan jenis kucing Maine Coon si kucing berbadan super besar nan anggun. Dijuluki kucing raksasa dan tampak garang, namun kucing ini sangat lembut. Penasaran seperti apa? Barang kali nanti kamu tertarik untuk memeliharanya di rumah.

Jenis kucing Maine Coon terbesar di Indonesia karena memang ukurannya yang berbeda dengan jenis kucing pada umumnya. Meskipun ukurannya yang besar, wajahnya menunjukkan raut muka yang imut dan tetap menggemaskan. Ditambah lagi, keindahan bulunya yang sangat sempurna membuatnya juga tampak elegan.

kucing maine coon
Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon, Si Kucing Raksasa Yang Lembut

Lebih besar daripada Ragdoll, Maine Coon memiliki ukuran yang betul-betul besar. Jika sudah dewasa, panjangnya bisa mencapai 40-120 cm. Super jumbo kan? Ukurannya tersebut diimbangi dengan bobotnya. Berat kucing betina sekitar 4-6 kilogram dan kucing jantannya punya bobot 6-9 kilogram. Bahkan dari kisaran berat tersebut bisa lebih lho.

Lalu apakah yang unik dari Maine Coon hanya dari segi ukurannya saja? Tentu tidak! Masih ada hal menarik lainnya tentang kucing berukuran super besar ini.

Fakta Unik Kucing Maine Coon

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kucing Maine coon ini, alangkah baiknya mengenali tentang fakta-faktanya. Dengan begitu, pepatah tak kenal maka tak sayang akan berubah menjadi sayang, bukan? Di kenal sebagai kucing rumahan raksasa, Kucing ini memiliki berbagai macam keunikan. Beberapa diantaranya mungkin bakal menjadi alasan buat kamu untuk memeliharanya di rumah. Kira-kira apa saja ya? Berikut deretan fakta unik dari si besar Maine Coon.

Kucing ras rumahan berbadan besar

Kucing Maine Coon ini adalah kucing rumahan yang asalnya adalah dari ras Amerika Serikat tepatnya adalah daerah Maine. Dan hal yang paling menonjol dari kucing yang satu ini adalah badannya yang lebih besar dibandingkan dengan kucing rumahan kebanyakan.

Tinggi Maine Coon dewasa bahkan bisa setinggi 40cm dan memiliki panjang mencapai 1,2 m. Berat badan juga tidak kalah besar, untuk kucing jantan antara 6 hingga 9 kg, sementara itu untuk kucing betina punya berat badan ringan, yaitu 4 hingga 6 kg..

Mitos menarik kucing Maine Coon

Tahukah Kamu bahwa ternyata kucing yang satu ini juga memiliki mitosnya tersendiri. Ada banyak yang mempercayai bahwa kucing Maine Coon ini adalah kucing campuran persilangan dengan hewan rakun. Hal ini dikarenakan bentuk ekor yang dimilikinya menyerupai rakun.

Baca juga:  Kucing Bulu Pendek Oriental: Deskripsi, Sejarah, Ciri, Cara Merawat, serta Harganya

Memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili

Satu lagi fakta menarik yang dimiliki kucing yang satu ini. Ia memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili yang mana artinya memiliki kelebihan jari. Jari yang dimiliki oleh kucing yang satu ini adalah berjumlah 6 jari!

Beberapa orang menganggap hal ini suatu keanehan. Padahal sebenarnya, fakta kelainan sifat polidaktili ini bisa menjadi kelebihan dari kucing Maine Coon dan membuatnya semakin unik dan lucu.

Bisa berenang dan tidak takut air

Kucing dan air dari dulu seakan sangat bermusuhan. Tetapi berbeda dengan kucing yang satu ini. Kucing Maine Coon tidak takut dengan keberadaan air dan bahkan ia mampu berenang dengan baik! Yang menjadikannya tidak takut air adalah bulunya yang sangat tebal sehingga bisa tahan akan air.

Suka mencari atensi dari manusia

Kucing ini memiliki sifat suka diperhatikan sehingga ia akan melakukan banyak hal untuk membuat Kamu lebih memilihnya daripada hal lain yang sedang Kamu kerjakan. Misalnya, ketika Kamu menonton tv, ia bisa saja duduk di depan tv agar pandangan Kamu terhalangi. Dan perlu diingat bahwa faktanya kucing ini sangat besar, sehingga tidak mungkin bagi Kamu untuk mengabaikannya.

Tidak suka ketinggian

Fakta sifat yang unik berikutnya dari Maine Coon ini adalah ia tidak suka dengan ketinggian. Sangat berkebalikan dengan kebanyakan kucing ras lain yang tidak masalah dengan ketinggian sehingga sangat pandai melompat. Memang hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang membuktikan kebenaran tersebut tetapi ternyata para pemilik Maine Coon tidak ada yang membantah.

Dari sisi unik di atas, manakah yang menurut paling menarik? Lalu kira-kira berapa ya bandrol harganya? Umumnya kucing ini dibandrol di atas satu juta rupiah. Sedangkan harga kucing Maine Coon termahal bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Wajar saja sebab kucing ini sangat langka di Indonesia.

Selain harga Maine yang relatif mahal, kamu bisa mencari alternatif lain. Misalnya saja anakan kucing Maine Coon mix kampung atau indukan dari persilangan Persia dengan Maine Coon. Pasalnya harga kucing Maine Coon mix Persia jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga Maine Coon murni.

Di pasaran Maine Coon murni maupun hasil persilangan dengan kucing Persia bisa kamu temui. Hanya saja, masing-masing penjual punya penawaran harga yang berbeda-beda. Berapa pun nominal tersebut, sebaiknya sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki. Lebih penting lagi, jangan sampai salah beli kucing jenis Maine Coon dengan lainnya. Terlebih secara sekilas kucing ras Ragdoll tampak sangat mirip dengan Maine Coon, tapi sebetulnya berbeda.

Perbedaan Kucing Maine Coon Ped dan Non Ped

Tahukah Kamu, saat Kamu mengadopsi kucing terdapat perbedaan yang dibedakan yakni kucing ped dan non ped. Sebenarnya apa sih itu? Jadi ped dan non ped itu adalah singkatan dari pedigree dan non-pedigree.

Baca juga:  Kucing Tonkin: Mengenal Ras Kucing Langka dan Pintar!

Jadi kucing maine coon ped itu adalah kucing yang sudah mempunyai sertifikat pedigree. Ini adalah silsilah dari organisasi kucing yang mana diakui secara nasional atau internasional. Kucing yang merupakan ped mempunyai garis keturunan yang jelas. Apa maksudnya? Singkatnya adalah kemurnian rasnya sudah resmi diakui.

Sedangkan Maine Coon non ped tidak jelas akan kemurnian rasnya. Biasanya non ped ini juga kebanyakan adalah campuran atau persilangan. Jadi disini jelas perbedaan antara maine coon ped dan non ped terletak pada kepemilikan sertifikat dan keresmian rasnya.

Selain itu, perbedaannya juga terletak dari harganya. Harga kucing Maine Coon yang pedigree jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan non-pedigree. Oh ya, selain itu, kucing yang merupakan ped bisa mengikuti berbagai kontes kecantikan kucing.

Harga Kucing Maine Coon
Harga Kucing Maine Coon

Harga Kucing Maine Coon

Tidak heran jika pencarian tentang harga adopsi raja kucing yang satu ini sangat banyak. Siapa sih yang tidak menginginkan kucing lucu satu ini? Jangan khawatir karena harganya antara lain adalah sebagai berikut:

Harga kucing maine coon kitten

Faktanya, harga kitten atau anak kucing dari jenis Maine Coon ini biasanya lebih mahal dibandingkan yang sudah dewasa. Tetapi dalam hal ini, bukan karena umurnya tetapi berbagai faktor yang menyertainya. Harga antara non ped dan pednya tentu berbeda. Jika Kamu membeli kitten non ped maka harganya berada di kisaran 4.000.000-an dan untuk kitten ped harganya adalah 15.000.000-an.

Harga kucing maine coon pedigree

Sudah dibahas diawal sebelumnya memang harga kucing yang satu ini cukup mahal. Meskipun begitu, banyak orang yang menginginkan jenis ped karena di jenis ini keaslian dan kemurnian kucingnya dapat dipastikan. Rentang harga kucing Maine Coon pedigree ini adalah dalam range 10.000.000 hingga 20.000.000.

Harga kucing Maine Coon non ped

Jika Kamu merasa bahwa harga adopsi kucing Maine Coon ped terlalu mahal, memiliki Maine Coon non ped juga tidak ada salahnya. Hal ini dikarenakan kenyataannya sekilas pun kucing ped dan non ped tidak ada bedanya. Harganya cukup murah karena non ped berada di kisaran 5.000.000-an saja.

Tempat Beli Kucing Maine Coon

Mungkin Kamu belum mengetahui dan bingung harus membeli kucing yang satu ini dimana. Ada banyak alternatif yang bisa Kamu pilih. Kamu bisa membeli kucing jenis ini ditempat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Di breeder resminya yang mana terikat dengan suatu organisasi tertentu (Kamu berpeluang mendapatkan sertifikat resmi disini)
  2. Di berbagai komunitas pecinta kucing (Kamu bisa menemukannya diberbagai sosial media misalnya Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya).
  3. Petshop atau pasar hewan (Tetapi Kamu perlu berhati-hati dan waspada masalah kesehatan kucing disini)
  4. Teman Kamu yang memelihara Maine Coon dan kebetulan ingin berbagi adopsi
  5. Secara online karena saat ini berbagai platform ternyata bisa menjadi media menemukan Kamu dengan kucing yang ingin Kamu adopsi.
Baca juga:  Kenali Kucing Himalaya Mix Kampung dan Cara Merawatnya

Makanan Terbaik untuk Kucing Maine Coon

Dikutip dari website Happy Cat anakan kucing Maine Coon membutuhkan setidaknya protein dengan kadar minimal sekitar 30% hingga 45%. Sementara untuk kucing Maine Coon dewasa hanya membutuhkan protein dengan kadar minimal sekitar 26% hingga 40%.

Dari sini tentunya kamu akan mengetahui, mengapa makanan yang diberikan untuk anak kucing Maine Coon lebih mahal jika di bandingkan dengan makanan untuk kucing dewasa.

Royal Canin Maine Coon

Makanan royal canin Maine Coon ini mengandung beberapa jenis dari antioksidan, vitamin serta mineral yang bisa membantu untuk memenuhi asupan nutrisi dari dalam maupun dari luar.

Nama Makanan KucingUkuran MakananHarga
Royal Canin Dewasa Maine Coon2kgRp240.000
Royal Canin Dewasa Maine Coon400grRp60.000
Royal Canin Dewasa Maine Coon4kgRp430.000
Royal Canin Dewasa Persian2kgRp240.000
Royal Canin Dewasa Persian400grRp60.000
Royal Canin Baby Cat Milk300grRp300.000
Royal Canin Baby Cat4kgRp230.000
Royal Canin Baby Cat Milk300grRp300.000
Royal Canin Exigent2kgRp230.000
Royal Canin Exigent2kgRp230.000
Royal Canin Fit10kgRp800.000
Royal Canin Fit2kgRp200.000
Royal Canin Fit400grRp50.000
Royal Canin Hair & Skin10kgRp950.000
Royal Canin Hair & Skin2kgRp230.000
Royal Canin Hair & Skin400grRp55.000
Royal Canin Indoor2kgRp230.000
Royal Canin Kitten10kgRp950.000
Royal Canin Kitten2kgRp240.000
Royal Canin Kitten400grRp55.000
Royal Canin Kitten Maine Coon2kgRp260.000
Royal Canin Kitten Maine Coon400grRp65.000
Royal Canin Kitten Persian2kgRp260.000
Royal Canin Kitten Persian400grRp65.000
Royal Canin Kitten Persian10kgRp1.100.000
Royal Canin Baby2kgRp240.000
Royal Canin Mother & Kitten400grRp55.000
Royal Canin Persian10kgRp990.000
Royal Canin Pro Queen4kgRp450.000
Royal Canin Pro Queen4kgRp450.000

Proplan Adult

Makanan kucing merk proplan juga salah satu pilihan yang tepat untuk kucing maine coon, sebab proplan adult di dalamnya mengandung 36% protein serta omega 3 dan omega 6.

Nama Makanan KucingBeratHarga
ProPlan Dewasa Chicken & Rice3,18kgRp320.000
ProPlan Dewasa Chicken & Rice7,26kgRp588.000
ProPlan Dewasa Salmon & Rice3,18kgRp320.000
ProPlan Dewasa Salmon & Rice7,26kgRp588.000
ProPlan Kitten3,18kgRp320.000
ProPlan Tract3,18kgRp320.000

Cara Merawat Maine Coon

Cara Merawat Kucing Maine Coon
Cara Merawat Kucing Maine Coon

Setelah mengetahui karakteristik dari Kucing Maine Coon, kamu juga harus tahu seperti apa bentuk perawatan dari kucing bertubuh besar ini. Agar dalam memelihara nanti tidak menemui kesulitan. Berikut adalah bentuk perawatan dasar pada kucing raksasa ini:

  • Pemberian pakan yang bergizi dan bernutrisi yang diberikan secara teratur. Misalnya saja sehari tiga kali sesuai porsi yang dianjurkan
  • Sediakan pasokan air bersih untuk minum di wadah tersendiri.
  • Berikan kandang yang nyaman sebagai tempat istirahat si kucing. Jangan lupa untuk tambahkan pasir khusus yang dapat membantu mengurangi bau tak sedap di sekitar kandang. Pasir itu pun idealnya tiga kali sehari harus diganti dan setelah kotor kena air kencing atau lainnya segera dibuang agar tidak menimbulkan bau tak enak.
  • Atur jadwal kunjungan ke dokter hewan secara teratur.
  • Sesekali ajaklah si kucing bermain ke luar ruang.
  • Jangan biarkan Maine Coon sendirian agar tidak kesepian.
  • Mandikan setidaknya dua hari sekali atau sesuai kebutuhan. Tapi saat si kucing tengah kotor segera untuk mandikan.
  • Gunakan shampoo khusus kucing untuk membersihkan bulu-bulu lembutnya.
  • Sisir secara perlahan setelah dimandikan agar tidak merusak bulunya.
  • Potong bagian kukunya agar tampak rapi
  • Bersihkan bagian daun telinga memakai cottonbud.
  • Ajari atau sikat giginya menggunakan peralatan khusus agar kesehatan mulut dan gigi terjaga dengan baik.

Kucing Maine Coon sangat suka dengan kebersihan jadi pastikan tempat tinggalnya dalam keadaan bersih. Selain itu perawatan si kucing raksasa ini tidak sulit kok. Sebab si kucing suka dengan air jadinya ia akan dengan senang hati untuk dimandikan dan dibersihkan badannya. Atau kamu bisa sediakan kolam khusus untuk berenang si kucing. Kemudian setelah itu airnya bisa langsung di buang.

Penutup

Demikian pembahasan yang dapat tim embaran.id sampaikan tentang kucing Maine Coon yang dimulai dari ciri, fakta, perbedaan PED dan non PED, harga, makanan hingga cara merawatnya. Semoga saja ini semua dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi tentangnya. Terima kasih sudah membaca tulisan ini dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.