Sifat dan Karakter Kucing Marble yang Wajib Diketahui

  940 views
Bagikan artikel ini

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih karena kelucuan dan keindahan dari bulunya. Kucing Marble menjadi salah satunya sebagai hewan yang paling banyak dipelihara. Ada banyak hal yang menjadi daya tarik dari si kucing ini. Berikut  daya tarik dari si kucing jenis marble.

Kucing Marble
Anak Kucing Marble

Sejarah Kucing Marble

Kucing Marble dulunya belum teridentifikasi dengan jelas. Karena pada tahun 1889 kucing ini dikenal dengan kucing persilangan antara kucing leopard Asia dengan domestik, hal ini tertulis dalam sebuah buku tulisan Harison Weir dengan judul our cats and all about them.

Hal ini juga diperkuat dengan adanya jurnal saintifik yang membahas tentang persilangan kucing leopard Asia dengan kucing domestik pada tahun 1924. pada tahun 1941 publikasi kucing jepang membahas persoalan kucing ini.

Di zaman sekarang ini kucing ini masih samar dipublikasikan secara luas di dunia. Perkembangbiakannya juga hanya satu bahkan dua generasi saja. Persilangan ini juga dilakukan oleh seseorang yang bernama Jean Mill. Jean Mill melakukan persilangan ini bertujuan untuk mendapatkan kucing domestik dengan bulu kucing liar.

Pada tahun 1963, Jean Mill berhasil melakukan perkawinan silang antara kucing leopard Asia dengan kucing domestik. Jean Mill sangat berjasa karena berhasil dalam persilangan kucing ini dan berhasil di dokumentasikan.

Kucing Marble akhirnya telah diakui oleh pihak TICA di tahun 1991 sebagai championship. Di tahun 1997 GCCF juga mengakui keberadaan kucing ini. ACF mengakui kucing ini pada tahun 1999 dan yang baru-baru ini mengakui keberadaan jenis kucing ini adalah CFA di tahun 2016 silam.

Baca juga:  Kucing Ragamuffin: Sejarah, Ciri, Cara Merawat, dan Harga

Sifat dan Karakter Kucing Marble

Kucing Marble
Anak Kucing Marble

Liar dan Cerdas

Kucing Marble adalah salah satu kucing yang masuk dalam kategori kucing yang cerdas. Kucing ini selalu penasaran akan hal baru dilihatnya. Jika ada hal yang menarik, kucing ini akan mengikutinya. Kecerdasan dari kucing ini membuat kucing ini dapat dengan mudah dilatih.

Kucing Marble ini dapat dilatih menggunakan toilet dan juga dapat dilatih di ajak jalan-jalan dengan menggunakan tali yang diikatkan di tubuhnya. Walau kucing ini terdengar cukup liar, tetapi kucing ini sangat  jinak dan tidak pernah takut dengan sesuatu yang baru.

Lincah

Lincah adalah salah satu dari sifat Kucing Marble. Kucing ini selalu sangat senang berlari kesana kemari dengan cepat. Bahkan kucing ini dapat memanjat jika objek-objek tersebut dapat dipanjat oleh mereka. Kelincahan dari kucing ini adalah dapat melompat dari ketinggian 3 kali dari panjang tubuh si kucing.

Kucing Marble ini selalu mencari kegiatan yang mampu menarik perhatiannya. Kucing ini sangat energik selalu berlari-lari dengan lincahnya. Kucing ini tidak mau diam dan selalu mencari sesuatu yang baru.

Tidak Kenal Takut

Tak hanya lucu, kucing ini juga sangat pemberani. Kucing ini selalu mengejar sesuatu yang menarik perhatiannya, mau itu hewan lain, ataupun benda lainnya. Selama hal itu menarik perhatiannya, kucing ini akan selalu mengejarnya tanpa kenal takut. Kucing ini juga terkenal dengan tidak ada rasa takut dengan air.

Postur dan Berat Badan

Kucing ini memiliki bobot tubuh yang berbeda antara jantan dan betinanya. Berat badan dari kucing jantan bisa sampai 10 kg sedangkan untuk kucing betina hanya 4-5 kg saja. Postur tubuh si kucing ini besar, panjang dan juga sangat gagah. Badannya yang gagah dan besar ini merupakan gen keturunan dari induknya.

Baca juga:  Harga Kucing Caracal beserta Fakta dan Ciri-cirinya

Cara Merawat Kucing Marble

Kucing Marble
Anak Kucing Marble

Memberi Nutrisi

Kucing jenis marble adalah kucing yang sangat aktif dan energik. Banyaknya energi yang dimiliki kucing ini yakni berasal dari makanannya. Dengan begitu kamu harus memberinya makan dengan jumlah nutrisi yang mampu menopang jumlah kalorinya. Pemilihan nutrisi yang baik juga dapat menjaga otot si kucing. Untuk merawat kucing ini, kamu sebaiknya memberikan makanan dengan kadar daging yang lebih banyak proteinnya. Seimbangkan juga makanan dari si kucing dengan makanan kering dan basah.

Merawat Bulu dan Kuku

Marble terkenal dengan bulunya yang tipis, walau tipis tetap saja itu bulu. Sehingga kamu harus selalu menyisirnya di seluruh tubuhnya dalam waktu seminggu satu kali. Hal ini supaya membersihkan tubuh si kucing dari debu dan kotoran yang menempel saat si kucing bermain.

Kamu juga harus selalu memeriksa dari kuku si kucing.   Jaga ukuran kukunya jangan terlalu besar atau jangan terlalu kecil. Kamu hanya perlu memotong ujung kukunya saja. Hal ini dilakukan karena, jika saat bermain dengan kamu secara tidak sengaja kucing mencakar sesuai dengan nalurinya. Maka pemotongan kuku ini sangat dibutuhkan.

Beri Teman dan Interaksi

Kucing ini memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Sehingga kamu harus dapat memberinya teman untuk berinteraksi dengan si kucing jika kamu tidak dapat bermain dengan si kucing. Kucing ini sangat cepat mendapatkan teman dan berbaur.

Jika tidak memberinya teman, maka kamu harus mengajaknya bermain dan selalu berinteraksi dengannya. Jika kamu memiliki waktu luang, maka kamu dapat sesekali melatihnya, seperti memasangkan tali pada bagian tubuhnya untuk di ajak jalan-jalan.

Selalu Membersihkan Si Kucing

Bulu adalah daya tarik yang utama dari keindahan dan kelucuan si kucing. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga dan membersihkan bulu-bulunya dari kotoran dan debu. Untuk membersihkannya kamu dapat menggunakan sikat seperti sisir atau dengan menggunakan sikat khusus.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Scottish Fold

Dalam proses penyikatan bulunya, kamu hanya memerlukan waktu sebanyak lima menit saja. Tak hanya menyikat bulunya saja, kamu juga harus memandikan si kucing supaya kebersihannya terjamin. Memandikan kucing ini tidaklah sulit dikarenakan kucing ini memiliki sifat yang tidak takut air.

Jenis – Jenis Kucing Marble

Spotted

Spotted adalah salah satu jenis Kucing Marble dengan bagian tubuhnya memiliki corak tutul. Biasanya kucing jenis ini memiliki warna yang lebih ke warna coklat. Corak yang ada di tubuhnya ini memiliki banyak macam warna, mulai dari warna merah, abu-abu, hitam, rosetted, dan bergradasi.

Marble

Jenis marble adalah jenis kucing yang memiliki corak yang lebih besar daripada jenis lainnya. Jenis ini memiliki warna yang lebih ke arah warna gelap. Hampir seluruh atau didominasi oleh warna gelap di sekujur tubuhnya. Pola dari corak di tubuh kucing jenis ini diasosiasikan dengan pola tabby yang ada pada kucing lainnya.

Itulah informasi mengenai sifat dan karakteristik dari kucing jenis marble. Kucing Marble memiliki tingkah yang cukup lincah hal ini membuat sang pemilik merasa lebih terhibur. Selalu aktif berlari kesana kemari tanpa kenal kata lelah. Dengan rasa ingin tahunya yang sangat tinggi dan tidak punya rasa takut, kucing ini dapat terus berlari sambil mengikuti hal yang membuatnya tertarik.